Dalam pernikahan, nggak hanya kamu dan pasangan aja yang berbahagia, tapi juga keluarga, teman, dan para tamu. Selain karena menempuh hidup baru, kebahagiaan ini turut disertai oleh pesta pernikahan yang berkesan. Pesta yang berkesan salah satunya karena tema pernikahan lho. Untuk itu, tema yang diusung perlu dikolaborasikan dengan dekorasi dan busana pengantin, orang tua, dan panitia.

Zaman yang semakin modern telah membuat perkembangan tema pernikahan semakin beragam. Meskipun saat ini tema tradisional masih menjadi favorit calon pengantin, tapi banyak juga yang memakai tema lain sebagai paduannya. Misalnya aja saat akad nikah nuansa adatnya kental, lalu ketika resepsi lebih sederhana yaitu garden party.

Advertisement

Nah, kira-kira tema apa lagi ya yang bisa kamu pakai saat hari besarmu bersama pasangan tiba? Simak yuk yang udah Hipwee siapkan buat kamu!

 

1. Memakai baju tradisional, lengkap dengan prosesi adat merupakan momen yang gak akan pernah terlupakan. Kesakralan pernikahanmu semakin terasa dengan tema tradisional

tema tradisional selalu everlasting

tema tradisional selalu everlasting via www.bintang.com

“Tema tradisional memang mainstream, tapi selalu everlasting.”

Advertisement

Tema tradisional sarat akan nilai adat istiadat, oleh karenanya kesakralan pernikahan sangat terasa. Hal ini karena kentalnya nilai-nilai budaya daerah pada setiap prosesi adat, busana pengantin, dan pernak-pernik yang terdapat pada pernikahan. Untuk memilih tema adat apa yang dipakai, biasanya dipilih sesuai latar belakang pasangan. Tapi, kamu juga bisa kalau mau menggunakan tema adat dari daerah lain, asalkan telah ada pembicaraan dengan keluarga masing-masing ya.

2. Berikan sisi romantis pernikahanmu dengan warna-warna pastel yang lembut pada tema shabby chic dan rustic

tema rustic berikan kesan kehangatan dan romantis

tema rustic berikan kesan kehangatan dan romantis via www.azaliadecoration.com

“Tema shabby chic dan rustic memberikan kesan hangat dan romantis pada pernikahan.”

Dalam melaksanakan pernikahan, biasanya yang menjadi “tuan rumah” adalah pihak cewek. Jadi jangan heran kalau dekorasi akan terlihat feminim. Tema shabby chic dan rustic ini merupakan tema yang sering digunakan pada pernikahan. Hal ini nggak lain karena warnanya yang lembut dan penuh kehangatan. Shabby chic yang dikenal mengedepankan warna pink muda dan campuran pastel, sedangkan rustic lebih memperlihatkan warna pastel dan unsur country yang agak vintage.

3. Karena pernikahan inginnya sekali seumur hidup, gak ada salahnya tema glamour kamu pilih. Kemeriahan momen bahagiamu akan bertambah

kesan meriah hadir pada tema glamour

kesan meriah hadir pada tema glamour via weddbook.com

Tema glamour sangat pas buat kamu yang ingin memberikan kemeriahan pada pernikahan. Didukung dengan dekorasinya yang mewah dan mengesankan, tentu para tamu yang hadir akan takjub dengan kegemerlapan pada pestamu. Nggak hanya dekorasinya, tapi juga ornamen-ornamen dalam gedung yang mendukung.

4. Zaman mungkin semakin modern, tapi kamu dan dia ingin memberikan sentuhan klasik pada hari besar kalian. Tema vintage sangat tepat buat kamu yang ingin membuat tamu undangan bernostalgia

pernak-pernik vintage jangan ketinggalan ya

pernak-pernik vintage jangan ketinggalan ya via 9entertainmentgroup.co.id

Memberikan kesan unik pada pernikahanmu bisa dilakukan dengan menggunakan tema vintage. Kalau kamu khawatir akan terlihat membosankan karena terlalu “tua”, sebenarnya asal kolaborasi warna dan dekroasinya tepat, tema vintage malah terkesan unik lho. Kapan lagi menyelenggarakan pesta pernikahan di zaman modern ini dengan tampilan klasik? Justru, para tamu akan terhibur karena secara nggak langsung akan bernostalgia kembali ke masa lalu. ;D

5. Atau kamu ingin nuansa pernikahan yang kekinian? Tema minimalis cocok buat kamu dan dirinya!

tema minimalis cocok buat kamu yang ingin konsep sederhana dan tempat terbatas

tema minimalis cocok buat kamu yang ingin konsep sederhana dan tempat terbatas via katapernikahan.com

“Gue mau resepsi nikah di rumah aja. Tapi rumah gue sempit banget ya, jadi bingung temanya apa.”

“Pakai aja tema minimalis. Gak ribet dan dekorasinya simple banget.”

Nggak hanya rumah aja yang minimalis, tapi tema pernikahan juga lho. Tema minimalis ini pas banget buat kamu yang ingin menampilkan kesan sederhana dan nggak terlihat “wah”. Dengan dekorasi yang serba simple dan nggak banyak barang, apalagi luas tempat resepsi yang dipakai juga terbatas, tema ini tentu cocok buat kamu. Tiang-tiang dan hiasannya dibuat seadanya tanpa perlu banyak pernak-pernik. Warna yang digunakan pun biasanya putih dan silver.

6. Ada juga pernikahan yang menyesuaikan tempat pernikahan, misalnya garden party atau pantai

sambil menikmati sunset. pasti berkesan banget

sambil menikmati sunset. pasti berkesan banget via www.suherlin.com

Tema ini biasanya dipilih kalau kamu dan pasangan ingin memberikan nuansa yang berbeda pada pernikahan. Dengan pilihan tempat yang nggak biasa, baik kamu dan pasangan maupun keluarga, teman, dan para tamu yang hadir juga dimanjakan oleh keindahan alam. Meski cukup sulit menemukan lokasi yang pas, tapi demi menciptakan pernikahan yang berkesan dan unik patut dipertimbangkan. Untuk pilihan warna kamu nggak perlu bingung, ada warna hijau, biru, dan putih yang dapat dipakai. Pokoknya yang sesuai dengan lokasinya ya.

7. Yang gak mau ribet, kamu bisa menggunakan tema warna favorit tanpa harus repot mengonsep hal-hal lainnya lho

tinggal pilih kombinasi warna favoritmu

tinggal pilih kombinasi warna favoritmu via www.femalesia.com

Warna memang menjadi kunci dari tampilan yang menarik pada pesta pernikahanmu. Untuk itu, tema warna favorit bisa kamu gunakan daripada pusing memikirkan konsep dan pernak-pernik pernikahan lainnya. Lagipula, kamu bisa memadupadankan warna sesukamu bersama pasangan.

Karena menikah merupakan salah satu momen penting dalam hidupmu, nggak salah kalau dari sekarang memikirkan tema yang dipilih. Berbagai tema saat ini udah tersedia, tinggal kamu dan pasangan yang merundingkannya. Jangan lupa juga adanya keluarga yang berperan serta. Dengan dukungan mereka, pernikahanmu akan berjalan lancar dan berkesan. Selamat memilih tema terbaik ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya