Bertemu untuk menentukan tanggal baik biasanya masih dilakukan pasangan-pasangan yang akan menikah yang masih mempercayai mitos-mitos dalam tradisi. Pasalnya, jika tanggal yang dipilih tidak cocok, ada hal yang ditakutkan seperti rumah tangga yang tidak langgeng. Tak hanya tanggal pernikahan saja, ternyata ada beberapa yang mesti diperhatikan saat akan melangsungkan pernikahan termasuk larangan-larangannya.

Sebelum mantap untuk serius dengan pasangan, ada baiknya kalian perhatikan dulu beberapa larangan yang dilansir dari Mahligai dan beberapa sumber lainnya ini. Simak sampai habis ya!

1. Saat menentukan tanggal biasanya bulan Suro atau Muharram menjadi bulan yang dihindari untuk langsungkan pernikahan

Malam satu suro via beritagar.id

Advertisement

Bulan ini akan dihindari karena dipercaya sebagai bulan yang keramat. Konon pada bulan ini Nyai Roro Kidul tengah menggelar hajatan sehingga masyarakat dilarang menyelenggarakan pesta juga jika tak ingin terkena kesialan.

2. Pernikahan yang dilakukan antara anak pertama dan ketiga atau biasa disebut jilu (siji karo telu) juga dilarang dalam budaya Jawa

Anak pertama dan ketiga via www.hipwee.com

Jika kamu merupakan anak pertama dan pasanganmu anak ketiga atau sebaliknya plus orang tua kalian masih percaya dengan tradisi Jawa sepertinya kalian harus berjuang lebih. Hal ini disebabkan adanya mitos yang melarang anak pertama dan ketiga menikah karena akan menimbulkan kesialan seperti tidak akur, bercerai, hingga ditinggal mati.

3. Selain jilu, pernikahan siji jejer telu (satu berjejer tiga) juga dinilai tidak baik bagi tradisi pernikahan Jawa

Anak pertama semua tidak baik juga katanya via budayajawa.id

Siji jejer telu yang dimaksud adalah jika kamu, pasangan, dan salah satu dari orang tuamu merupakan anak pertama semua. Hal ini dinilai tidak baik dan jika nekat dilaksanakan maka akan mendatangkan malapetaka bagi rumah tangga pasangan kalian nantinya.

4. Rumah pacar kamu jaraknya cuma lima langkah? Coba cek dulu rumah kalian berhadapan atau tidak. Jangan-jangan dilarang juga~

Tidak boleh jika berhadapan via klikpajak.id

Advertisement

Jika kamu dan pasangan memiliki rumah yang berhadapan, kamu perlu legowo karena di tradisi Jawa ternyata rumah yang berhadapan apalagi jika bertetangga maka pernikahan kalian akan menjadi serba kekurangan jika tetap dipaksakan.

5. Weton merupakan hal yang sangat penting untuk berbagai perhitungan di Jawa, salah satunya untuk pernikahan juga

Rapat pernikahan via www.liputan6.com

Sebelum memberikan restu, biasanya wetonmu dan pasangan akan dihitung dan dicocokkan. Ternyata ada beberapa weton yang dinilai tidak cocok jika menikah. Jika ternyata secara weton kalian tidak cocok, pernikahan terpaksa dibatalkan jika tak ingin didatangi kesialan.

6. Jika rumah pasanganmu dekat dengan rumah kakak atau adik iparmu, sayang sekali kalian sepertinya akan terhalang mitos juga!

Sering bertemu karena rumah dekat kakak ipar via www.gadgette.com

Mungkin kamu dulu bertemu pasangan karena sering mengunjungi rumah kakak ipar atau adik iparmu. Tapi, ternyata jika kamu menikah dengannya yang tinggal sekampung dengan saudara, menurut kepercayaan akan ada salah satu orang tua yang meninggal dunia.

Hal-hal tersebut mungkin tak semuanya dipercaya, tapi ternyata banyak juga lo kisah-kisah viral yang menceritakan kasus penolakan dari orang tua pasangan yang masih mempercayai mitos ini, entah karena weton, anak ke berapa hingga karena posisi rumah. Kalau kamu, masih percaya mitos begini juga nggak?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya