4 Cara untuk Mengurai Rambut Sasakan dengan Benar. Jangan Asal Sisir Aja, Bisa Runyam

Cara menghaluskan rambut setelah disasak

Acara-acara tradisional penting di Indonesia seperti pernikahan atau hajatan biasanya selalu melibatkan riasan tebal dan tatanan rambut yang awet. Pasalnya, acara seperti pernikahan biasanya berlangsung seharian penuh. Riasan nggak boleh luntur, tatanan rambut juga nggak boleh rusak serta berantakan. Maka dari itu biasanya sih rambut disasak agar mudah diatur bentuknya dan juga disemprot dengan hair spray sebanyak-banyaknya supaya tahan segala keadaan.

Advertisement

Tapi, tatanan rambut dengan konsep sasak sebesar-besarnya dan disemprot hair spray sebanyak-banyaknya ini bisa sangat merepotkan. Apalagi seperti pengantin di malam pertama. Niatnya ingin malam pertama dalam kondisi rupawan, terhalang dengan rambut mirip singa setelah aneka jepit dan sanggul yang dipasang dilepaskan. Nggak jarang rambut juga jadi rontok serta kering. Begini nih cara untuk mengurai kembali rambut yang kusut akibat disasak dan melembutkan rambut setelah terkenai hair spray. Baca bersama yuk~

1. Jangan langsung tidur dengan kondisi rambut masih disasak kalau nggak mau rambut makin kusut dan lebih sulit dilembutkan lagi

Jangan tidur dengan kondisi rambut setelah disasak via www.allthingshair.com

Bayangkan deh tidur dengan rambut mirip singa yang benar-benar kusut berantakan. Pasti rasanya nggak nyaman. Kepala juga terasa ‘nyut-nyut’-an. Selain itu, dipicu gerakan selama tidur, rambut akan makin kusut dan lebih berantakan keesokan harinya. Nggak mau dong kalau seperti itu?

2. Senjata utama buat rambut yang habis disasak dan disemprot hair spray adalah bedak bayi. Taburkan ke rambut dan sikat rambut dengan sisir khusus

Sisir dengan sisir bergigi jarang atau sisir khusus rambut kusut via www.allthingshair.com

Sediakan bedak bayi untuk mengurangi sisa produk rambut yang masih menempel di rambut. Karena partikel bedak bayi sangat kecil, bedak bayi bisa membantu mengurai rambut yang lengket dan keras karena semprotan hair spray. Maka taburkan bedak bayi ke rambut lalu sisir perlahan. Gunakan sisir dengan gigi yang jarang-jarang atau sisir khusus untuk rambut kusut agar tidak membuat rambut makin rontok.

Advertisement

3. Sebelum keramas, pakai minyak kelapa atau minyak zaitun ke batang rambut. Kalau nggak punya, bisa juga pakai conditioner lalu diamkan selama beberapa menit

Sisir dengan jari saat mengoleskan minyak atau ‘conditioner’| Credit: perig76 via depositphotos.com

Setelah disisir perlahan, saatnya melumuri batang rambut dengan minyak kelapa, minyak zaitun, atau conditioner. Ini bisa melunakkan dan melembutkan rambut yang kusut lo. Pakai jari tangan untuk membantu menyisir rambut. Diamkan selama beberapa menit. Biasanya sih perlu waktu 15 – 20 menit.

4. Keramas pakai sampo. Biasanya, butuh 2 kali keramas untuk menghilangkan bekas hair spray yang menempel di rambut. Gunakan conditioner setelah keramas

Keramas hingga rambut terasa bersih dan lembut kembali | Credit: HayDmitriy via depositphotos.com

Jika sudah dilumuri minyak atau conditioner, keramas dengan sampo kesukaan yang jadi favorit selama ini. Untuk bisa membersihkan secara total, perlu sampai dua kali keramas. Namun jika satu kali dirasa cukup, lakukan satu kali aja. Setelah keramas, pakai conditioner lagi di batang rambut agar rambut makin halus. Bilas dan keringkan rambut.

Memang sih butuh waktu cukup lama buat menghaluskan kembali rambut setelah disasak. Tapi, kalau perawatannya nggak benar bisa bikin rambut jadi rontok, patah, dan kering lo. Jadi, sabar sedikit ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE