6 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Setelah Dilamar Pasangan. Siap-siap Apa Aja nih?

yang dilakukan setelah bertunangan

Jika kamu baru saja bertunangan dengan sang kekasih, Hipwee ucapkan selamat atas pertunangan kalian!

Advertisement

Saat yang kamu tunggu-tunggu akhirnya tiba. Akhirnya, sudah tersemat cincin di jari manismu sebagai tanda kamu telah bertunangan dengan dirinya. Momen yang sangat membahagiakan itu pasti tidak akan kamu lupakan saat dia menanyakan kesanggupanmu untuk menikahinya. Lalu, apa yang harus kamu lakukan sekarang?

Untuk sampai di jenjang pernikahan, tentu ada banyak hal yang harus dipikirkan dan dipersiapkan. Namun jangan khawatir, ada banyak waktu yang bisa digunakan untuk merencanakan hari bahagia kalian. Meski tak perlu terburu-buru, namun kamu perlu untuk mulai memikirkannya segera setelah pertunangan. Apa saja hal-hal yang perlu dipersiapkan setelah kamu dilamar?

1. Menyebarkan kabar bahagia kepada keluarga dan teman-teman. Lebih cepat lewat media sosial

Mengungumkan pertunangan | Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Jika pertunanganmu dilakukan secara privat, maka alangkah baiknya kamu segera memberitahukan kepada kedua orang tuamu. Baru selanjutnya, kamu bisa mengabarkan kepada teman-teman lain di media sosial atau secara mulut ke mulut. Ini tentu bisa dilakukan jika kalian tidak ingin merahasiakan pertunangan kalian untuk sementara waktu.

Advertisement

2. Luangkan waktu untuk menikmati momen pertunangan kalian, jangan terburu-buru merencanakan pernikahan

Lakukan hal menyenangkan bersama | Photo by Gustavo Fring from Pexels

Tak perlu buru-buru langsung merencanakan pernikahan, kamu bisa menghabiskan waktu satu-dua minggu untuk menikmati momen bahagia pertunangan kalian. Kamu bisa berlibur, menghabiskan waktu bersama teman-teman, dan tentunya menghabisakan waktu bersama pasangan kalian sebelum nantinya fokus merencanakan pernikahan.

3. Mendiskusikan rencana pernikahan bersama pasangan, jangan lupa saling mendengarkan satu sama lain ya!

Diskusi rencana pernikahan | Photo by cottonbro from Pexels

Kamu mungkin sudah memikirkan konsep pernikahan impian sejak lama, namun belum sempat kamu beritahukan kepada pasanganmu. Kalau begitu, inilah saatnya kamu mendiskusikan bersama mengenai pernikahan yang akan kalian laksanakan. Jangan lupa dengarkan pula pendapat dari pasanganmu, ya! Setelah itu, tentukan tanggal pernikahan kalian.

3. Mulai bicarakan anggaran pernikahan, siapa saja yang akan membiayai pernikahan kalian?

Membicarakan anggaran | Photo by Mikhail Nilov from Pexels

Setelah gambaran besar pernikahan sudah kalian rencanakan, kini saatnya membicarakan mengenai anggaran pernikahan. Kalian perlu tahu siapa saja yang akan membiayai pernikahan kalian, apakah kalian pribadi, atau bersama dengan orang tua. Setelah itu, sesuaikan konsep pernikahan dengan bujet yang kalian miliki.

Advertisement

4. Berkompromi dengan kedua keluarga, lakukan secara baik-baik agar keputusan bisa diterima dengan lapang dada

Kompromi dengan keluarga | Photo by RODNAE Productions from Pexels

Pernikahan adalah bersatunya dua keluarga, baik keluargamu dan juga keluarga pasanganmu. Oleh karena itu, pasti ada perbedaan pikiran yang perlu untuk dikompromikan. Jadi, perbanyak bersabar dan cobalah berkompromi secara baik-baik agar pernikahan kalian nanti bisa diterima dengan baik oleh kedua belah pihak.

5. Buat to-do list persiapan pernikahan kalian, bisa gandeng wedding planner juga lo

Buat to-do list | Photo by Nicola Styles on Unsplash

Setelah kerangka besar rencana pernikahan kalian sudah terbentuk, buatlah to-do list sederhana mengenai persiapan pernikahan kalian nanti. Kemudian, sesuaikan dengan waktu yang kalian miliki sampai hari H pernikahan agar tidak ada yang terlewat. Kamu juga bisa meminta bantuan wedding planner agar lebih detail dalam perencanaannya.

6. Jangan lupa mempersiapkan mental untuk hidup bersama berdua selamanya, semoga lancar!

Persiapan mental sebelum pernikahan | Photo by cottonbro from Pexels

Menikah bukanlah hal yang sepele, pernikahan menjadi gerbang kehidupan baru bersama pasanganmu nanti. Maka dari itu, memersiapkan mental dengan baik menjadi sangat penting agar kalian sama-sama yakin menjalani hidup bersama selamanya. Cobalah untuk lebih mengenal satu sama lain dan mengerti karakteristik masing-masing.

Itu dia beberapa hal yang perlu kamu lakukan segera setelah dilamar atau bertunangan. Meskipun banyak yang harus kalian lakukan, tetapi jangan lupa untuk tetap melakukan hal-hal menyenangkan di sela-sela persiapan pernikahan kalian, ya! Semoga semua berjalan dengan lancar sampai hari bahagia kalian nanti.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE