Melahirkan adalah proses alamiah yang pasti akan dialami setiap ibu yang sedang menjalani kehamilan. Para ibu umumnya sudah mempersiapkan kelahiran sang buah hati jauh-jauh hari. Ada yang berencana melahirkan di rumah sakit, klinik bersalin atau bahkan di rumah sendiri dengan teknik-teknik khusus yang konon dapat membuat ibu lahir dengan lebih rileks dan tenang.

Di antara sekian banyak tempat melahirkan, ada banyak juga ibu-ibu yang akhirnya terpaksa harus melahirkan di tempat-tempat tak terduga. Ada yang karena sudah terdesak melahirkan dan tak bisa menunggu sampai tiba di rumah sakit, ada pula yang harus melahirkan karena terjebak bencana. Apapun itu, semoga setiap ibu dan calon ibu yang membaca artikel ini nggak mengalami kejadian serupa seperti yang akan diulas Hipwee kali ini ya!

1. Melahirkan di mobil? Nyatanya, banyak lho Buibu yang saking nggak tahannya akhirnya terpaksa melahirkan di mobil dalam perjalanan ke klinik atau rumah sakit. Seperti seorang Ibu bernama Corinne Cinatl ini nih

Siapa sangka mobil pun bisa jadi tempat lahiran? via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Meski terdengar ‘horor’ dan aneh, faktanya ada banyak lho ibu-ibu yang melahirkan dengan selamat di dalam mobil. Seperti Corinne Cinatl (29 tahun), seorang praktisi hypnobirthing asal Bendigo di Victoria yang dilansir dari dailymail.co.uk ini yang sukses melahirkan anaknya Matilda pada tahun 2014 di kursi depan mobilnya saat sedang melaju ke rumah sakit untuk bersalin. Beruntung anak perempuannya yang diberi nama Matilda ini lahir dengan sehat dan peristiwa tersebut berhasil diabadikan seorang fotografer kelahiran, Breanna Gravener, yang saat itu ikut bersamanya ke rumah sakit.

2. Alih-alih melahirkan di dalam ruangan khusus bersalin, ibu dari 6 anak ini malah melahirkan di koridor rumah sakit. Kelihatannya sangat mulus dan nyaris tanpa usaha yang sulit

Jes Hogan melahirkan di koridor rumah sakit via www.mirror.co.uk

Tempat ‘aneh’ berikutnya yang bisa jadi merupakan tempat kelahiran adalah koridor rumah sakit. Mungkin kedengaran ganjil, tapi kenyataannya dilansir dari mirror.co.uk, seorang ibu asal Manhattan, Kansas, bernama Jes Hogan sukses melahirkan di sebuah koridor rumah sakit sebelum sempat menuju ruang bersalin. Ibu dari 6 anak ini dikabarkan sebenarnya sudah merasakan kontraksi sejak beberapa hari sebelumnya, namun mengabaikannya karena rasanya hanya sebatas ‘kurang nyaman’ dan bukan sakit luar biasa yang membuat mereka merasa harus buru-buru ke rumah sakit. Setelah sekitar 25 menit pecah ketuban, sang ibu merasa desakan yang amat kuat untuk melahirkan dan berteriak meminta sang suami, Travis Hogan untuk menadah anaknya yang akan segera keluar dari jalan lahir. Peristiwa menakjubkan tersebut berhasil diabadikan oleh fotografer kelahiran, Tammy Karin.

3.Pernah membayangkan melahirkan di commuter train atau kereta? Semoga nggak kejadian sih ya, tapi terbukti pasangan ini berhasil melalui peristiwa menegangkan tersebut dengan selamat

Pasangan Sarkar via www.cbsnews.com

Pasangan asal Harrison, New Jersey ini ini tak pernah membayangkan sebelumnya akan menyaksikan kelahiran anak mereka di dalam kereta. Dilansir dari cbsnews.com, pasangan Rabita Sarkar dan suaminya memutuskan bepergian ke kota New York menggunakan commuter train sebelum tanggal HPL mereka demi menghindari hal yang tak diinginkan. Namun tak disangka, sang istri mengalami kontraksi dan akan segera melahirkan di dalam kereta. Beruntung anak mereka lahir dengan sehat dan segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

4. Pernah membayangkan terkunci di dalam lift yang macet? Lebih horor kalau terjebak di dalam lift dalam keadaan terdesak akan melahirkan seperti yang dialami seorang perempuan asal Spanaway, Washington, Amerika Serikat

Gambar hanya ilustrasi ya guys via schmelevator.wordpress.com

Advertisement

Bayangkan dirimu terjebak dalam lift dalam keadaan hamil besar dan terdesak akan melahirkan. Amit-amit, jangan sampai kejadian ya. Dilansir dari cbsnews.com, Katie Thacker asal Spanaway, Amerika Serikat terjebak dalam lift rumah sakit tepat saat dia sedang terdesak untuk segera melahirkan. Beruntung saat itu dia sedang terjebak dengan seorang perawat sehingga kelahirannya tersebut dapat dibantu dan kelahirannya berjalan dengan lancar.

5. Melahirkan di dalam pesawat kedengarannya sih unik dan ‘wah’, tapi amit-amit lah ya sampai kejadian betulan dan bikin panik seperti yang dialami ibu ini

Deborah Owen dan sang putri pada tahun 1991 via www.telegraph.co.uk

Meski terbilang langka, kelahiran dalam pesawat ternyata nggak terjadi hanya pada 1-2 orang ibu saja. Salah satu kisah unik kelahiran di pesawat terjadi pada tahun 1991, tercatat seorang ibu sukses melahirkan dibantu dengan awak kabin pesawat di ketinggian 35.000 kaki di dalam pesawat. Keluar lebih cepat 6 minggu dari HPL-nya, sang anak yang diberi nama Shona Kirsty Yves (yang disingkat menjadi SKY) berhasil dilahirkan sang ibu, Deborah Owen saat sedang dalam perjalanan dari Accra, Ghana menuju Inggris. Sang anak kemudian di kolom tempat lahir kartu identitas dan paspornya tertulis ‘on an aeroplane 10 miles south of Mayfield, Sussex’ alias di dalam pesawat 10 mil ke arah selatan dari Mayfield, Sussex.

6. Melahirkan di atas pohon memang kedengarannya sangat aneh, tapi kenyataannya kalau desakan melahirkan sudah muncul, tak peduli kapan dan di mana ya nggak bisa dihindari lagi

Kebayang gimana rasanya melahirkan di atas pohon? via www.mirror.co.uk

Mungkin melahirkan di tempat super nggak lazim seperti di atas pohon nggak akan pernah terbayang oleh kita. Namun Sofia Pedro, terpaksa melahirkan putrinya di atas pohon setelah berhasil lolos musibah banjir bandang yang menghajar negeri asalnya, Mozambik pada tahun 2000 silam. Beruntung saat itu seorang petugas medis udara, Godfrey Nengovhela sedang lewat dan merendahkan helikopternya dan membantu sang ibu dan anak tersebut.

Peristiwa melahirkan memang nggak akan pernah bisa kita duga. Mau serapi apapun rencana disusun, terkadang proses kelahiran akan selalu menjadi momen mendebarkan dan di luar prediksi. Selain melahirkan di tempat-tempat tak biasa tersebut, banyak juga lho yang melahirkan di tempat-tempat aneh lain seperti halaman rumah sakit, pinggir jalan dan toilet atau kamar mandi. Meski ada beberapa kasus yang anaknya tak bisa diselamatkan, namun banyak juga kasus dimana anaknya lahir dengan sehat. Ada-ada saja ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya