7 Bukti Bahwa Perempuan Akan Lebih Sering Begadang Setelah Jadi Ibu. Perjuangan!

Alasan ibu sering begadang

Menjadi istri dan ibu bukanlah hal yang mudah. Moms harus membagi waktu untuk kepentingan anak, suami, keluarga, diri sendiri dan karier jika Moms bekerja. Bahkan mungkin Moms sering merasa bahwa waktu 24 jam masih kurang untuk berbagi peran. Apakah Moms juga merasakan hal ini? Setelah bangun tidur langsung ketemu dengan sederet pekerjaan rumah, hingga mata Moms mau terpejam untuk tidur saja, pikiran Moms masih ‘bergentayangan’ memikirkan rumah.

Advertisement

Hal seperti ini memang wajar dan dialami hampir semua perempuan yang sudah menjadi ibu. Nggak heran jika Moms merasakan perubahan drastis pada jam tidur setelah menjadi ibu. Apalagi bagi Moms yang jadi sering begadang. Coba dihitung deh, seberapa sering Moms begadang dalam seminggu? Lalu bandingkan dengan waktu sebelum menjadi ibu. Dan berikut inilah beberapa alasan kenapa perempuan setelah menjadi ibu tidurnya jadi kurang alias sering begadang. Yuk, simak!

1. Sering terbangun untuk menyusui anak, alhasil jadi susah tidur lagi dan berujung begadang sampai pagi

Ikut bangun kalau anak kebangun | Photo by PNW via www.pexels.com

Sebagian besar orang mengalami sulit tidur ketika beberapa kali terbangun pada malam hari. Nah, inilah yang sering dialami para Moms ketika sedang nyenyak-nyenyaknya tidur tiba-tiba anak menangis dan minta susu. Mau nggak mau Moms pun ikut bangun kan? Bahkan hal seperti ini mungkin nggak cukup sekali terjadi. Alhasil karena beberapa kali terbangun, Moms jadi terjaga alias nggak bisa tidur lagi sampai pagi.

2. Ketiduran saat menidurkan anak di sore hari. Akhirnya, sampain malam jadi nggak bisa tidur

Sering ketidan pas kelonan sama anak | Photo by Polina via www.pexels.com

Sering terjadi nih, Moms yang ikut ketiduran pas ngelonin anak. Hayo siapa yang sering begini? Kalau masih siang sih lumayan ya, Moms bisa sekalian istirahat. Sayangnya kejadian seperti ini juga sering terjadi saat sore hari atau paling nggak habis Maghrib. Biasanya Moms yang tertidur habis Maghrib malamnya akan terbangun dalam keadaan yang segar. Kalau sudah begini, hampir bisa dipastikan Moms sulit tidur lagi dan berakhir dengan begadang sampai pagi.

Advertisement

3. Saking capeknya seharian mengurus rumah dan menemani anak bermain, Moms jadi susah tidur nyenyak dan akan berakhir dengan begadang

Capek banget jadi sulit tidur | Photo by Wiliam via www.pexels.com

Dalam kondisi tubuh tertentu seseorang justru kesulitan untuk tidur ketika merasa terlalu lelah. Mungkin Moms juga mengalami hal seperti ini ketika seharian terlalu bekerja keras mengurus rumah dan menemani anak bermain. Saking capeknya Mom mungkin butuh pijatan, tapi kadang suami juga kelelahan. Alhasil Moms nggak tega minta dipijat oleh suami dan berujung dengan nggak bisa tidur semalaman. Apakah Moms pernah mengalami hal ini?

4. Harus jadi ibu atau istri siaga yang selalu siap sedia mengurus anak atau suami yang sedang sakit

Ibu siaga | Photo by Gustavo via www.pexels.com

Ketika anak atau suami sakit, Moms selalu berada di garda terdepan untuk merawat anak atau suami. Moms selalu berusaha ada di dekat mereka ketika mereka membutuhkan bantuan. Meski mata ngantuk, tapi mungkin Moms nggak tega untuk tidur atau takut terjadi sesuatu yang nggak diinginkan. Apalagi ketika anak yang sakin dan rewel minta digendong terus. Duh kalau sudah begini kekuatan super Moms pasti auto keluar deh~. Hal ini juga yang menjadi salah satu penyebab Moms jadi begadang, demi menjaga orang-orang tercinta yang sedang sakit

5. Nggak bisa tidur kalau rumah belum rapi, jadi Moms pergi tidur terlalu malam karena harus beresin rumah dulu

Sebelum tidur, semua harus rapi | Photo by PNW via www.pexels.com

Tipe Moms perfeksionis pasti baham banget gimana rasanya beresin rumah sebelum tidur. Mulai dari nyapu, ngepel, merapikan mainan, cuci piring, bahkan cuci baju selalu dilakukan sebelum tidur. Kalau pas kerjaan terlalu banyak, Moms bisa pergi tidur saat hampir tengah malam. Bagi sebagian orang, pergi tidur melewati jam biologisn akan membuatnya kesulitan tidur hingga pagi. Mungkin Moms juga mengalami hal ini, sehingga mau nggak mau Moms harus begadang sampai pagi.

Advertisement

6. Bagi working mom, lembur kejaan kantor saat malam hari adalah cara yang cukup efektif untuk bekerja

Malam adalah waktunya lembur kerjaan | Photo by Wiliam via www.pexels.com

Pada malam hari saat anak tidur pulas adalah saatnya Moms bekerja. Bekerja saat malam hari juga menjadi ‘jalan ninja’ para working mom supaya nggak digangguin anak. Kalau siang buka laptop pasti susah banget karena anak akan minta nonton. Saat musim work from home seperti ini, lembur kerjaan menjadi salah satu penyebab Moms jadi sering begadang. Asal tubuh dalam kondisi fit, biasanya working mom justru menemukan kenikmatan tersendiri saat bekerja pada malam hari.

7. Kepikiran kerjaan rumah buat besok alias overthinking ala ibu-ibu, yang ujung-ujungnya jadi begadang sendiri~

Mau tidur tapi pikiran kemana-mana | Photo by Ksenia via www.pexels.com

Overthinking sebelum tidur sering terjadi pada banyak orang, nggak terkecuali para Moms. Biasanya Moms kepikiran tentang pekerjaan atau tanggung jawab Moms untuk esok hari. Misalnya baju kerja suami belum disetrika jadi harus bangun lebih pagi atau mau masak apa untuk sarapan, eh jadi kepikiran berat badan anak yang turun gara-gara susah makan, akhirnya Moms palah browsing di internet tentang rekomendasi vitamin untuk napsu makan anak. Bayangkan saja, dari setrikaan sampai vitamin bisa Moms pikirkan sebelum tidur~ Hal ini juga yang menjadi penyebab Moms jadi sering begadang. Karena lagi asyik mikir, tiba-tiba nggak kerasa hampir pagi.

Nah, dari 7 alasan atau penyebab Moms sering begadang di atas, kira-kira mana nih yang paling sering Moms alami? Meski sering begadang setelah menjadi ibu, Moms nggak perlu khawatir ya, karena hal ini sangat wajar dan hampir dialami oleh semua perempuan. Bahkan, mungkin Moms akan merindukan saat-saat begadang sendirian pada malam hari sambil memandangi wajah pulas anak dan suami. Duh, pasti bikin meleleh kan?

Supaya kondisi Moms tetap sehat apalagi Moms yang sedang menyusui, usahakan selalu menjaga kondisi tubuh supaya tetap fit dan bugar meski harus begadang. Moms juga bisa mengatur waktu tidur, misalnya dengan memanfaatkan tidur siang bersama anak.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE