4 Rahasia Mengajarkan Anak Fasih Berbahasa Inggris Sejak Dini. Pembelajaran Ideal Saat Pandemi!

Anak fasih Berbahasa Inggris

Setiap anak dibesarkan dengan cara yang unik. Bahkan ada orang tua yang udah mengajarkan anak bahasa asing sejak kecil. Hal tersebut nggak salah kok Moms. Sebagai orang tua memang nggak ada salahnya untuk mengajarkan hal-hal baru untuk anaknya, termasuk belajar Bahasa Inggris. Meski bukan menjadi bahasa wajib, namun di era yang mengandalkan teknologi dan kebanyakan menggunakan bahasa inggris, maka sangat penting mengajarkan pada anak sejak dini.

Advertisement

Moms nggak harus mengajarkan Bahasa Inggris dengan cara-cara yang membuat anak justru enggan mempelajarinya. Sebagai orang tua haruslah memiliki cara efektif agar anak-anak juga nggak terbebani untuk belajar hal baru termasuk Bahasa Inggris. Seiring berkembangnya zaman juga mengharuskan anak-anak bisa berbahasa Inggris, meski nggak harus terlalu menguasai, namun minimal mereka paham Bahasa Inggris karena faktanya ini penting bagi masa depan anak di zaman sekarang.

Agar anak fasih berbahasa Inggris, Moms bisa lakukan beberapa cara seperti berikut ini;

1.Melatih anak mengenal warna, membaca abjad hingga menghitung angka dalam bahasa inggris.

Photo by Lina Kivaka from Pexels

Anak-anak kebanyakan menyukai sesuatu yang warna-warni. Hal ini bisa Moms manfaatkan untuk mengenalkan warna menggunakan Bahasa Inggris. Selain itu juga bisa melalui angka dan abjad. Di sini Moms juga bisa sekalian mengajari untuk menulis warna, angka dan abjad. Menyenangkan sekali, bukan?

Advertisement

2.Memilih lagu anak-anak dalam Bahasa Inggris. Bisa juga dengan film atau cerita anak berbahasa Inggris.

Photo by mentatdgt from Pexels

Sekarang ini banyak disediakan buku Bahasa Inggris untuk anak-anak. Melalui buku tersebut bisa Moms manfaatkan untuk belajar bareng. Cara lain adalah dengan menonton film anak-anak dalam Bahasa Inggris. Mengajarkan Bahasa Inggris bisa dengan cara yang asyik seperti ini lo ternyata.

3.Membiasakan memberi sapaan atau pertanyaan seputar kegiatan anak dengan Bahasa Inggris.

Photo by Alexander Dummer from Pexels

Bukan hal yang aneh ketika orang tua zaman sekarang melakukan hal ini. Pasalnya, dengan sering melihat atau mendengarkan kata-kata dalam bahasa inggris (seperti yang udah diajarkan pada poin 1 dan 2) maka anak perlahan akan menangkap kosa kata tersebut. Moms bisa langsung mempraktekkan dengan memberikan sapaan atau pertanyaan dengan menggunakan Bahasa Inggris.

4.Memanfaatkan games untuk mengajari anak berbahasa Inggris adalah cara yang paling asyik.

Advertisement

Photo by Lukas from Pexels

Anak-anak selalu identik dengan permainan. Di sini Moms bisa memanfaatkannya sambil belajar bahasa inggris. Pilih permainan yang menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini pasti akan sangat menyenangkan dan meningkatkan interaksi Moms dan si kecil.

Sebagai orang tua yang ingin mengajarkan hal baru kepada anaknya harus bisa mencari cara kreatif agar belajar semakin asyik. Moms harus memahami kapan anak punya mood yang bagus untuk belajar hal baru seperti Bahasa Inggris. Dengan begitu, anak bisa belajar tanpa ada paksaan.

Buat Moms yang ingin mengajari anak Bahasa Inggris, bisa gunakan cara di atas ya! Semoga bermanfaat 🙂

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE