Chelsea Olivia Lahirkan Anak Kedua, Ketahui yuk 5 Karakter Anak Kedua yang Beda dari sang Kakak

anak kedua chelsea

Baru-baru ini, unggahan Instagram Chelsea Olivia maupun Glenn Alinskie dipenuhi dengan kiriman tentang anak kedua yang baru saja lahir ke dunia. Seorang bayi laki-laki melengkapi keluarga kecil ini pada 20 Oktober 2020 dan diberi nama Dante Oliver Alinskie. Tak hanya orang tua, Nastusha sang kakak juga terlihat bahagia menyambut adiknya dengan memeluk dan menciuminya. Walaupun kakak beradik bisa akrab dan saling menyayangi ternyata mereka akan tetap memiliki sifat masing-masing lo.

Advertisement

Bahkan dilansir dari Parents, seorang psikolog bernama Leman yang telah mempelajari psikologi sejak 1967 percaya bahwa kepribadian anak ditentukan dari urutan kelahiran atau posisinya sebagai anak. Untuk selengkapnya, simak yuk apa saja fakta terakit anak kedua berikut ini!

1. Anak kedua ternyata biasanya akan tumbuh menjadi seorang people pleaser karena perlakuan yang didapatkan

People pleaser/ Credit: Glenn Alinskie via www.instagram.com

Dilansir dari Parents, biasanya anak kedua dibesarkan tidak setegas anak pertama karena orang tua yang sudah memiliki pengalaman, namun perhatian yang didapatkan juga lebih sedikit karena di rumah sudah ada anak yang lain. Mereka biasanya juga akan menjadi seorang people pleaser atau hobi menyenangkan orang lain karena perhatian yang kurang dibandingkan saudaranya.

2. Anak yang lahir di urutan kedua ternyata juga lebih mandiri dan biasanya lebih bekerja keras dibandingkan kakaknya

Mandiri/ Credit: yanlev on Deposit Photos via id.depositphotos.com

Dalam sebuah buku The Evolution of Personality and Individual Differences, karena anak kedua tidak mendapatkan banyak cinta seperti kakaknya maka ia akan lebih mandiri dan lebih terampil dalam kehidupan. Alasan lainnya karena ia juga tak mendapatkan sesuatu sebanyak kakaknya yang menyebabkan ia akan lebih memanfaatkan apa yang ia dapatkan dengan semaksimal mungkin.

Advertisement

3. Selain ‘menerima nasib’ akan perhatian yang kurang ternyata anak kedua bisa juga cenderung lebih aktif dan sedikit lebih bandel

Lebih aktif/ Credit: ziggy_mars on Deposit Photos via id.depositphotos.com

Aktifnya anak kedua disebabkan oleh tekanan darah dan berat badan yang lebih rendah daripada kakak pertama, begitu menurut American Journal of Epidemiology. Selain itu, anak kedua akan cenderung lebih bandel karena mereka sedang berusaha untuk mencari perhatian dari orang di sekitarnya. Hal ini umumnya lebih sering terjadi kepada anak kedua laki-laki. Wah, Chelsea harus siap-siap nih.

4. Anak kedua ternyata juga memiliki otonomi yang lebih terhadap dirinya sendiri ketimbang saudaranya

Punya otonomi/ Credit: Glenn Alinskie via www.instagram.com

Jika awal memiliki anak dahulu orang tua akan lebih protektif, maka kali ini mereka lebih santai dan tenang ketika si anak kedua melakukan sesuatu. Oleh karena hal itulah, anak akan memiliki otonomi yang lebih terhadap dirinya sendiri dibanding saudara yang lain. Ia akan lebih mampu menjaga diri bahkan sejak usianya masih relatif muda dibandingkan kakaknya.

5. Sayangnya, jadi anak kedua juga lebih banyak tuntutannya apalagi dalam hal menjadi lebih baik daripada sang kakak

Advertisement

Pekerja keras/ Credit: Petrograd99 on Deposit Photos via id.depositphotos.com

Sebuah penelitian dari Journal of Population Economic menunjukkan bahwa anak kedua lebih sering memiliki standar pendidikan yang lebih tinggi dari sang kakak. Hal ini akan makin mungkin terjadi jika anak pertama terasa lambat dalam menerima pelajaran sehingga anak kedua diharapkan bisa lebih baik darinya. Oleh sebab itu, anak kedua juga akan menanggung beban lebih banyak daripada kakaknya.

Selalu ada plus minus dari posisi masing-masing di dalam keluarga. Hal tersebut juga tak selamanya berlaku mutlak, namun dipengaruhi juga oleh pola asuh orang tua dan kondisi lainnya. Yang jelas, mengetahui kepribadian anak secara personal sejak ia kecil perlu dilakukan sehingga pola asuh yang diterapkan bisa tepat, walaupun kadang mungkin secara tidak sadar orang tua akan memperlakukan berbeda.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE