Tumbuh Gigi Sering Bikin Anak Rewel? Ini Cara Mengatasi dan Menenangkannya

Anak tumbuh gigi

Ketika ada yang dirasa kurang nyaman, bayi pasti akan menunjukkan gelagat tertentu seperti mendadak rewel. Salah satu contohnya adalah, ketika ia akan tumbuh gigi. Meski terlihat menggemaskan karena tampak seperti tempelan nasi, namun justru membuat si kecil merasa nggak nyaman dan membuatnya rewel. Pertumbuhan gigi biasanya akan dialami ketika mereka menginjak usia mulai 4-7 bulan.

Advertisement

Tanda ketika bayi akan tumbuh gigi salah satunya bisa dilihat dari semakin sering menggigit sesuatu. Hal ini terjadi karena gusinya gatal. Pertumbuhan gigi pada bayi biasanya diawali oleh dua gigi seri di gusi tengah bawah. Ini akan nampak seperti nasi yang tertinggal dan terlihat lucu. Namun malah justru bikin bayi rewel. Seiring bertambahnya usia, geraham-geraham kecil juga akan tumbuh. Wajar jika bayi merasa kurang nyaman dan rewel.

Namun, Moms nggak perlu khawatir karena berikut ada beberapa cara paling mudah menenangkan si kecil yang rewel karena tumbuh gigi. Ini dia!

1.Menenangkannya dengan memberikan sentuhan. Kontak lembut antara ibu dan si kecil ternyata mampu merangsang rasa nyaman

Photo by Echo Grid on Unsplash

Seorang ibu pastinya punya cara mujarab untuk menenangkan si kecil yang rewel salah satunya dengan sentuhan pada bagian pipi. Moms bisa menggendong si kecil dan menempelkan pipinya ke dada maupun mendekapnya. Dengan begitu mereka akan lebih tenang.

Advertisement

2.Memberikan pijatan lembut pada gusi. Namun, pastikan jari Moms yang akan digunakan untuk memijit bayi sudah bersih

Photo by Chiến Phạm on Unsplash

Moms bisa menggunakan jari yang dilapisi  dengan waslap, kemudian gunakan untuk memijit lembut pada gusi si kecil. Kalau mau dengan jari saja juga nggak papa asalkan bersih. Cara ini mampu mengurangi rasa nyeri pada gigi bayi yang akan tumbuh.

3.Memberikan minuman yang dingin. Memanfaatkan sesuatu yang dingin akan mengurangi pembengkakan pada gusi bayi

Photo by Alex Pasarelu on Unsplash

Gigi yang akan tumbuh memang membuat bayi rewel. Hal tersebut wajar karena gusinya juga mengalami pembengkakan sehingga menyebabkan rasa nggak nyaman. Cara paling mudah untuk mengatasinya, Moms bisa memberi minuman dingin pada si kecil. Namun jangan terlalu dingin, usahakan suhu dinginnya biasa saja.

4.Memberikan mainan gigi (teether). Ini mampu membuat bayi melepaskan rasa ingin menggingitnya sehingga mampu mengatasi rasa nyeri

Advertisement

Photo by Tara Raye on Unsplash

Mainan gigi juga menjadi cara efektif agar bayi nggak rewel ketika akan tumbuh gigi. Pada bagian gusi akan terasa gatal dan ingin selalu menggingit sesuatu. Moms bisa berikan teether agar si kecil bisa melampiaskan untuk menggingitnya. Jenis mainan ini memiliki bahan yang empuk sehingga aman untuk gusinya. Pastikan para Moms memilih mainan gigi yang aman untuk bayi.

Bayi yang mulai tumbuh gigi merupakan langkah awal pertumbuhannya. Moms juga harus selalu merawat gigi bayi yang sudah tumbuh agar selalu sehat. Untuk melakukan perawatan terhadap gigi bayi yang sudah tumbuh, Moms bisa mengusapkan kain lembut pada gigi bayi. Bisa dilakukan dua hari sekali ketika pagi dan sebelum tidur. Hal ini agar gigi susu bayi nantinya bersih dan sehat.

Hal penting untuk mengatasi bayi rewel ketika tumbuh gigi adalah, jangan panik karena merupakan kondisi yang wajar. Selanjutnya, cara paling mudah yang bisa Moms lakukan adalah seperti yang sudah Mamin tulis di atas. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

belum lengkap kalau belum ngopi item

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE