Belajar Menjadi Ayah Hebat Melalui 8 Tokoh Animasi ini. Superdad Wanna Be yuk Merapat!

ayah di film animasi

Menjadi sosok ayah yang hebat tentu tidak bisa dilakukan secara instan. Perlu pengalaman hidup, banyak referensi serta keinginan kuat untuk dapat menjadi sosok ayah yang bisa menjadi andalan dan teladan dalam keluarga. Memang manusia nggak ada yang sempurna, tapi selalu berusaha menjadi sosok yang lebih baik jelas nggak ada salahnya kan? Terlebih di era milenial seperti saat ini, dimana peran ayah dituntut lebih luwes mengasuh anak seperti ibu.

Advertisement

Ada banyak cara yang bisa (calon) ayah lakukan agar bisa menjadi sosok ayah yang lebih baik. Salah satunya, mencoba belajar melalui tokoh ayah dari sejumlah film animasi idola anak-anak ini! Yuk super dad wanna be merapat~

1. Marlin bisa jadi tokoh ayah yang menyebalkan di awal kemunculannya. Tapi lihat deh perjuangan dan pengorbanannya yang luar biasa untuk anak semata wayangnya!

ayah penyayang via www.theyoungfolks.com

Berbicara tentang tokoh ayah dalam film animasi, Marlin dalam film Finding Nemo tidak boleh terlewat. Marlin merupakan ayah yang terlihat overprotektif terhadap Nemo. Akibat satu siripnya yang kecil dan masa lalu keluarganya yang kelam membuat Marlin jadi mudah was-was dan sangat membatasi Nemo. Mungkin bila berkaca dengan keadaan sekarang beberapa orangtua memberi batasan pada anaknya terutama bila orangtua sudah mengetahui kelemahan sang anak.

Walaupun demikian, kita perlu belajar dari Marlin. Ia mengerahkan segala yang dimiliki saat mencari Nemo. Intinya, semua demi anak kan?

Advertisement

2. Stoick bisa jadi ayah yang terlihat keras dan galak di permukaan. Padahal sih, sayang banget sama anak dan istrinya

tegas dan penyanyang keluarga via screenrant.com

Bagi penggemar film animasi How to Train Your Dragon, pasti tidak asing lagi dengan Stoick. Raja sekaligus ayah dari Hiccup merupakan orangtua tunggal selama 20 tahun pasca meninggalnya sang istri. Sifatnya yang tegas dan keras tetapi lembut terhadap keluarga.

Saat ia ternyata tahu bahwa Valka istrinya belum meninggal, Stoick tak langsung marah. Ia menerima Valka apa adanya  dan berusaha untuk menyatukan kembali keluarganya. Bagaimana bila kamu yang ada diposisi Stoick? Tidak semua orang bisa memaafkan dan mau menerima kembali. Hal ini yang bisa dipelajari dari tokoh Stoick.

3. Tui adalah sosok ayah yang juga sangat protektif pada anaknya. Tapi sebenarnya bukan tanpa alasan juga

Advertisement

Tui via aleteia.org

Masih ingat dengan Moana? Jika iya tidak lupa dengan Tui ayah Moana kan? Tui adalah seorang kepala suku yang tegas, berekspektasi tinggi kepada Moana dan juga sedikit overprotektif. Tui tidak ingin Moana keluar dari pulau karena rasa khawatirnya yang berlebihan. Gambaran orangtua jaman sekarang banget kan?

Seorang ayah terkadang memiliki pemikiran yang menurutnya benar. Tetapi keinginannya tidak sesuai dengan keinginan anaknya. Walau sempat melarang untuk keluar dari pulau, ia luluh setelah melihat tekad kuat Moana. Seorang ayah yang baik adalah ayah yang bisa mendengarkan keinginan anak dan berkompromi dengannya.

4. Fa Zhou dari animasi epik kolosan Mulan yang sebentar lagi bakal dirilis versi live-action-nya ini mungkin juga jadi sosok ayah penyayang yang terlihat keras dan kaku di luar

Fa Zhou adalah tokoh ayah dalam film Mulan yang adalah seorang veteran perang terkenal yang terluka dalam perang. Sifatnya sangat kaku, dan sangat peduli tentang kehormatan keluarga. Dia merasa hanya anak laki-laki yang bisa mengemban tugasnya.

Akibat kekakuan ayahnya, Mulan menjadi anak yang memberontak lantaran tak tega ayahnya yang sudah tua harus maju ke medan perang. Ia menyamar menjadi seorang laki-laki dan menghindari perjodohannya. Melalui peristiwa ini Mulan membuktikan bahwa seorang perempuan juga bisa mengemban tugas yang setara dengan laki-laki dan seorang ayah bisa lebih peka soal kebutuhan dan kekuatan yang dimiliki anaknnya. Kadang, gengsi pun harus dikesampingkan dan rasa percaya perlu lebih dipupuk pada anak.

5. The Sultan adalah ayah dari film dongeng terkenal, Aladdin. Kamu tentu tak asing dengan sosoknya ini

Sultan via www.eonline.com

Selain Jin, Sultan ayah Jasmine adalah tokoh yang X dalam film Aladdin. Bukan bermaksud untuk menjadikanmu sebagai ayah yang seperti Sultan yang kaya raya dan memberikan semua fasilitas bagi Jasmine. Dari sosok ayah Jasmine, kamu bisa belajar jadi sosok ayah yang lebih peka, bijaksana dan paham kemampuan anak. Tak terombang-ambing dengan perkataan orang dan bisa lebih tegas dalam mengambil keputusan.

6. Mr. Incredible mungkin jadi salah satu sosok ayah idaman. Nggak cuma getol kerja, ayah di animasi ini juga sayang banget dan mau mengambil peran untuk mengasuh anak-anaknya

incredible via www.telegraph.co.uk

Ayah milenial mungkin cocok dilekatkan oleh Mr. Incredible dalam fil The Incredible. Ia adalah seorang ayah dari 3 anak yang memiliki kekuatan istimewa. Sosoknya yang hangat dan dekat dengan orangtuanya menjadi nilai plus. Ia memperbolehkan istrinya, Elastic Girl untuk bekerja sementara ia membantu dalam pekerjaan rumah dan juga mengurus anak.

Hal ini yang bisa dipelajari dari Mr. Incredible. Seorang ayah yang memperbolehkan istrinya bekerja dan mau untuk membantu pekerjaan rumah.

7. Poppa dari film The Good Dinosaur juga bisa banget kamu teladani. So sweet!

Salah satu film animasi sederhana dan menyentuh hati adalah The Good Dinosaur. Mengisahkan saat dimana meteor tidak jadi terjatuh di bumi, munculah peradaban dinosaurus. Poppa merupakan tokoh ayah dalam film ini.  Ia merupakan ayah yang tegas dan bijaksana. Ia selalu menguatkan Arlo dikala ia merasa rendah diri akibat tubuhnya yang mungil. Poppa memberitahu Arlo bahwa ia harus melalui ketakutannya untuk bisa melihat sisi baik dalam diri. Ia bahkan merelakan nyawanya demi anaknya.

Sometimes you gotta get through your fear to see the beauty on the other side-Poppa.

8. Mr Ping

Gambaran ayah yang baik hati sabar dan penyayang adalah Mr. Ping dari film Kung Fu Panda. Walaupun bukan ayah asli dari Po, ia sangat menyanginya. Plus, sikapnya yang kocak membuat dia sangat dengan Po.

Ternyata belajar menjadi ayah yang hebat bisa didapatkan dari tokoh film animasi ya. Dari kedelapan tokoh tersebut, mana nih yang paling menginspirasi?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE