Dear Suami Siaga, Jangan Biarkan Istrimu Mengerjakan 5 Pekerjaan Rumah Tangga ini Saat Hamil ya

bahaya pekerjaan rumah ibu hamil

Menjadi ibu hamil berarti memberikan komitmen penuh terhadap apapun yang akan terjadi pada dirimu dan buah hati. Termasuk di antaranya perubahan yang terjadi pada tubuh danĀ  hormon yang akan mempengaruhi banyak hal dalam dirimu. Kamu juga harus lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu, baik itu olah raga maupun sesepele melakukan hal sehari-hari yang biasanya kamu rampungkan sendirian.

Advertisement

Jika selama ini kamu melakukan banyak pekerjaan rumah saat belum mengandung janin, sekarang kamu sudah bisa mulai mengobrolkannya dengan suami perihal hal-hal apa saja yang sebaiknya dihindari demi kesehatan jabang bayi. Makanya, simak dulu yuk penjelasannya di bawah ini!

1. Bukan hanya mitos, memindahkan barang berat tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil karena adanya pengaruh hormon

Bawa baju basah juga berat lo/ Credit: iStock Photo via www.istockphoto.com

Dilansir dari Alo Dokter, perubahan hormon dalam tubuh dapat membuat terjadinya pelemahan pada sendi dan ligamen. Sehingga jika kamu memindahkan barang berat seperti gas, kumpulan baju basah, hingga galon, akan berisiko terjadi cedera maupun nyeri otot. Hal ini juga bisa terjadi pada bagian punggung jika kamu nekat membawa sesuatu yang berat di punggungmu. Risiko lebih parahnya, kamu bisa mengalami pendarahan, kelahiran prematur, dan air ketuban yang pecah lebih dini.

2. Selain berbahaya karena lantai yang dipel dapat menyebabkan terpeleset, mengepel juga bisa menyebabkan risiko yang lain

Tidak boleh ngepel juga lo/ Credit: Thrifty Fun via www.thriftyfun.com

Selama ini mungkin mengepel dihindari karena adanya risiko untuk jatuh dan terpeleset, namun posisi ibu hamil saat mengepel ternyata juga bisa menyebabkan adanya linu pada pinggul dan peradangan saraf siatik. Tekanan yang diberikan pada bagian perut juga mampu menimbulkan risiko lain pada janin.

Advertisement

3. Jika kamu memiliki peliharaan di rumah, sebaiknya kamu tidak membersihkan kandangnya. Lebih baik meminta tolong orang lain untuk melakukannya

Bumil vs kucing/ Credit: South Boston Animal Hospital via www.southbostonanimalhospital.com

Parasit toksoplasma ditularkan melalui kotoran hewan. Parasit yang satu ini merupakan hal yang selain dapat membahayakanmu, juga dapat membahayakan janinmu. Efeknya dapat terjadi kelahiran prematur, kerusakan organ mata, kulit, hingga otak. Hal ini ternyata juga tidak memiliki gejala lo.

4. Segala kegiatan apapun di dalam rumah yang melibatkan bahan-bahan kimia ada baiknya kamu hindari dulu

Hindari semprot-semprot/ Credit: CBC via www.cbc.ca

Kamu perlu menahan diri untuk tidak asal semprot sana sini saat melihat serangga hingga kamar mandi yang kotor. Pun, kamu juga tidak perlu terlibat dalam proses pengecatan kamar bayi. Pasalnya, jika membersihkan atau mengecat sesuatu dengan bahan-bahan kimia dan kamu sering menghirupnya, janinmu bisa terkena dampak lahir dalam keadaan cacat.

5. Jika kamu sehari-hari melakukan kegiatan memasak, kamu perlu waspada jika melakukannya dengan berdiri atau duduk terlalu lama

Advertisement

Masak butuh waktu yang lama lo/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Mungkin kamu sangat senang dengan kegiatan masak atau hal ini menjadi rutinitasmu sehari-hari sehingga berdiri dalam waktu lama pun dirasa tidak masalah, padahal kamu bisa saja lo mengalami nyeri punggung dan kaki, hingga terjadi pembengakakan. Makanya selama proses ini, kamu bisa duduk dan berdiri sesekali.

Kamu tetap bisa kok melakukan hal-hal yang ringan selama kehamilan, namun ada baiknya kamu berdiksusi agar beberapa pekerjaan rumah di atas bisa untuk sementara dihindari. Bisa digantikan suami atau menyewa pembantu sementara jika diperlukan.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE