Bukan Karena Jorok, Ini Penyebab Ibu Hamil Jadi Sering Kentut dan Pipis!

Bumil kentut dan pipis

Perempuan yang sedang hamil tentunya akan mengalami banyak perubahan, baik dari segi fisik maupun hormonal. Seperti halnya jadi sering kentut dan buang air kecil. Meski tergolong hal yang wajar, namun seringkali merasa malu ketika terjadi di tempat umum. Apalagi jika sebentar-sebentar pengin buang air kecil, jika masih di rumah tentunya nggak masalah. Ibu hamil yang sering kentut maupun buang air kecil adalah hal yang wajar. Kedua hal tersebut terjadi karena beberapa hal. Ini dia penjelasannya!

Apa yang menyebabkan ibu hamil sering kentut?

Photo by Amina Filkins from Pexels

Advertisement

Menurut penelitian, dalam sehari ibu hamil bisa kentut hingga 18 kali. Berikut beberapa hal yang menyebabkan ibu hamil sering kentut:

1.Meningkatnya kadar hormon progesteron

Pada ibu hamil akan mengalami peningkatan pada hormon progesteron. Hormon tersebut akan membuat otot-otot dalam tubuh menjadi lebih rileks dan memperlambat proses pencernaan. Melambatnya proses pencernaan tersebut menyebabkan penumpukan gas. Hal itulah yang membuat ibu hamil sering kentut karena merasa kembung.

Advertisement

2.Rahim yang semakin besar

Keadaan rahim yang semakin membesar tentunya akan menekan rongga perut dan menjadi penyebab ibu hamil sering kentut. Penekanan rongga perut juga membuat proses pencernaan menjadi lambat sehingga perut terasa begah akibat penumpukan gas.

Advertisement

3.Sedang mengonsumsi vitamin

Ibu hamil memang membutuhkan banyak vitamin untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu yang paling penting untuk dikonsumsi ibu hamil adalah makanan yang mengandung zat besi. Namun zat besi yang tinggi juga menyebabkan sembelit dan memicu perut kembung. Hal itulah yang menyebabkan ibu hamil sering kentut.

Lalu, apa saja yang sering membuat ibu hamil sering buang air kecil?

Photo by Yan Krukov from Pexels

Selain sering kentut, ibu hamil juga sering buang air kecil. Hal tersebut memang wajar, hanya saja sering merasa nggak nyaman. Berikut beberapa penyebab ibu hamil sering buang air kecil sesuai dengan usia kehamilannya:

1.Trimester pertama

Penyebab ibu hamil sering buang air kecil pada trimester pertama adalah peningkatan hormon hCG (human chorionic gonadotropin). Ini merupakan salah satu hormon yang meningkatkan produksi urin bertambah sehingga sering beser. Selain itu juga terjadi pembesaran pada ukuran rahim.

2.Trimester kedua

Pada umumnya, ibu hamil yang memasuki masa kehamilan  trimester kedua akan lebih sedikit mengalami beser di banding saat trimester pertama. Seringnya buang air kecil pada ibu hamil trimester kedua adalah karena cemas dan stress saat hamil.

3.Trimester ketiga

Pada usia kehamilan trimester ketiga, ibu hamij juga kerap kali mengalami beser. Hal tersebut disebabkan karena ukuran janin yang semakin besar sehingga posisinya tepat di bawah panggul dan memberikan tekanan lebih kuat pada kandung kemih. Dengan begitu, wajar jika Moms sering buang air kecil khususnya ketika sedang tidur.

Sering kentut dan beser saat sedang hamil merupakan hal yang wajar. Hal tersebut nggak berbahaya kok, Moms. Ada banyak cara untuk mengatasinya. Namun jika dirasa cukup menganggu, Moms bisa berkonsultasi ke dokter. Itulah yang menyebabkan ibu hamil sering kentut dan buang air kecil. Semoga bermanfaat ya, Moms!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

belum lengkap kalau belum ngopi item

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE