Trik Cerdas Herfiza Novianti Agar Anak Bisa Tidur Sendiri. Bisa Segera Dipraktikkan!

Cara melatih anak tidur sendiri

Melatih anak tidur sendiri sering menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Apalagi jika sudah memilik adik, kadang si kakak jadi lebih manja karena ingin selalu dekat dengan orangtua. Apakah Moms sudah melatih anak untuk berani tidur sendiri? Membiasakan anak untuk tidur sendiri sebenarnya sudah bisa dilakukan sejak ia masih bayi, lo.

Advertisement

Kebiasaan tidur bayi masih mudah beradaptasi. Jika Moms membiasakannya sejak bayi tentu lebih mudah daripada ketika sudah lebih besar, misalnya usia dua tahun lebih. Hal ini pula yang dilakukan oleh seleb tanah air, yakni Herfiza Novianti. Ia sudah melatih anak-anaknya untuk tidur sendiri sejak masih bayi. Moms, mau tahu gimana cara melatih anak tidur sendiri, bahkan sejak bayi? Yuk, simak tips ala Herfiza ini!

1. Melatih anak tidur sendiri dilakukan dengan cara bertahap ya, Moms. Sejak bayi anak harus dibiasakan tidur di dalam box bayi

Belum lama ini, istri aktor Ricky Harun ini berbagi tips cara melatih anak tidur sendiri melalui unggahan di Instagram pribadinya. Cara ini ia lakukan pada keempat anaknya, dan berhasil membuat mereka bisa berani tidur sendiri. Hal ini ia lakukan sejak anaknya masih bayi, dengan cara membiasakan mereka tidur sendiri di box bayi. Box bayinya tentu masih di dalam kamar yang sama dengan orang tua ya Moms. Supaya memudahkan Moms ketika bayi terbangun malam hari.

Advertisement

2. Saat anak berusia kurang lebih 2 tahun, mulailah membiasakan anak untuk tidur di kasurnya sendiri

| Credit photo via Instagram @herviza via www.instagram.com

Tahap berikutnya, Herfiza mulai melatih anak-anaknya tidur dikasurnya sendiri. “Setelah usia kurang lebih 2 tahun, mereka sudah bisa berjalan dan sudah bisa turun dari kasur, baru aku mulai ajarkan untuk tidur di kasur sendiri memakai kasur anak tapi masih satu kamar dengan aku.” Tulis ibu empat anak ini pada foto unggahannya.

Jangan terburu-buru memaksakan anak tidur di kamarnya sendiri ya, Moms. Di usia 2 tahun ini anak masih sering bangun tangeh malam dan butuh rasa aman. Jadi, meski tidur di kasur sendiri, Moms bisa meletakkan kasur anak di kamar Moms. Seperti yang dilakukan Herfiza dan Ricky untuk melatih anaknya tidur sendiri secara bertahap.

“Kami pakai kasur anak yang simple dan tidak terlalu besar, agar tidak memakan tempat di dalam kamar kami.” Imbuh Herfiza

Advertisement

3. Di usia 4 tahun, anak bisa mulai dilatih untuk tidur di kamarnya sendiri. Di usia ini anak sudah bisa mengendalikan rasa takut atau panik ketika bangun tengah malam sendirian

| Credit photo via Instagram @herviza via www.instagram.com

Saat itur nggak jarang anak terbangun di tengah malam dan merasa takut jika ia sendirian. Nah, menurut Herfiza di usia 4 tahun anak sudah bisa membuka pintu dan naik turun tangga sendiri. Selain itu anak juga sudah paham letak kamar orangtuanya. Jadi cukup aman ya Moms, kalau di usia ini anak sudah dibiasakan tidur di kamarnya sendiri.

“Biasanya, usia 4 tahun ke atas mereka malah senang punya kamar dan kasur sendiri karena bisa taruh mainan dan barang-barang mereka sendiri.” Tutur Herfiza. Hal ini juga bisa Moms manfaatkan untuk menarik minat anak supaya mau tidur sendiri.

4. Libatkan anak dalam memilih seprai, lampu tidur dan dalam hal merawat kamar. Supaya Anak punya rasa memiliki kamar tersebut dan bisa belajar tanggung jawab

Selain membiasakan tidur sendiri, Herfiza dan Ricky juga melibatkan anak  untuk menentukan warna dan motif seprei, lampu tidur dan aksesoris lain yang dibutuhkan. Herfiza bahkan melatih anak-anaknya untuk merapikan sendiri tempat tidur, membuka gorden, dan mematikan lampu setiap pagi. Hal ini dilakukan supaya anak bisa belajar bertanggung jawab dan punya rasa memiliki terhadap barang-barang mereka sendiri.

Nah, kalau Moms punya kesulitan melatih anak tidur sendiri, Moms bisa ikuti tips ala Herfiza ini ya. Selain melatih anak mandiri, tidur sendiri juga melatih mereka untuk percaya diri, lebih berani dan bertanggung jawab.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE