3 Efek Samping Vaksin yang Mungkin Dialami Ibu Menyusui. Ini Cara Mengatasinya!

Efek samping vaksin untuk busui

Vaksinasi dilakukan untuk meminimalisir tertularnya COVID-19. Di Indonesia, pemberian vaksin juga sudah mulai merata. Pemerintah juga telah menyetujui dan memberikan anjuran vaksinasi kepada ibu hamil maupun ibu menyusui. Meski sudah dinyatakan aman, namun masih ada yang ragu untuk melakukan vaksin khususnya bagi Moms yang sedang menyusui. Hal ini semacam ada kekhawatiran bagaimana efeknya untuk bayi yang disusui tersebut.

Advertisement

Berkaca dari mereka yang sudah lebih dulu divaksin, efek samping setelah vaksinasi tentunya juga ada. Bagi ibu menyusui nantinya juga akan mengalai efek samping. Akan tetapi, Moms nggak perlu khawatir karena vaksinasi COVID-19 untuk ibu menyusui sudah dipastikan aman dan efeknya juga ringan. Vaksin yang diberikan pada Moms yang sedang menyusui juga tidak akan berdampak pada si bayi.

Meskipun sudah dipastikan aman, ada baiknya jika Moms yang saat ini sedang menyusui konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal ini untuk mengetahui apakah tubuh Moms sudah siap menerima vaskin atau belum. Moms juga harus tahu, berikut efek samping pasca vaksin untuk ibu menyusui;

1.Mengalami sakit kepala. Sakit kepala yang dialami hanya bersifat ringan sehingga Moms tak perlu panik

Photo by Bermix Studio on Unsplash

Adalah hal yang wajar jika tubuh akan mengalami reaksi setelah dilakukan vaksinaksi. Pada ibu menyusui, mungkin efek yang dialami adalah sakit kepala, gejala flu, nyeri tubuh dan otot. Efek lain, Moms juga akan mengalami masalah pencernaan. Untuk mengatasinya, Moms bisa konsultasi ke dokter. Biasanya akan diberi paracetamol. Selain itu juga harus mengonsumsi air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi.

Advertisement

2.Merasa lemas. Reaksi setelah vaksin berbeda-beda bahkan ada yang merasa lemas namun hal ini wajar

Photo by Juan Encalada on Unsplash

Buat para Moms yang sedang menyusui dan akan diberi vaksin, maka efek setelahnya bisa merasa lemas. Hal ini wajar karena reaksi tubuh saat menerima vaksin itu berbeda-beda. Untuk mengatasinya, Moms bisa meminta suami atau saudara untuk mengantarkan vaksin.

3.Bayi akan mengalami pilek setelah minum ASI dari ibu yang diberi vaksin

Photo by Michal Bar Haim on Unsplash

Apa yang dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui biasanya juga akan dirasakan bayi. Seperti halnya setelah vaksin, biasanya bayi akan mengalami pilek. Akan tetapi efeknya juga ringan dan bisa diatasi dengan mudah. Cara mengatasinya adalah jangan terlalu panik karena memang wajar kok, Moms. Namun jika tidak bisa mengatasinya sendiri, Moms bisa konsultasi dokter.

Advertisement

Yang paling penting untuk diketahui adalah, bahwa ibu menyusui yang telah divaksin juga boleh memompa ASI. Menunda untuk memompa ASI atau menyusui bahkan setelah vaksin hanya akan berisiko mastitis pada ibu menyusui. Meski begitu,  efek samping vaksin untuk ibu menyusui ini tergolong ringan kok, Moms.

Buat Moms yang sedang menyusui dan belum divaksin, sebaiknya jangan termakan oleh berita yang belum pasti. Jangan ragu untuk mendaftarkan dan menerima layanan vaksinasi untuk ibu menyusui. Semoga bermanfaat ya Moms!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE