Viral Bentuk Perut Bumil yang Lonjong. Simak Fakta Lengkap dan Penjelasan Medisnya!

Fakta bentuk perut bumil

Beberapa waktu lalu sempat viral foto dan video di media sosial yang memuat perjuangan bumil dengan bentuk perut lonjong ke depan. Postingan ini menuai banyak komentar dari warganet mulai dari ungkapan takjub, hingga anggapan tentang jenis kelamin janinnya. Perihal bentuk perut yang dianggap sebagai pertanda jenis kelamin, memang sering kita dengar. Apakah Moms pernah mendengar fakta bentuk perut bumil bisa menentukan jenis kelamin?

Advertisement

Bentuk perut bumil yang dikaitkan dengan jenis kelamin janin nggak cuma terjadi di Indonesia aja, lo. Anggapan ini juga terjadi diberbagai negera lainnya. Beberapa selebritis tanah air pun sering mengunggah foto kehamilan mereka yang memperlihatkan bentuk perut dan mengaitkannya dengan jenis kelamin. Hmm, apakah Moms juga menganggap demikan? Tenang Moms, Hipwee punya penjelasan tentang fakta bentuk perut bumil dari para ahli, yuk simak!

Bentuk perut bumil lonjong ke depan biasanya dikaitkan dengan jenis kelamin bayi laki-laki dan perut yang bulat melebar biasanya dianggap jenis kelamin bayinya perempuan

Ternyata anggapan yang sudah lumrah di masyarakat ini hanyalah mitos, ya Moms. Dilansir dari Healthline, bentuk dan ukurat perut saat mengandung tidak menentukan jenis kelamin bayi yang dikandung. Banyak sekali faktor yang menentukan bentuk dan ukuran perut bumil. Namun, nggak ada tuh salah satu faktornya dari jenis kelamin bayi.

Terkait hal ini, dilansir dari Hai Bunda, Leo Doherty, M.D., ahli endokrinologi reproduksi mengatakan belum ada penelitian yang bisa membuktikan bahwa bentuk dan ukuran perut bumil bisa menentukan jenis kelamin bayi. Menurut Doherty, sering kali bumi senang mendengar hal-hal seperti menebak jenis kelamin, jadi wajar jika hal ini menjadi anggapan yang banyak dipercayai orang.

Advertisement

Posisi janin, berat dan tinggi badan janin berpengaruh pada bentuk perut bumil, apalagi ketika mendekati kelahiran

Posisi dan berat janin berpengaruh ke bentuk dan ukuran perut bumil | Photo by Helena Lopes via www.pexels.com

Pada usia minggu ke-32, janin biasanya mulai bergerak secara teratur, sehingga perubahan bentuk perut sangat mungkin terjadi. Jika posisi janin menyamping, perut Moms akan terlihat mebar. Jika posisi janin sungsang atau kepala berada tepat di bawah tulang rusuk, makan bentuk perut Moms akan menonjol ke depat dan nampak segikit tinggi.

Apalagi jika dekat dengan waktu kelahiran, biasanya perut akan terlihat lebih menonjol. Selain itu berat dan tinggi janin pun menjadi faktor bentuk dan ukuran perut Moms.

Bentuk dan ukuran perut Moms saat hamil juga dipengaruhi oleh keelastisan kulit dan otot perut

Advertisement

Moms yang rajin berolahraga sebelum hamil cenderung punya otot perut yang lebih kuat | Photo by Freestock via www.pexels.com

Moms yang menjalani kehamilan pertama, bentuk perutnya cenderung naik. Kondisi ini disebabkan karena elastisitas kulit perut Moms, masih baik. Setelah kehamilan pertama, keelastisitas kulit cenderung berkurang. Maka, pada kehamilan berikutnya perut Moms cenderung terlihat turun.

Dilansir dari Mother and Baby, bagi Moms yang gemar berolahraga dan tubuhnya fit kerap memiliki bentuk perut yang mengarah ke atas. Penyebabnya adalah otot perut Moms mampu menyokong uterus yang terus membesar dengan lebih baik, ketimbang Moms yang sebelumnya nggak rajin berolahraga.

Tinggi badan dan lebar pinggang Moms memengaruhi bentuk perut Moms saat hamil

Tinggi badan dan lebar pinggang Moms, juga berpengaruh ya | Photo by Jonas Kakaroto via www.pexels.com

Moms yang punya tubuh tinggi dan pinggang yang lebar cenderung memiliki bentuk perut yang lebar dan terlihat kecil. Seperti dinukil dari Mother and Baby, Moms memiliki torso yang lebih panjang, sehingga posisi janin berada lebih dalam. Sebaliknya, Moms yang bertubuh mungil, maka torsonya juga lebih kecil, seringga ruang untuk janin tidak besar. Alhasil, ketika janin bertumbuh kian membesar, ia seakan mendorong uterus ke depan, sehingga perut Moms terlihat lebih menonjol ke depan dan terlihat lebih besar.

Jenis kelamin janin dipengaruhi oleh kromosom. Laki-laki dengan kromosom X Y, sementara perempuan kromosomnya X X

Jenis kelamin dipengaruh oleh kromosom | Photo by Rene Asmussen via www.pexels.com

Jadi, kesimpulannya bentuk dan ukuran perut bumil tidak menentukan jenis kelamin janin, ya Moms. Jenis kelamin ditentukan oleh kromosom Dads yang membuahi sel telur Moms serta hormon-hormon yang memengaruhinya. Untuk mengetahui jenis kelamin janin secara akurat, Moms bisa melakukan USG sembari mengetahui kondisi kesehatan lainnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE