Saat hamil, posisi tubuh tertentu yang biasanya normal dan tidak menimbulkan masalah dapat menjadi hal yang sulit atau bahkan berbahaya untuk kehamilanmu. Salah satunya adalah posisi tidur tengkurap yang semakin sulit dilakukan dengan perut yang semakin membengkak. Gerakan lainnya adalah jongkok saat hamil, padahal hal ini juga sering dilakukan oleh ibu-ibu yang toiletnya tipe toilet jongkok.

Ternyata meskipun sedikit susah untuk dilakukan, gerakan jongkok ini memiliki sejumlah manfaat juga lo. Ketahui dulu yuk beberapa faktanya!

1. Jadi, masih ada saja pertanyaan yang muncul terkait boleh tidaknya jongkok yang lama saat seseorang sedang dalam kondisi hamil

Posisi jongkok via www.mindstood.com

Advertisement

Menurut Hellosehat, ibu yang sedang hamil boleh saja kok jongkok. Justru hal ini memiliki beberapa manfaat seperti untuk memperlancar sistem pencernaan hingga mencegah konstipasi. Dijelaskan pula bahwa menurut ahli, jongkok saat hamil bisa berfungsi sebagai latihan untuk menghadapi persalinan. Dengan kebiasaan jongkok, jalan lahir akan 20% hingga 30% lebih mudah.

2. Selain bermanfaat untuk mempermudah persalinan, ternyata dengan gerakan jongkok ini kamu bisa mendapatkan manfaat yang lain juga lo

Mengurangi sakit punggung via www.babycenter.com

Dilansir dari The Asian Parent, dengan melakukan gerakan ini kamu bisa mencegah mengalami sakit punggung dan panggul bahkan bokongmu bisa semakin terbentuk. Miss V juga bisa menjadi lebih fleksibel dan kuat sehingga risiko terjadinya kerusakan pada bagian ini akan berkurang. Gerakan jongkok ini juga dapat menjadi olahraga paling bermanfaat untuk melatih otot perut dan paha dalam mempersiapkan persalinan.

3. Meskipun jongkok memiliki berbagai manfaat, kamu juga perlu hati-hati saat melakukannya. Jika sembarangan justru berbahaya

Hati-hati berbahaya via myweightwatchersrecipes.club

Untuk mengurangi risiko tergelincir kamu perlu menggunakan alas kaki yang tidak licin, termasuk saat menggunakan toilet. Pastikan juga saat akan menggunakannya, toilet dalam keadaan yang bersih. Saat akan berdiri dari posisi jongkok, kemungkinan kamu akan mengalami rasa pusing. Untuk menghindarinya kamu bisa berdiri secara perlahan-lahan. Jika setelah jongkok kamu merasa lelah, pusing, atau sakit, kamu bisa memperiksakan diri ke dokter.

4. Ternyata tidak semua ibu hamil disarankan melakukan gerakan ini lo, ada beberapa kondisi yang sebaiknya tak dipaksa

Hati-hati jika sungsang via jabar.tribunnews.com

Advertisement

Jika kamu memiliki calon bayi dengan keadaan sungsang dan usia kehamilanmu masuk ke minggu ke-30, kamu tidak diperbolehkan jongkok karena bayi akan sulit kembali ke posisi normal. Jika saat pertama melakukan gerakan jongkok kamu merasa nyeri, sebaiknya hal ini dihentikan. Kamu juga bisa latihan lagi secara perlahan-lahan nantinya agar otot semakin kuat. Pun jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, ada baiknya kamu berkonsultasi dahulu dengan dokter.

Jongkok saat hamil merupakan hal yang relatif mudah untuk dilakukan. Jika sudah mengetahui manfaatnya, tak ada salahnya kamu mencoba, tetapi jangan lupakan juga beberapa hal yang harus diperhatikan termasuk apakah kamu memiliki kondisi tertentu yang membuatmu tak bisa melakukan hal ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya