Siapa mau tampil awet muda sampai tua? Hipwee yakin deh, kamu yang sedang membaca tulisan ini diam-diam mengamini dalam hati, ingin tampil bak remaja sampai lanjut usia nanti. Ya habis siapa sih yang nggak kesal, masih kepala dua tapi kesana kemari sudah dipanggil Ibu apalagi Bunda? Hehe.

Ada yang bilang, berkeluarga dan melahirkan anak itu bikin cepat tua. Makanya yang tua tapi kelihatan muda itu pasti (katanya) kelihatan jauh lebih muda daripada yang sudah melahirkan anak. Itu kata warganet lo, yang suka ‘terpicu amarah’ kalau ada media yang angkat ibu muda yang tetap kencang meski sudah punya anak.

Advertisement

Padahal bisa jadi, di balik foto indah seksi aduhai itu ada banyak proses yang harus para ibu kencang nan seksi itu lakukan. Sebelum kamu nyinyir lagi bilang ‘ah masa’, yuk kenalan dulu sama ibu beranak 7, Jessica Enslow yang kerap membagikan foto bahagia bersama keluarga di akun Instagram pribadinya. Melalui akunnya tersebut, wanita kelahiran tahun 1974 ini terlihat begitu bugar, kencang dan awet muda. Kira-kira apa sih rahasianya bisa begitu? Mari kita duduk baik-baik, nikmati foto dan mengurai kenapa awet muda itu nggak mustahil meski sudah melahirkan anak~

1.  Jessica Enslow adalah seorang ibu 7 anak, yang bermukim di Utah, Amerika Serikat. Di akun Instagram pribadi dia kerap terlihat membagikan foto-fotonya bersama keluarga besarnya

Keluarga dengan 7 anak via www.instagram.com

2. Ibu ini melahirkan 4 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Anak tertuanya sudah berusia 24 tahun yang lahir pada tahun 1994 lalu~ Hayo, kamu pasti kesulitan kan membedakan sang ibu dari anak-anaknya karena sosoknya yang terlalu awet muda?

Lihat postingan ini di Instagram

How far apart are your kids?! My closest were @alyssa_kimber and @codyenslow at 17 months apart. That was HARD! Two in diapers, one climbing into everything, the other totally depending on me. 😅 On the other hand, having kids far apart can be hard too! When I had my 5th baby @lincolnenslow my next youngest child @laurenenslow was 7 1/2 years old. All of my older kids were potty trained and in school, but when I got remarried, my hubby didn’t have any children. We decided to add a few little #gingers to the pack! ♥👨🏼‍🦰👩🏻‍🦰👨🏼‍🦰 (k @instagram could we not have #redhair emojis for kids and babies too?!) Anyway, back to my point. I was literally starting from scratch. All the diapers, feedings, lack of sleep… you get the idea. I’m finally starting to feel that little sense of relief again! It’s been a crazy long ride, but now I can’t imagine my life without a single one of them! ♥ PC: @spencerryanphoto

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jessica Enslow (@jessicaenslow) pada

3.Dalam unggahannya di akun Instagram pribadinya, Jessica terang-terangan mengungkapkan sulitnya dia mengembalikan tubuh fitnya setelah melahirkan. Dalam unggahannya berikut, dia butuh waktu bertahun-tahun berjuang membuat tubuhnya fit dan prima kembali

Lihat postingan ini di Instagram

PREGNANCY TRANSFORMATIONS COUNT! 🤰🏻🤱🏻One thing that really makes me shake my head is when someone comments that it isn’t fair to compare a pregnant or new mother’s body to whatever transformation she may have achieved at a distant time in the future. Maybe for some women their bodies bounce right back, but I can say for me, that it didn’t 🙅🏻‍♀️It took work; consistent (sometime hard) work over the last 24 years since giving birth to my first baby. It usually took me a full year to feel like my body was getting back to normal. Then there’s all the fatigue and emotional/hormonal changes. 😭 I’ve experienced weight gain related and unrelated to pregnancy. They BOTH can be challenging! I don’t ever want new moms to think that if they haven’t bounced right back in a few months after giving birth that they have failed or that they can’t ever get fit again if they want to. If you’re nursing, it isn’t even healthy to restrict calories or exercise too much! Heck, it wasn’t healthy for me 4 years postpartum when I over trained and neglected getting the proper nutrients! So ladies, let’s lift each other up and NOT tear each other down. Let’s support each other as women as much as we can & if we can’t then can we at least just 🤐🙏🏼 Happy New Year mamas! Let’s go after our goals and stay positive! 🙌🏼💕

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jessica Enslow (@jessicaenslow) pada

4. Jessica kerap membagikan pandangannya realistis tentang sosok ibu pasca melahirkan. Menurutnya tak adil menuntut sosok ibu pasca melahirkan tampil sempurna ke bentuk awalnya karena baginya, perjuangannya sendiri panjang dan keras sekali~

Transformasinya butuh waktu yang panjang via www.instagram.com

Advertisement

Menurut Jessica, usaha keras untuk menjalani gaya hidup sehat dan aktif jadi satu-satunya kunci tubuh fit dan kencang seperti yang kini ia dapatkan. Nah lo, yang bermimpi bisa langsing dan berotot instan ya jelas hanya mimpi kalau nggak ada aksi~

5. Beruntung bagi para ibu yang bisa lekas kembali ke bentuk asli tubuh mereka tanpa banyak usaha karena nggak semua bisa demikian. Jessica mengaku, untuk bisa bertransformasi lebih sehat, yang pertama diubah adalah mentalnya dulu dan baru yang lain akan mengikuti

Beda kan sekarang? via www.instagram.com

Dalam unggahannya, Jessica membagikan beratnya perjuangan menjalani kehidupan sebagai ibu muda. Butuh dukungan positif penuh untuk dapat bertahan dari segala macam perubahan, tuntutan sebagai orang dewasa yang sudah berkeluarga dan gejolak emosional yang melanda. Beryukur dia mendapat dukungan penuh dari sang suami yang membantunya mendapat lingkungan yang baik. Ugh, ini nih yang kerap terlupakan orang!

6. Resep fit dan awet mudanya ternyata sederhana, hanya konsisten menjalani gaya hidup sehat, makan makanan bernutrisi dan rajin berolahraga sampai berpikir positif dan bahagia jadi satu-satunya kunci. Nah, tinggal kamu mau berusaha atau nggak untuk meraihnya?

Awet muda kan~ via www.instagram.com

7. Lihat deh, ibu dan anak-anak perempuannya ini bak teman sebaya. Keren ya?

Seru banget kan kalau bisa begini sama anak-anakmu nanti? via www.instagram.com

8. Yang bertanya-tanya, ini anaknya semua apa bukan…yap, ini anak Jessica semua. Suaminya sekarang adalah suami kedua, dan Jessica sudah punya 4 anak dari suami terdahulunya dan 3 berikutnya ini adalah anak dari suaminya sekarang

Jessica dan keluarganya via www.instagram.com

Dan Jessica mengungkapkan hal ini dengan jujur di akun Instagramnya. Intinya sih doi nggak mau ambil pusing dengan kata orang dan lebih menikmati kehidupannya yang sekarang. Bahagia itu kunci awet muda juga lo~

9. Jessica dan anak-anaknya suka berolahraga bersama. Salah satunya ya berdansa seperti ini. Seru!

Asyik banget ya~ via www.instagram.com

10. Jessica kerap terlihat berfoto dengan tema-tema lucu bersama anak-anaknya. Misalnya nih berfoto dengan properti lucu dan busana kompak seperti ini. Unch!

Gemas banget ya? via www.instagram.com

11. Selain menjaga gaya hidup sehat, bergumul dengan 7 anak dengan gap umur yang sangat jauh ini pun tantangan luar biasa bagi Jessica. Sekali lagi, Mama tangguh ini buktikan dia tak menyerah dan keadaaan. Keren!

Lihat postingan ini di Instagram

FAQ: How do I handle having SEVEN children? I can tell you that back when I had just two kids I felt more overwhelmed than I do now. My first two were only 17 months apart. 😅😅 That means I had two kids in diapers at the same time, two kids that I couldn’t be diplomatic with whatsoever, & I was completely new to parenting, so everything was a huge shock to my system!🤯 Like, how do you get your kid to STOP taking everything out of your cabinets for the 50th time???!!!! 😩 Don’t think that just because you have one or two or three children that you don’t have it as challenging as people with more children. Now, I have older kids to help, a great support system from my spouse & family as well as some experience under my belt! I admit, I totally use electronic devices & TV to occupy their time 😬🙈 But, yes, it’s busy. It can be physically & emotionally exhausting. All parenting can! The toddler years & the teenage years are both hard. Just a different kind of hard. But ultimately, I wouldn’t change it for the world! It’s the most rewarding thing I’ve experienced! ♥ * * #familiesareforever #familyday #family1st #momsofig #postpartumfitness #fitover40 #blendedfamily #momswhoworkout #momofmany #nowandforever #nowandthen #thenandnow #beforeandafterweightloss #igmotherhood #motherhoodinspired #summertimefun #familypicture #familysession #utahblogger #transformations #lovemyfamily❤ #fitnessfamily #eternallove #flashesofdelight #fitspirational #familygoals #mombod #bodytransformation #bopowarrior #fitmama

Sebuah kiriman dibagikan oleh Jessica Enslow (@jessicaenslow) pada

Jadi intinya, nggak semua yang kita lihat bersinar, indah dan keren di media sosial itu didapatkan dengan mudah. Tentu butuh usaha keras dan konsistensi dalam jangka waktu yang panjang. Orang-orang toh nanti hanya akan menikmati hasilnya dari foto-foto transformasi yang ada. Bagi ibu-ibu yang masih berjuang, semangat terus ya! Buat ibu-ibu lain, stop membandingkan dan memberikan komentar jahat. Masing-masing orang punya waktunya sendiri kan? Hasil nggak akan pernah mengkhianati usaha bagi yang sungguh-sungguh hidup sehat dan selalu positif.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya