Yuk Kenali 6 Jenis Tanda Lahir yang Umum pada Bayi ini! Hati-hati, Ada yang Berbahaya lo

jenis tanda lahir

Jika kamu amati, kamu mungkin akan menyaksikan beberapa bayi memiliki bercak berwarna hitam atau kecoklatan yang ada di beberapa bagian tubuhnya, entah yang terlihat seperti di wajah atau di bagian tersembunyi seperti punggung hingga bokongnya. Nah, jika kamu cermati lebih teliti lagi, beberapa tanda lahir ini memiliki ciri-ciri yang berbeda dan ternyata namanya pun berbeda lo.

Advertisement

Jika kamu mengira tanda lahir ini juga merupakan sebuah tanda bahaya, kamu tak perlu panik dulu sebab beberapa di antaranya akan menghilang saat usia si kecil sudah masuk 3 tahun. Agar wawasanmu bertambah, kita simak yuk apa saja jenis tanda lahir yang umum ditemukan pada bayi!

1. Salah satu tanda lahir yang biasa ditemukan adalah Hemangioma. Tanda ini bisa muncul di mana saja, meskipun hanya sering ditemui di beberapa tempat

Hemangioma/ Credit: Mother and Baby via www.motherandbaby.co.id

Dilansir dari Hello Sehat, tanda lahir yang satu ini berasal dari sel-sel penyusun pembuluh darah dan biasanya sudah muncul sejak dalam kandungan. Walau bisa ditemukan di mana saja, tanda ini biasanya ditemui di belakang leher, kelopak mata, atau dahi. Tanda ini diawali dengan bintik merah kemudian menjadi benjolan keunguan dan akan memudar seiring berjalannya waktu.

2. Jika tanda lahir sebelumnya bisa memudar, tanda lahir bernama Port Wine Stain akan sulit hilang, ciri-cirinya berwana ungu atau merah terang

Warnanya mirip wine/ Credit: WebMD via www.webmd.com

Awalnya tanda lahir ini berwarna merah muda yang datar, kemudian warna ini akan berubah menjadi berwarna mirip minuman wine yaitu merah keunguan. Biasanya tanda ini akan muncul di daerah kepala atau wajah. Kabar buruknya tanda lahir yang satu ini ternyata tidak bisa dihilangkan. Namun, tanda ini tetap bisa kok ditutupi dengan riasan atau dihilangkan dengan tindakan medis.

3. Tahi lalat adalah hal yang paling umum ditemui bahkan pada kebanyakan orang dewasa. Ternyata hal ini bisa menjadi tanda kanker lo

Tahi lalat/ Credit: Liputan6 via www.liputan6.com

Tahi lalat bisa muncul di banyak tempat, di wajah, di lengan, di punggung, bahkan di manapun. Ukurannya pun juga beragam, mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar, beberapa di antaranya ada yang timbul juga. Mungkin kamu tak khawatir karena tanda lahir ini dimiliki oleh banyak orang, namun kamu juga perlu berhati-hati jika tampak adanya perubahan dengan tahi lalatmu karena bisa jadi hal tersebut merupakan sebuah gejala kanker.

4. Tanda yang satu ini sesuai dengan namanya yaitu Cafe Au Lait yang memiliki warna cokelat seperti kopi susu

Cafe au lait/ Credit: Dermatology Advisor via www.dermatologyadvisor.com

Mungkin kamu lebih akrab menyebutnya sebagai ‘tompel’. Tanda lahir yang satu ini bersifat datar dan tidak timbul, bentuknya pun biasanya bermacam-macam. Kamu bisa menemuinya di bagian pinggang, perut, tangan, dan kaki. Jika dirasa mengganggu dan ingin menghilangkannya, kamu perlu melakukan tindakan medis.

5. Tanda yang tidak asing lainnya yang bisa ditemui pada bayi adalah Mongolian Spot, yaitu bercak berwarna biru kehitaman

Mongolian spot/ Credit: Hipwee via www.hipwee.com

Bercak ini memiliki berbagai ukuran yang biasanya ditemukan pada bagian tubuh bayi yang tersembunyi seperti pada bahu, punggung, hingga bokong, namun juga bisa ditemui di tangan maupun di kaki. Bercak ini biasanya sudah mulai muncul saat bayi dilahirkan meskipun beberapa akan muncul beberapa waktu kemudian.

Advertisement

6. Sesuai dengan namanya, Spider Birthmark juga merupakan tanda lahir yang memiliki bentuk seperti sarang laba-laba

Spider birthmark/ Credit: Science Photo via www.sciencephoto.com

Kondisi ini disebabkan oleh kumpulan pembuluh darah kecil yang terlihat di permukaan kulit dan berbentuk seperti sarang laba-laba. Ternyata hal ini memiliki penyebab seperti cedera, adanya paparan sinar matahari, perubahan hormon, atau gangguan pada hati. Sehingga hal ini bisa digunakan sebagai tanda adanya gangguan medis.

Nah, itu dia beberapa tanda yang mungkin kamu lihat tapi belum terlalu tahu apakah tanda lahir tersebut berbahaya atau umum terjadi pada bayi. Jika kamu menemukan kejanggalan, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis anak ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE