Bumil, Jangan Takut Ngemil! Ini 7 Jenis Kacang Buat Camilan Sehat Selama Kehamilan

kacang sehat untuk kehamilan

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan sumber protein yang baik untuk memenuhi nutrisi harian ibu hamil. Dilansir dari European Journal of Epidemiology, kacang dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada bayi selama kehamilan. Kandungan asam folat dan asam lemak esensial seperti omega 3 dan omega 6 yang berperan dalam perkembangan kognitif tersebut.

Advertisement

Saat hamil di trimester pertama, kebutuhan protein ibu hamil alias bumil adalah 68 gram per hari dan akan terus meningkat seiring pertumbuhan janin. Oleh karena itu, bumil harus memperhatikan kebutuhan gizinya agar buah hati dapat lahir dengan berat badan yang ideal. Nah, kalau bumil butuh camilan, beberapa jenis kacang ini mungkin bisa jadi opsi sehat dengan catatan, sang ibu nggak punya riwayat alergi kacang-kacangan. Yuk, simak jenis-jenis kacang apa aja yang baik untuk camilan bumil~

1. Yang pertama ada kacang almond yang nggak cuma terkenal lezat tapi juga punya segudang manfaat~

Kacang almond/Credit: Pexels via www.pexels.com

Kacang almond memiliki kandungan serat, asam folat, dan juga vitamin E yang baik untuk pertumbuhan janin. Almond dapat dikonsumsi dengan cara dipanggang, dimakan langsung, atau dalam bentuk susu. Kacang almond diketahui baik untuk perkembangan otak dan sistem saraf pada bayi.

Menurut The Asian Parent Indonesia, kacang almond juga diketahui mengandung karbohidrat dan lemak baik yang dapat membantu metabolisme tubuh selama kehamilan. Sedangkan kandungan vitamin E dan seng dalam almond mampu menghindarkan bayi dari penyakit asma. Selain untuk bayi, asam lemak omega 3 dalam almond juga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

Advertisement

2. Berikutnya ada pistachio. Enak banget nih kalau dicampurin sama frozen yoghurt~

Kacang pistachio/Credit: Pexels via www.pexels.com

Salah satu kacang yang berasal dari Asia Tengah ini memiliki kandungan yang tak kalah dengan kacang almond. Memiliki kandungan vitamin B6 membuat kacang pistachio mampu membantu mengatur gula darah dan pembentukan hemoglobin. Nutrisi lain yang dibutuhkan selama kehamilan juga terdapat dalam kacang ini, seperti kalium, kalsium, asam folat, hingga zat besi. Pistachio juga terkenal dengan kandungan kalorinya yang rendah, maka dari itu kacang ini baik untuk menjaga berat badan selama kehamilan.

3. Ada juga kacang kenari. Mungkin kurang umum di Indonesia ya, padahal gizinya oke banget!

Kenari/Credit: Pexels via www.pexels.com

Kacang kenari yang lebih dikenal dengan istilah kacang walnut, kaya akan kandungan asam lemak omega 3, sumber protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan antioksidan pada kacang kenari dapat membantu ibu hamil mengurangi rasa stres selama kehamilan. Antioksidannya yang tinggi seperti polifenol juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil agar tidak mudah terserang penyakit selama masa kehamilan.

4. Kacang edamame bisa jadi opsi camilan kacang murah meriah dan banyak manfaat buat ibu hamil

Edamame/Credit: Pexels via www.pexels.com

Edamame merupakan kacang-kacangan yang termasuk jenis kedelai yang dipanen saat bijinya belum sepenuhnya matang. Meskipun begitu, kacang ini kaya akan folat, zat besi, dan kalsium yang baik untuk perkembangan janin. Edamame dapat dinikmati setelah direbus atau ditambahkan dalam sup dan masakan lainnya. Kandungan kalsium dapat membantu kesehatan tulang dan dapat mencegah osteoporosis  bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat.

Advertisement

5. Bukan cuma enak buat jadi tambahan di atas kue-kue kering, ternyata mete juga bermanfaat banget buat dicamil ibu selama hamil

Kacang mete/Credit: Pexels via www.pexels.com

Kacang yang sangat populer dengan rasanya yang gurih ini ternyata juga memiliki nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Seperti kacang lainnya, kacang mete merupakan salah satu sumber asam lemak omega 3 dan 6 yang baik untuk perkembangan otak pada janin. Dilansir dari Klikdokter, segenggam kacang mete dapat membantu membangun sel-sel baru serta mengganti sel-sel lama yang rusak.

6. Nah, kalau kacang hijau pasti sudah populer banget nih di kalangan ibu hamil dan menyusui

Kacang hijau/Credit: The Asian Parent via id.theasianparent.com

Kacang hijau merupakan kacang yang terkenal dengan berbagai olahannya, seperti bubur kacang hijau, es kacang hijau, dan puding. Tak hanya enak di lidah, kacang hijau memiliki kandungan akan vitamin dan mineralnya seperti asam folat, serat, dan protein. Jenis kacang ini baik dikonsumsi selama kehamilan untuk menghindari cacat lahir pada bayi.

7. Terakhir ada kacang tanah yang harganya murah meriah lezat dan nggak kalah bermanfaat dibanding saudara-saudara kacangnya yang lain

Kacang tanah/Credit: Pexels via www.pexels.com

Kacang tanah memiliki kandungan tiptofan berupa asam amino esensial yang merangsang produksi hormon serotonin dalam tubuh. Hormon inilah yang membuat ibu hamil mencegah dan mengatasi stres saat hamil. Selain itu, mengkonsumsi dalam jumlah yang cukup dapat mencegah faktor resiko preeklampsia. Yaitu gangguan kehamilan yang ditandai oleh tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi.

Nah, itu dia 7 jenis kacang yang aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Tetapi, ingat ya, Moms, konsumsi dengan jumlah yang secukupnya. Semua yang berlebihan akan mengakibatkan efek samping yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk konsultasikan terlebih dulu dengan dokter kandungan sebelum ingin rutin mengonsumsinya. Semoga sehat selalu ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE