9 Rekomendasi Kado untuk Bayi di Bawah Rp200 Ribu. Nggak Mubazir dan Tahan Lama

Kado untuk bayi

Apakah kamu sudah di umur di mana banyak sahabatmu yang melahirkan bayi di waktu yang hampir bersamaan? Pastinya ikut happy dan excited punya keponakan baru, walaupun nggak sedarah. Banyak juga yang akhirnya mengalami dilema yang satu ini: kehabisan ide memilih kado! Terlebih lagi buat yang belum punya anak sendiri, jadi semakin bingung memilih barang-barang yang tepat guna dan nggak bakal mubazir.

Advertisement

Sebelum membelikan kado, kita perlu mempertimbangkan fungsi barangnya dengan baik. Usahakan untuk memilih barang yang bisa dipakai dalam waktu lama. Nggak hanya beberapa bulan aja, tetapi bisa beberapa tahun. Jadi nggak mubazir deh! Lumayan, bisa membantu sang ibu untuk berhemat dan nggak terus-menerus beli barang lagi. Supaya bisa dapat gambaran lebih jelas, yuk simak rekomendasi berbagai kado untuk bayi.

1. Gendongan bayi bisa dipakai dalam waktu yang cukup lama. Bagus nih dijadikan hadiah, apalagi bisa berfungsi sebagai apron

Gendongan bayi via www.tokopedia.com

Sekarang banyak gendongan bayi dengan model yang lebih praktis dan modern. Cara pakainya gampang sehingga menghemat waktu. Apalagi gendongan ini bisa jadi apron yang menutupi sang ibu saat menyusui bayi. Wah, dua fungsi nih! Harganya mulai dari Rp100 ribuan aja kok. Pilih gendongan yang bisa mengangkat beban maksimal 15 kg sehingga bisa jadi kado untuk bayi umur 4 bulan sampai beberapa tahun! Contohnya kayak produk seperti ini.

2. Sebagai alternatif popok sekali pakai, kamu bisa memberi popok kain yang bisa dicuci. Bisa dipakai berkali-kali deh!

Popok kain via www.tokopedia.com

Popok sekali pakai memang praktis, tetapi menghasilkan banyak sekali sampah. Jadi alternatifnya adalah popok kain yang bisa dicuci dan dipakai lagi berkali-kali. Popok ini terbuat dari bahan yang lembut dan dilengkapi kancing serta perekat. Ada pula lapisan dalam untuk menyerap cairan. Harganya terjangkau lo, nggak sampai Rp50 ribuan! Pilihlah popok yang bisa tahan bocor selama 4-5 jam supaya nggak perlu keseringan ganti. Kalau tertarik, bisa dicek di sini.

3. Sebagai pengganti ember mandi biasa, kita bisa memberi baby bath tub yang terbuat dari karet. Lebih nyaman nih buat bayi

Baby bath tub via www.tokopedia.com

Saat menggunakan ember mandi dari plastik, bayi bisa merasa pegal atau sakit karena tertekan sudut-sudut embernya. Masalah itu nggak bakal dialami kalau memakai baby bath tub yang terbuat dari karet. Tinggal dipompa aja, jadi deh bak mandi yang empuk. Desainnya juga menarik dan gampang dibersihkan. Sedangkan harganya mulai dari Rp100 ribuan. Pilih ukuran yang cukup besar sehingga bisa dipakai sampai anak berusia 2 tahun. Klik aja di sini untuk lihat contohnya.

4. Selimut bayi dengan desain topi bisa membuatnya tetap hangat. Karena lebar, bisa dipakai cukup lama nih~

Selimut bayi via www.tokopedia.com

Supaya bayi tetap hangat di rumah atau saat diajak jalan-jalan, tentu butuh selimut. Ada model selimut yang sudah dilengkapi dengan hoodie atau penutup kepala. Jadi makin hemat deh! Apalagi warna dan motifnya juga bermacam-macam. Harganya pun relatif murah, rata-rata sekitar Rp30 ribu. Pilih selimut dari kain yang lembut sehingga nyaman dipakai. Pertimbangkan juga ukuran yang tersedia. Selimut berukuran sekitar 1 meter bisa menjadi kado untuk bayi 3 bulan sampai 1-2 tahun tahun.

5. Kamu juga bisa membelikan baby playmat atau alas main bayi. Sudah dilengkapi dengan berbagai mainan yang menarik!

Playmat untuk bayi via www.tokopedia.com

Bingung memilih mainan untuk bayi? Supaya bisa langsung dapat banyak mainan, beli aja playmat yang sudah satu set. Terdiri dari alas untuk duduk atau tidur, beberapa mainan lucu yang digantung, serta alat musik. Bisa sekalian mengasah kepintarannya nih! Playmat seperti ini dijual dengan harga mulai dari Rp100 ribu dan cocok dijadikan kado untuk bayi 1 tahun, bahkan yang usianya masih beberapa bulan sekalipun.

Advertisement

6. Mau hadiah yang simpel dan pasti berguna? Berikan aja handuk bayi, bisa dipakai terus setelah mandi

Handuk bayi via www.tokopedia.com

Sehabis mandi, bayi pasti butuh handuk untuk mengeringkan badannya. Jadi handuk bisa jadi kado untuk bayi 1 bulan yang tepat. Bisa dipakai sampai lama pula! Apalagi ada berbagai motif, bahan, dan ukuran yang bisa dipilih. Harganya pun relatif murah, rata-rata Rp30 ribu hingga Rp50 ribu. Pilihlah handuk yang terbuat dari kain katun premium supaya nyaman dipakai. Biasanya ukuran yang tersedia juga beragam tergantung kebutuhan.

7. Supaya nggak perlu repot-repot memanaskan susu untuk bayi, berikan aja hadiah bottle warmer atau penghangat botol

Bottle warmer via shopee.co.id

Seorang ibu nggak setiap saat bisa menyusui bayinya secara langsung. Terkadang mereka harus menggunakan stok ASI yang disimpan di kulkas atau susu formula. Supaya susunya hangat sebelum diminumkan ke bayi, biasanya harus dipanaskan dulu dengan panci. Pasti lebih praktis nih kalau menggunakan bottle warmer! Harganya mulai dari Rp100 ribuan. Pilih yang sekaligus bisa dijadikan sterilizer supaya lebih praktis.

8. Kalau bepergian bersama bayi, biasanya sang ibu membutuhkan diaper bag untuk membawa berbagai barang penting. Ini bisa jadi kado yang bagus untuk ibu dan bayinya

Diaper bag via www.tokopedia.com

Diaper bag atau tas khusus perlengkapan bayi berguna banget buat dibawa bepergian. Bisa diisi popok, baju ganti, mainan, botol susu, dan berbagai barang penting lainnya. Harga diaper bag mulai dari Rp100 ribuan. Supaya lebih praktis, pilih yang bisa berfungsi sebagai cooler untuk menyimpan ASI. Biasanya cooler tersebut bakal dilengkapi ice gel yang bisa mendinginkan ASI selama beberapa jam.

9. Supaya punya stok susu yang cukup, biasanya seorang ibu bakal menggunakan alat pemompa ASI. Bisa jadi hadiah yang berguna nih untuk ibu maupun bayinya

Pemompa ASI via www.tokopedia.com

Di mana pun berada, sang ibu bisa memompa ASI dengan alat khusus. Tinggal sambungkan aja ke colokan listrik atau power bank. Lalu ASI-nya disimpan untuk stok dan bisa diambil saat dibutuhkan. Nah, pasti berguna nih kalau kamu membelikan alat pemompa ASI. Apalagi bisa digunakan dalam waktu lama oleh sang ibu maupun bayinya. Harganya mulai dari Rp100 ribuan. Supaya lebih praktis, pilih alat yang mempunyai dua corong pompa sekaligus.

Itulah berbagai kado bayi yang bermanfaat sampai besar. Ternyata ada berbagai jenis ya! Supaya nggak bingung memilih, kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan sang ibu dan bujet yang tersedia. Jangan lupa bungkus hadiahnya dengan kertas kado yang cantik dan beri kartu ucapan hangat. Tentu mereka bakal senang sekali saat menerimanya! Semoga hadiah darimu bisa berguna untuk sang ibu dan bayinya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE