Dari Pagi Hingga Petang, Ini 12 Pilihan Aktivitas Seru Bersama Anak yang Bisa Dicoba!

kegiatan libur anak

Liburan akhir tahun sebentar lagi datang, walaupun misal tidak jadi ada perpanjangan namun masih ada waktu untuk menikmati long weekend bersama keluarga. Kamu mungkin sudah banyak melihat orang-orang yang bepergian namun rasanya akan lebih aman kalau bisa menghabiskan waktu bersama anak di rumah saja. Takut si kecil bosan dan cuma berakhir di depan layar doang? Tenang, ayah dan ibu bisa kok mengajaknya untuk melakukan beberapa kegiatan selama libur kali ini.

Advertisement

Tak usah takut kehabisan ide seru, kamu bisa memilih beberapa kegiatan berikut ini mulai dari bangun tidur hingga malam hari saat si kecil akan bobok lagi. Yuk simak apa saja dan pilih sesuai dengan yang paling cocok serta disukai si kecil ya!

Pagi hari adalah saat yang tepat untuk membangun mood baik si kecil, olahraga yang menyenangkan bisa dilakukan di momen ini

Bersepeda/ Credit: torwaiphoto on Freepik via www.freepik.com

Pagi hari memiliki udara yang masih segar dan cahaya matahari yang kaya akan vitamin D yang akan bermanfaat bagi si kecil. Ayah atau ibu bisa mengajaknya melakukan beberapa kegiatan berikut ini:

  • Jalan-jalan atau bersepeda di sekitar rumah saat kondisi sepi dan lingkungan aman, tetapkan juga protokol kesehatan seperti menghindari kerumunan. Jika ada tempat dengan pemandangan indah di sekitar rumah, ayah atau ibu bisa mengajaknya ke sana.
  • Jika memiliki halaman yang cukup luas, maka si kecil bisa diajak untuk bermain bulu tangkis. Permainan ini bagus lo untuk meningkatkan kemampuan motorik anak seperti melatih fokus, kekuatan kaki dan tangan, koordinasi mata dan lengan.
  • Ayah dan ibu juga bisa mengajak si kecil untuk berkebun dengan menanam bibit tanaman, kegiatan ini bisa mengasah motorik kasar juga lo yaitu mengenalkan proses dan sebab akibat.
  • Menuju makan siang, si kecil juga bisa dilibatkan untuk memasak bersama makanan yang sederhana atau favoritnya. Pastikan ia melakukan hal yang tidak berbahaya seperti menghindari potongan cabai atau minyak yang panas ya.
Advertisement

Siang hari mungkin energinya mulai berkurang dan ia juga sudah mulai merasakan bosan, saatnya permainan yang seru!

Permainan yang seru/ Credit: cottonbro on Pexels via www.pexels.com

Sebelum melakukan permainan ini, si kecil juga bisa melakukan tidur siang selama beberapa waktu untuk mengisi kembali energinya. Nah, pilihan permainan untuk membuatnya kembali antusias adalah sebagai berikut:

  • Permainan dengan pemecahan masalah seperti mencari harta karun bisa jadi pilihan seru, ayah dan ibu bisa membuat petunjuknya dengan tujuan untuk mencari barang tertentu yang disimpan di suatu tempat.
  • Jika ada cukup orang, petak umpet akan menjadi sebuah permainan sederhana yang menyenangkan untuk dilakukan. Pun, tak perlu banyak alat yang dibutuhkan.
  • Bermain air juga akan jadi hal menyenangkan yang dilakukan di siang hari, kamu bisa membuat aliran sungai buatan yang cukup panjang dengan alumunium foil. Siapkan juga kapal-kapalan dari kertas atau benda lain yang bisa digunakan untuk properti.
  • Walaupun seperti belajar namun science project juga akan menjadi kegiatan menyenangkan untuk dilakukan lo. Kamu bisa mencari beberapa tutorial untuk melakukan eksperimen sederhana yang juga bisa jadi permainan seru.

Siang hingga malam hari adalah saatnya pendinginan, kamu bisa melakukan beberapa hal yang sedikit lebih santai

Advertisement

Jenga/ Credit: Alex Green on Pexels via www.pexels.com

Walaupun takut si kecil akan bosan namun jangan lupa juga ya untuk istirahat dari melakukan berbagai kegiatan. Jika sudah siap kembali, beberapa kegiatan ini bisa kamu pilih:

  • Permainan yang bisa dilakukan sambil duduk seperti menyusun lego, bermain jenga, dan board game lainnya bisa kamu pilih.
  • Menonton film anak bersama juga bisa dilakukan, jangan lupa buat suasana seperti di bioskop sungguhan ya. Siapkan juga camilan yang bisa membuat si kecil jadi makin betah.
  • Nah, untuk menyiapkan tidurnya, kamu bisa mengajaknya untuk berkemah. Jika cuaca di luar ruangan kurang mendukung, kamu bisa kok melakukannya di rumah saja.
  • Sebagai pengantar tidur, kamu bisa membacakan dongeng atau sekadar bertukar cerita tentang apa yang dirasakannya hari ini.

Sebenarnya ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan bersama si kecil jika orang tua mau lebih kreatif. Permainan-permainan DIY juga tersedia banyak tutorialnya kok untuk ditiru. Jadi, walaupun di rumah saja si kecil tetap bisa merasakan sedang berada di tempat bermain di luar sana. Selamat berlibur, ayah bunda!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE