Cryptic Pregnancy Menimpa Seorang Ibu di Cianjur. Bisakah Melahirkan Tanpa Merasa Hamil Sebelumnya?

Kehamilan ibu di Cianjur

Kabar menggemparkan datang dari Cianjur, tepatnya di Kampung Gabungang, Desa Sukapura, Kecamatan Cidaun, Cianjur. Ya, seorang ibu berinisial SZ (25) melahirkan anak keduanya tanpa merasakan hamil sebelumnya. Ia menuturkan, ia hanya merasa kemaluannya kemasukan angin satu jam sebelumnya, lalu melahirkan seorang anak di sebuah Puskesmas desa. Meski SZ merasa kaget atas kondisinya ini, nyatanya ia telah melahirkan anaknya ini melalui proses normal dan keduanya sehat.

Advertisement

Nah, menyikapi fenomena unik ini, Hipwee YoungMom akan mencoba memaparkannya dari segi medis agar Moms bisa lebih memahaminya. Simak, ya!

Meski tergolong unik, ‘kehamilan mendadak’ ini bukan pertama kalinya terjadi di Indonesia. Ternyata, sudah ada istilah medisnya!

cryptic pregnancy

Sebelum kasus SZ, pernah ada juga ibu di Ciamis yang mengalami hal serupa. Peristiwa ini terjadi pada Januari 2021 lalu dan dialami oleh seorang ibu bernama Dedeh (33), di mana ia nggak merasakan hamil sebelumnya namun tiba-tiba saja melahirkan.

Dikemukakan oleh Dokter Obsgyn dari RS. Pondok Indah, Yassin Yanuar Mohammad, hal ini disebut sebagai cryptic pregnancy. Cryptic preganancy sendiri merupakan kondisi di mana ibu tidak merasakan hamil, bukannya tidak hamil. Kasus kehamilan cryptic ini sangatlah jarang terjadi meski bukan merupakan fenomena baru. Penyebabnya pun bisa kombinasi antara faktor fisik dan psikis.

Advertisement

Banyak faktor yang menyebabkan cryptic preganancy ini lo, Moms. Ini dia di antaranya!

  • Faktor haid yang nggak teratur. Sehingga apabila dalam satu atau dua bulan haid nggak kunjung tiba, si ibu nggak merasa ada yang aneh
  • Pada pengguna kontrasepsi, di mana kehamilan seringkali nggak disadari apabila ‘kebobolan’
  • Faktor ‘penolakan’ dalam diri ibu ketika ada perubahan-perubahan tertentu pada tubuh ibu
  • Faktor ‘penolakan’ atau denial karena merasa nggak ingin hamil, sehingga berbagai gejala kehamilan diabaikan begitu saja
  • Faktor perubahan tubuh hormonal seperti bertambahnya berat badan yang membuat beberapa bagian tubuh membesar, sehingga adanya kehamilan yang nggak disadari.

Banyak sekali hikmah yang bisa diambil dari peristiwa langka ini. Salah satunya, Moms dan Dads harus lebih peka apabila terjadi perubahan fisik yang nggak wajar

hikmahnya via www.momjunction.com

Bukan hanya si ibu, para ayah juga wajib peka apabila terjadi perubahan fisik pada tubuh ibu dan itu nggak wajar. Terlebih jika yang terjadi adalah kehamilan yang nggak disadari, akan ada banyak sekali risiko yang mungkin saja membahayakan seperti bayi terlahir kurang sempurna karena minim pemeriksaan, ibu yang tanpa sadar mengonsumsi makanan atau minuman dengan komposisi berbahaya atau risiko keguguran tiba-tiba. Untuk itu, silahkan Moms dan Dads ambil hikmah berharga dari peristiwa ini, supaya lebih berhati-hati dan waspada!

Selamat kepada Mom SZ yang telah melahirkan anak keduanya dengan selamat dan sehat. Semoga lekas pulih, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE