Meski Mahal, Ini Alasan USG 4D Makin Diminati. Wajah Bayi Terlihat Nyata!

Kelebihan USG 4D

Saat menikmati masa kehamilan seringkali membuat Moms nggak sabar untuk segera melihat si jabang bayi. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakuan cek USG. Ultrasonografi atau yang populer disebut dengan USG merupakan prosedur medis yang harus dianjurkan pada ibu hamil agar bisa melihat gambaran kondisi bagian dalam tubuh dan janin. USG sendiri juga memiliki beberapa dimensi, seperti 2D, 3D dan yang paling modern saat ini adalah USG 4D.


Sumber: RUMAH SAKIT PELITA ANUGERAH

Advertisement

USG 4D merupakan versi yang paling baru yang lebih canggih untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih jelas. Orang tua masa kini tentunya lebih menggunakan USG 4D agar wajah si jabang bayi nampak lebih jelas. Selain itu, dengan USG 4D, dokter bisa lebih detail mengamati organ janin sehingga lebih mudah untuk melihat gangguan abnormal jika memang ada. Dengan begitu, dokter akan lebih cepat mengambil tindakan.

Sebagai ibu yang sedang hamil, Moms juga bisa memilih USG 4D. Berikut kelebihan USG 4D yang tentunya berbeda dengan USG 2 dimensi maupun 3 dimensi;

1.Mampu menyajikan gambar bergerak seperti video. Moms bisa melihat dengan jelas aktifitas janin di dalam kandungan

Hal yang menyenangkan dari ibu hamil adalah melihat perkembangan calon buah hati dengan jelas. Dengan USG 4 dimensi ini, Moms bisa melihat ketika janin tersenyum, menguap, dan gerakan lainnya. Moms juga bisa melihat bagian tubuh janin dengan sangat jelas dan yang pasti semakin nggak sabar untuk bertamu calon buah hati.

Advertisement

2.USG 4 dimensi nggak hanya menguntungkan bagi orang tua tetapi juga memudahkan dokter mendeteksi adanya gangguan

Dengan kondisi bayinya  yang sehat dan melihat rupa calon buah hati tentunya menjadi kebahagiaan sendiri bagi semua Moms. Namun, USG 4D ini juga menguntungkan bagi para dokter karena akan lebih mudah mendeteksi gangguan pada janin. Hal ini akan memudahkan dokter melakukan penanganan lebih cepat.

3.Menjadi salah satu prosedur untuk memastikan diagnosis seperti amniosentesis atau pengambilan cairan ketuban, pemeriksaan darah, hormon dan kromosom

Fitur pada USG 4 dimensi yang mampu menunjukan dengan jelas kondisi organ tentunya memiliki kelebihan tersendiri salah satunya untuk memastikan diagnosis.

Advertisement

Cara ini juga dilakukan untuk memastikan hasil diagnosis dokter terhadap kondisi pasien sehingga akan lebih cepat ditangani sesuai kebutuhannya. Fitur pada USG 4 dimensi yang mampu menunjukan dengan jelas kondisi organ tentunya memiliki kelebihan tersendiri salah satunya untuk memastikan diagnosis.

Kapan seharusnya ibu hamil memerlukan USG 4D? Ketahui dulu yuk, Moms!

Pada dasarnya, pemeriksaan USG 4D bisa dilakukan kapan saja. Akan tetapi, agar manfaatnya lebih jelas, dokter menyarankan agar Moms melakukan USG 4 dimensi saat usia kandungan lebih dari 27minggu. Untuk waktu terbaiknya, sebaiknya pada usia kehamilan 27-32 minggu. Hal ini karena organ janin udah muali terbentuk dan yang pasti wajahnya akan terlihat jelas sehingga Moms bisa tahu nantinya mirip Mom atau Dads.

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Meski ada keinginan untuk melihat calon buah hati ketika masih berada di dalam kandungan, Moms juga nggak perlu buru-buru melakukan USG 4D. Akan lebih baik jika konsultasi ke dokter sebelum melakukan USG 4D.

Semoga bermanfaat ya, Moms!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE