Keluarga Kita, Wahana Kreator dan Wardah Luncurkan Drama Podcast “Dunia Rania” untuk Parenting Remaja

Parenting remaja

Masa remaja adalah periode menyenangkan di mana kita sedang senang-senangnya mengeskplorasi hal baru. Tapi bagi orang tua yang memiliki anak remaja, ini merupakan periode paling berat. Sebab, pada periode ini remaja cenderung punya emosi yang meledak-ledak dan peran teman jauh lebih penting ketimbang orang tua.

Advertisement

Oleh karena itu, dibutuhkan usaha eksktra dari orang tua untuk memahami sudut pandang remaja, karena cara hidup yang dilalui remaja saat ini berbeda dengan generasi orang tuanya dulu. Hal ini penting dilakukan agar nggak terbentuk gap komunikasi. Untuk itu, Keluarga Kita, Wahana Kreator dan Wardah berkolaborasi meluncurkan drama podcast “Dunia Rania” yang punya tujuan memantik percakapan ihwal dunia pengasuhan remaja.

Drama podcast Dunia Rania adalah bagian awal dari proses pembelajaran bagi orang tua remaja

Direktur Keluarga Kita, Yulia Indriati dalam Peluncuran Virtual Drama Podcast “Dunia Rania” via Zoom, Rabu (20/1/2021) (dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Kolaborasi tiga entitas ini dalam mengangkat tema pendidikan keluarga bukan kali pertama. Sebelumnya, Keluarga Kita, Wahana Kreator dan Wardah telah meluncurkan seri film pendek berjudul “Ini Keluarga Kita” sebanyak sembilan episode, sebagai bagian materi Kurikulum Dasar Keluarga Kita, yang ditujukan untuk memantik cerita dan diskusi tentang pengasuhan.

Sama halnya dengan seri film pendek tersebut, drama podcast “Dunia Rania” adalah bagian dari proses pembelajaran bagi para orang tua remaja, untuk dapat meningkatkan kapasitas diri dalam pengasuhan dengan cara yang relevan dengan era saat ini.

Advertisement

Direktur Keluarga Kita, Yulia Indriati mengatakan drama podcast yang terdiri atas tiga episode ini diharapkan jadi pemantik percakapan baik antar orang tua remaja maupun orang tua dan remaja. Setelah percakapan terbuka, ia mengatakan proses pembelajaran orang tua remaja dapat dilanjutkan dengan mengikuti kelas parenting.

“Dunia Rania ini jadi bagian keseluruhan proses belajar untuk orang tua remaja. Ringkasnya, orang tua yang ingin belajar parenting teenagers bisa lebih dulu mendengarkan podcast ini, dan selanjutnya bisa ikut kelas parenting yang akan kita buka akhir Januari ini. Salah satu materinya nanti adalah podcast ini,” kata Yulia dalam Peluncuran Virtual Drama Podcast “Dunia Rania” via Zoom, Rabu (20/1/2021).

Ditujukan bagi orang tua remaja, drama podcast Dunia Rania bukan dibuat untuk menggurui

Advertisement

Sutradara sekaligus penulis drama podcast Dunia Rania, Diva Apresya (dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Diproduksi oleh Wahana Kreator, sang sutradara sekaligus penulis Dunia Rania, Diva Apresya menegaskan drama podcast ini berangkat tanpa tendensi menggurui para orang tua, melainkan ajakan untuk memahami dan menyelami dunia anak remaja. Sama seperti Yulia, ia berharap Dunia Rania dapat menutup celah komunikasi yang selama ini mungkin menganga di antara remaja dan orang tua karena perbedaan generasi dan cara komunikasi.

“Sejak awal penggarapan, aku nggak mau (drama podcast Dunia Rania) menggurui orang tua yang mendengarkan. Makanya akan ada banyak adegan di mana pendengar diajak mencoba mendalami dunia anak remaja,” terang Diva.

Yulia menambahkan, Wahana Kreator merupakan partner yang tepat dalam produksi drama podcast ini, karena perusahaan yang berbasis riset dan pengembangan cerita ini diketahui juga sudah banyak melalukan riset tentang remaja. Hal tersebut menurutnya memudahkan produksi ide kurikulum pengasuhan orang tua remaja dari nol hingga menjadi sebuah karya.

(dok. Tangkapan layar/Spotify) via www.hipwee.com

Adapun drama podcast Dunia Rania yang sudah bisa kamu simak di Spotify sejak Rabu (20/1) berkisah tentang lika-liku dunia remaja dari sudut pandang perempuan 17 tahun bernama Rania, berikut konflik-konfliknya dengan sang orang tua. Meski yang menjadi tokoh utama adalah Rania, tapi sudut pandang penceritaan akan berangkat dari sudut pandang orang tua.

“Kita akan banyak belajar bentuk komunikasi, dan betapa sulit memahami kebutuhan keluarga yang ingin mengerti satu sama lain,” terang Gina. S Noer, sutradara sekaligus Co-Founder Wahana Kreator.

Head of Corcom & CSR Paragon Technology and Innovation Wardah, Suci Hendrina (dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Head of Corcom & CSR Paragon Technology and Innovation Wardah, Suci Hendrina mengatakan kolaborasi dengan Keluarga Kita dan Wahana Kreator ini merupakan perwujudan komitmen Wardah dalam mendukung pendidikan di Indonesia. Peluncuran drama podcast ini juga sejalan dengan campaign yang tengah dijalankan Wardah yakni #SmallStepForGreaterGood.

“Semoga drama podcast ini bisa menjadi pemantik diskusi seru namun bermakna antar orang tua dalam pengasuhan anak,” kata Suci.

Nah, ketiga episode drama podcast “Dunia Rania” ini sudah bisa kamu simak lo. Buat para remaja, yuk ajak orang tuamu dengerin.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE