Bukan Sekadar Menyenangkan, Ini 5 Manfaat Lain Bermain ‘Cilukba’!

Manfaat bermain Cilukba

Moms tentunya nggak asing dengan permainan yang satu ini. Cilukba merupakan sebuah permainan yang sudah turun temurun yang selalu membuat anak-anak senang. Banyak orang tua yang sejak dulu selalu mengajarkan permainan ini. Cara permainan Cilukba juga sangat mudah, ketika orang tua bilang, “ciluk” dengan mata yang ditutup, kemudian sang anak langsung bilang, “ba”. Dari permainan unik ini, akhirnya ada seorang peneliti dari University of Cambridge, James Russel, mencoba untuk mencari tahu apa yang menarik dari Cilukba ini.

Advertisement

Pada hasil penelitiannya, James Russel mengamati bahwa anak-anak yang diajak main Cilukba ternyata berpikir kalau orang lain tidak bisa melihat mereka. Dari sini, mereka berimajinasi kalau suatu objek bisa muncul dan menghilang dari hadapannya. Mereka juga akan senang ketika mengatakan “ba”. Tak hanya menyenangkan, permainan Cilukba juga memiliki banyak manfaat untuk anak-anak lo Moms.

Berikut manfaat permainan Cilukba yang nggak hanya sekadar menyenangkan bagi anak-anak.

1.Mengembangkan kemampuan kognitif pada anak. Cara sederhana agar anak lebih mudah merespon informasi.

Photo by Polina Tankilevitch from Pexels

Siapa sangka dari permainan ternyata mempu melatih kemampuan kognitif pada anak. Mungkin Moms bisa memberikan variasi lain saat bermain Cilukba dengan nggak hanya menutup wajah kedua tangan. Salah satu cara lain bisa dengan bersembunyi dari balik pintu agar lebih menyenangkan.

Advertisement

2.Memperkuat ikatan antara anak dan orang tua. Khususnya, anak balita akan lebih mudah mengenali wajah orang tuanya.

Photo by Katie E from Pexels

Tanpa sadar, orang tua tua akan melakukan permainan Cilukba meski pada bayi yang baru berumur beberapa hari setelah kelahiran. Hal ini ternyata mampu membuat balita lebih mudah mengenali ekspresi dari orang-orang yang mengajak permainan ini. Sering ajak baby main Cilukba ya Moms.

3.Mampu melatih kemampuan bersosialisasi pada anak. Tak hanya bisa dimainkan antara Moms dan anak tapi bisa dengan orang lain yang mengajaknya.

Photo by Jonathan Borba from Pexels

Kemudahan permainan Cilukba ternyata mampu membuat anak mudah bersosialisasi dengan orang lain. Mereka akan reflek mengatakan “ba” ketika ada orang lain seperti Tante, Om, atau Kakek Nenek yang melontarkan kata “ciluk”. Ini juga akan melatih anak beradaptasi dengan orang-orang baru yang mengajaknya main.

4.Melatih kemandirian pada anak sejak dini. Anak menjadi lebih peka terhadap perpisahan sesaat dengan permainan sederhana ini.

Photo by Josh Willink from Pexels

Dampak dari permainan Cilukba ini ternyata melatih anak menjadi pribadi yang mandiri lo Moms. Dari kata yang dilontarkan “ciluk” dan “ba” seolah mengajarkan kalau perpisahan yang sesaat selalu diikuti oleh kebahagiaan. Ini juga mampu mengurangi kecemasan  ketika anak mulai tumbuh dewasa.

Advertisement

5.Mampu membangun keterampilan awal matematika. Mengajarkan anak untuk lebih jeli dalam memperhatikan persamaan dan perbedaan.

Photo by Anastasia Shuraeva from Pexels

Bagi anak-anak yang sudah sering diajak bermain Cilukba, hal ini ternyata mampu membangun keterampilan awal hitung-hitungan lo. Ketika Moms melontarkan kata “ciluk” pada si kecil, mereka akan mengamati dengan jeli tentang adanya persamaan atau perbedaan ketika nanti ia bilang “ba”. Secara nggak sadar ini juga mengarah pada konsep matematika. Hmm..keren ya!

Siapa sangka permainan yang sudah ada sejak turun temurun ini punya banyak manfaat untuk balita dan anak-anak. Buat para Moms, yuk sempatkan mengajak buah hati bermain Cilukba. Manfaatnya bagus lo Moms.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE