Jangan Cuma untuk Formalitas, Ini 6 Manfaat Rutin Memeluk Anak!

Manfaat Memeluk Anak

Zaman dulu mungkin memeluk anak dianggap nantinya akan membuat anak menjadi manja. Namun sebenarnya memeluk anak adalah bentuk kasih sayang yang umum dan bukan berarti nantinya bikin anak jadi manja. Orang tua masa kini tentunya paham betul tentang manfaat memeluk anak. Tak heran jika Moms pernah melihat seorang ibu yang berlama-lama memeluk anaknya. Hal ini bukan karena anak ingin dimanja melainkan ada manfaat dibalik pelukan tersebut.

Advertisement

Buat Moms, inilah manfaat memeluk anak dan mulai sekarang jangan dianggap sepele lagi ya, Moms!

1.Mampu menjalin ikatan antara ibu dan anak. Itulah mengapa dokter memberikan anjuran agar ibu yang baru melahirkan segera melakukan kontak skin to skin

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Ibu yang sering memeluk anaknya akan semakin mempererat ikatannya dengan sang anak. Bahkan anak yang sering dipeluk sejak bayi juga tumbuh menjadi anak yang penuh kasih dan tidak mudah rewel saat bayi.

2.Meningkatkan daya tahan tubuh. Anak yang sering dipeluk orang tuanya juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dari mereka yang jarang dipeluk

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Meski sering diabaikan, ternyata meluangkan waktu sejenak untuk memeluk anak juga membuatnya lebih sehat lo, Moms. Anak yang sedang mengalami gejala flu atau demam akan cepat membaik jika dipeluk oleh ibunya. Hal ini karena pelukan khususnya dari ibu mampu meningkatkan daya tahan tubuh bagi si anak.

Advertisement

3.Mengurangi perasaan cemas dan stres pada anak. Siapa sangka jika pelukan dari seorang ibu untuk anaknya ternyata mampu memperbaiki mood anak

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Anak-anak juga bisa dengan mudah merasa cemas dan khawatir karena suatu hal. Salah satu cara paling manjur untuk mengatasinya adalah pelukan ibu. Ini akan membantiu anak merasa lebih baik dan nyaman. Selain itu, pelukan antara ibu dan anak juga mampu melepaskan hormon oksitosin yang tak hanya membuat anak merasa tenang tetapi ibu juga semakin bahagia.

4.Mampu menjaga kesehatan pada jantung. Anak-anak yang sering dipeluk ibunya lebih memiliki tekanan darah yang stabil

Photo by Kampus Production from Pexels

Mungkin di luar sana banyak Moms yang belum tahu kalau ternyata pelukan yang diberikan ibu kepada anak mampu memberikan tekanan darah yang stabil. Saat berpelukan, maka hormon oksitosin akan dilepaskan sehingga berdampak langsung terhadap tekanan darah. So, sering-sering peluk anak ya, Moms.

5.Menguragi rasa sakit yang diderita anak. Memberi pelukan pada anak akan membuat pernapasannya lebih lancar sehingga meredakan rasa sesak

Photo by Gustavo Fring from Pexels

Terkadang orang tua kurang paham dengan kemauan anak sehingga membuat anak sedikit tertekan dan menyebabkan sesak di dada. Dengan memberinya pelukan, maka sirkulasi dan suplai oksigen ke berbagai jaringan lebih terkontrol sehingga mampu meredakan rasa sesak yang diderita anak.

Advertisement

6.Sebagai bentuk dukungan agar anak merasa selalu dicintai. Pelukan adalah segalanya bagi anak agar mereka merasa selalu diperhatikan oleh orang tuanya

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Kesibukan orang tua sangat berbeda-beda sehingga beberapa anak mungkin kurang mendapatkan perhatian berupa pelukan. Akan tetapi, manfaat pelukan juga bisa membuat anak merasa diperhatikan dan selalu dicintai sehingga mampu memberikan dampak yang bagus untuk tumbuh kembangnya.

Buat para orang tua khususnya para moms, cobalah mulai sekarang luangkan waktu sebentar untuk memberikan pelukan pada si kecil. Jangan dianggap sepele lagi ya karena manfaat pelukan sangatlah banyak seperti yang sudah Mamin tulis di atas. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE