6 Ide Aktivitas Penyalur Amarah si Kecil yang Paling Konkret namun Menenangkan. Coba nih, Ma!

menenangkan anak tantrum

Melihat anak marah dan tantrum memang bukanlah hal yang menyenangkan. Nggak jarang mama atau papa balik marah dan melarang si kecil yang masih balita untuk marah. Hmm, padahal hal tersebut nggak baik lo, Ma. Perasaan si kecil tetap verlu divalidasi, termasuk perasaan marah. Anak perlu diberitahu bahwa amarah adalah hal yang normal dan perlu diajari cara untuk mengelolanya.

Advertisement

Salah satu cara membantu si kecil mengatasi kemarahan adalah dengan menyalurkannya pada hal-hal yang konkret. Untuk mama yang masih bingung cara menyalurkan rasa marah si kecil, coba deh ajak melakukan 7 hal ini.

1. Ajak anak merobek kertas. Memberikan kesempatan si kecil merobek-robek kertas yang sudah tak terpakai akan membantunya menyalurkan emosi yang dia rasakan. Tapi ingat berikan pemahaman, kalau kertas yang dirobek nggak boleh sembarangan

Credit: Deposit Photos via id.depositphotos.com

Nggak cuma melakukan aktivitas merobek kertas, bahkan menurut Psychology Today aktivitas menonton ASMR merobek kertas saja bisa membantu meredakan stres dan depresi lo. Ajak si kecil merobek tisu juga bisa.

2. Ajak anak duduk dan menarik napas dalam-dalam beberapa kali. Jika bisa, ajak sekalian memejamkan mata sembari menarik napas sampai terasa lebih tenang

Credit: Gustavo Fring via www.pexels.com

Ini akan membantu si kecil merasa lebih tenang. Dengan cara ini juga si kecil diajarkan cara menenangkan diri sendiri dan nggak gegabah saat sedang marah.

Advertisement

3. Ajak si kecil meniup gelembung sabun. Rasanya pasti menyenangkan karena ini terasa seperti aktivitas bermain

Credit: Hiếu Hoàng for Pexels via www.pexels.com

Ternyata aktivitas sederhana ini bisa membantu meredakan stres lo, dilansir dari laman Help Hope Live. Nggak cuma buat anak-anak tapi juga bisa untuk orang dewasa.

4. Mama punya sisa-sisa bubble wrap paketan belanja? Nah, saatnya dimanfaatkan untuk dipecahkan si kecil sampai amarahnya mereda!

Credit: Cotton bro for pexels via www.pexels.com

Nggak sembarangan, aktivitas memecahkan gelembung di bubble wrap telah terbukti menenangkan dan memberikan kepuasan lo seperti dilansir dari laman The Cut.

5. Mendengarkan musik dan bernyanyi. Nggak terdengar mudah saat si kecil sedang ngamuk, tapi layak dicoba

Credit: Tatiana Syrikova for Pexels via www.pexels.com

Menurut Mother.ly, mendengarkan dan bernyanyi nyaring akan membantu tubuh merilis hormon endorfin yang membantu anak merasa lebih baik dan tenang.

Advertisement

6. Terakhir, mama bisa coba minum air. Yuk aja si kecil duduk dan minum air untuk menenangkan diri

Credit: Andrea Piacquadio for Pexels via www.pexels.com

Dilansir dari Mother.ly, dehidrasi kerap dikaitkan dengan dengan berkurangnya kemampuan mental. Saat si kecil tiba-tiba jadi uring-uringan dan gampang marah, coba aja dia menuangkan air dan menyesapnya perlahan. Mama bisa coba melakukan ini bersama-sama dan merasakan efek menenangkannya untuk sistem saraf tubuh.

Semoga mama dan papa bisa lebih sabar dan tenang lagi menghadapi kemarahan si kecil ya. Memang nggak mudah, tapi si kecil butuh orang tuanya untuk belajar memahami dan mengatasi rasa marah yang dirasakan. Sebuah pelukan hangat juga bisa membantu mama dan si kecil merasa lebih baik lo. Semangat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE