7 Trik Santai Menenangkan Bayi yang Suka Nangis Tengah Malam. Nggak Usah Panik, Bisa Diatasi Kok!

Mengatasi bayi menangis tengah malam

Duh, galaunya kalau tiba-tiba si kecil suka nangis tengah malam.  Kita jadi harus bangun dan begadang untuk menenangkannya. Nggak perlu panik, wajar kok jika si kecil menangis tengah malam. Bukan karena hal mistis ya, tapi bisa jadi penyebabnya ialah karena si kecil lapar atau terbangun karena mimpi buruk.

Advertisement

Sebagai ibu baru, wajar kalau masih sering bingung bagaimana cara mengatasi si kecil yang jadi rewel tengah malam. Tenang! Kali ini Hipwee Young Mom akan memberimu trik yang bisa digunakan untuk meredakan tangisan si kecil. Yuk, kita simak ulasannya bareng-bareng!

1. Cara pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan menggendongnya. Hal ini akan membuat si kecil lebih rileks lo

Gendong bayimu via www.today.com

Kamu bisa menggendongnya dengan cara dibedong atau gendong langsung dengan menggunakan tangan. Letakkan si kecil di sekitar dadamu agar dia bisa mendengar detak jantung dan mencium aroma ibunya. Ada beberapa teknik menggendong yang bisa kamu coba dan satu-satunya cara adalah langsung mempraktikan untuk tahu yang mana yang bayimu suka.

2. Kamu bisa lo mengusap-usap kepala atau punggung si kecil ketika ia menangis. Atau kamu juga bisa memeluknya agar ia lebih nyaman

Diusap-usap biar ngantuk via www.kanya.id

Katanya sentuhan ibu ialah hal yang paling menenangkan, bahkan kadang banyak anak yang ketika menangis melihat ibunya saja sudah tenang. Nah, dengan begini kamu bisa lo menstimulasi si kecil dengan menyentuh tangan, kaki, kepala, atau pundaknya apalagi dengan memeluknya.

3. Selain kedua cara tadi, mendengarkan musik-musik lembut atau instrumen bisa kamu coba untuk membuat si kecil tenang dan tidak menangis lagi

Mendengarkan musik untuk bayi via alatbayi.net

Hal ini bisa dibilang cukup efektif lo. Pasalnya musik lembut atau instrumental akan membuat denyut jantungnya stabil, sehingga si kecil jadi lebih tenang dan nyaman.

4. Bukan marah-marah, tapi cobalah untuk berbicara lebih lembut kepada si kecil saat ia menangis, atau kamu juga bisa mencoba menyanyikan lagu untuknya

Berbicara lembut pada bayi via www.astaga.com

Komunikasi terbaik adalah dengan berbicara. Suaramu yang lembut akan menunjukkan bahwa kamu sedang mencoba untuk mengetahui apa yang membuat dia menangis. Selain itu, hal ini juga bisa meningkatkan kontak antara ibu dan bayi.

5. Salah satu alasan bayimu rewel tengah malam ialah karena lapar. Nah, kalau sudah tau penyebabnya jadi tahu kan harus ngapain

Sususi bayimu agar tidak rewel via www.honestdocs.id

Kalau kita saja bisa lapar tengah malam, bayi juga bisa dong. Saat bayi lapar kamu bisa langsung menyusuinya. Biasanya setelah disusui si kecil akan langsung terlelap kok. Tapi ingat, bayi nangis buka saja karena lapar ya!

Advertisement

6. Sendawakan bayi jika sekiranya si kecil nggak nyaman akibat pencernaannya

Coba disendawakan via nakita.grid.id

Gas yang terperangkap dalam pencernaan si kecil tentu akan membuatnya tidak nyaman.  Pastikan sendawakan bayi setiap selesai menyusu untuk membantunya merasa nyaman.

7. Cara terakhir, minta bantuan suami untuk menenangkannya. Bisa jadi bayimu nangis karena mimpi buruk dan ingin digendong ayahnya

Coba minta bantuan suamimu via www.motherandbaby.co.id

“Ayah, dedek nangis terus nih! Sudah ibu gendong tapi masih nangis, barangkali pingin digendong ayahnya.”

Ada lo beberapa bayi yang seperti ini, bisa jadi karena ia mimpi buruk atau ia kangen ayahnya dan minta di gendong. Jika memang hal ini terjadi, jangan ragu untuk minta bantuan suami untuk bantu menenangkan si kecil ya!

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan si kecil ketika nangis tengah malam. Semoga bermanfaat! Selain karena bermimpi buruk, kelaparan atau sedang ada yang tak enak pada tubuhnya, salah satu alasan si kecil menangis bisa jadi karena ia hanya ingin ditemani dan didekap ibunya. Sabar, masa-masa ini pasti akan berakhir kok. Jangan lupa juga selalu menyesuaikan suhu di kamar agar anak nggak merasa terlalu dingin atau kepanasan ya. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

CLOSE