5 Rahasia Membesarkan Anak Agar Menjadi Pribadi yang Percaya Diri. Bisa Dimulai Sejak Dini!

Menumbuhkan Percaya Diri pada Anak

Peran orang dalam tumbuh kembang anak sangatlah penting salah satunya untuk menumbuhkan rasa percaya dirinya. Moms harus tahu kalau kepercayaan diri pada anak juga ditentukan oleh bagaimana perhatian dan pola asuh orangtuanya. Pada dasarnya, rasa percaya diri yang dimiliki anak itu berbeda-beda. Ini bukan merupakan bawaan dari lahir melainkan peranan orang tua juga sangat penting. Bahkan menurut Psikolog, Carl Pickhardt, yang telah menulis banyak buku seputar parenting mengatakan bahwa anak yang kurang percaya diri akan sulit untuk mencoba hal baru maupun hal yang penuh tantangan karena mereka takut gagal.

Advertisement

Sebagai orang tua selalu ingin anaknya memiliki rasa percaya diri. Namun, beberapa orang tua kadang kurang paham kalau sebenarnya rasa percaya diri anak bisa ditumbuhkan dengan peran orang tua yang mendampinginya. Di luar sana mungkin banyak anak-anak yang nggak berani mengungkapkan keinginannya karena ada rasa takut dalam diri. Jika dibiarkan, anak nantinya akan tumbuh menjadi anak yang kurang percaya diri hingga ia beranjak dewasa.

Moms pasti nggak mau membatasi anak lantaran kurangnya rasa percaya diri, kan? Untuk itu, berikut beberapa cara yang harus Moms lakukan untuk menumbuhkan kepercayaan diri pada anak sejak dini;

1.Membiarkan kebebasan pada anak untuk bersikap sesuai dengan umurnya. Jangan memaksa anak untuk bersikap dewasa di usia yang masih kecil ya Moms

Photo by Gustavo Fring from Pexels

Terkadang, beberapa orang tua terlalu cepat memaksa anak untuk bersikap ini itu sesuai kehendaknya. Padahal, di sisi lain justru akan membuat anak tertekan dan kurang percaya diri dengan apa yang bisa dilakukan sesuai usianya. Jadi, biarkan dia bersikap layaknya anak seumurannya ya, Moms.

Advertisement

2.Jangan terlalu memanjakan anak. Memberi apa yang anak inginkan juga nggak ada salahnya, hanya saja jangan berlebihan

Photo by Gustavo Fring from Pexels

Perlakuan istimewa terhadap anak juga nggak bagus untuk pertumbuhannya lo Moms. Sesekali Moms bisa menolak untuk mengambilkan anak barang yang diinginkan, ajarkan untuk mengambilnya sendiri. Setelah itu. Moms bisa memberikan apresiasi kalau anak bisa juga bisa mengambil sendiri tanpa bantuan orang lain.

3.Hindari mengkritik anak tentang apa yang mereka lakukan. Mengkritik anak hanya akan mematikan rasa percaya dirinya.

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Moms pastinya pernah mendapati si kecil melakukan hal-hal yang salah seperti mencoret-coret tembok dan lain-lain. Jangan langsung memarahinya ya, Moms. Sebaiknya berikan respon yang baik agar anak bisa menerimanya. Respon dari orang tua juga membuat anak lebih percaya diri dalam melakukan sesuatu.

4.Memberikan dukungan pada anak untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Setiap anak selalu memiliki kreativitas yang berbeda-beda, kan?

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Sudah seharusnya orang tua memberikan kebebasan bagi anak sejak dini. Moms nggak perlu khawatir asal apa yang dilakukannya menuju hal-hal positif. Cara ini juga akan membuat anak lebih percaya diri kalau anak bisa melakukan apa yang dia inginkan.

Advertisement

5.Memberikaan anak tantangan baru. Hal yang menantang dan diajarkan anak sejak dini mampu meningkatkan rasa percaya dirinya

Photo by Gustavo Fring from Pexels

Sesekali mengajarkan tantangan pada anak juga ada sisi positifnya lo, Moms. Moms nggak perlu memberikan tantangan yang berat, kok. Misalnya dengan hal kecil seperti belajar bersepeda, menyirami kebun dan hal lain yang membuat anak merasa tertantang.

Anak-anak akan lebih percaya diri ketika mereka bisa mengekspresikan perasaan mereka. Peranan orang tua sangat penting agar anak juga mendapatkan kepercayaan jika mereka bisa melakukan hal-hal yang baik. Dukungan dari Moms sangat penting, maka nggak heran kalau di luar sana banyak anak yang tumbuh percaya diri karena peran orang tua. Semangat ya, Moms!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE