Ilmu Parenting Berharga dari 5 Appa Terkece Korea. Dari Kang Gary sampai Ko Ji Yong!

Parenting ayah korea

Ilmu soal parenting merupakan hal yang tak pernah bisa putus dipelajari. Selain peran ibu, ternyata pola asuh ayah juga sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak. Makanya, sesibuk apapun para ayah baiknya tetap harus menyediakan waktu untuk menghabiskan waktu bersama si kecil. Sama halnya dengan appa-appa* hits Korea berikut ini, yang walau disibukkan dengan padatnya pekerjaan sebagai publik figur, tak pernah lupa untuk bermain bersama anak.

Advertisement

Setiap hari selalu ada pembelajaran menarik yang bisa kita ambil dari kebersamaan ayah dan anak ini. Meski sebenarnya tiap orang tua punya pola asuh yang berbeda, tapi mencoba tips parenting dari appa-appa Korea ini juga nggak ada salahnya. Sebenarnya gimana dan apa sih yang dilakukan appa-appa Korea ini dalam merawat dan mendidik anak mereka? Simak ulasan Hipwee Young Mom berikut ini yuk!

*Appa = ayah dalam bahasa Korea

1. Dibanding marah atau membentak, Song Il Gook lebih sering meminta ketiga anaknya untuk merelefleksikan kesalahannya tiap kali melakukan keonaran

kursi berpikir/ Credit: Youtube via www.youtube.com

Saat menonton variety show The Return of Superman mungkin kamu akan sering melihat Daehan, Minguk, ataupun Manse duduk di satu kursi kecil sendiri sambil menghadap ke tembok. Nah, beginilah cara Song Il Gook menghukum anak agar mereka lebih peka dan menyadari letak salahnya. Setelah dirasa cukup tenang, Song Il Gook akan mendekati sang anak untuk menanyakan perasaannya lalu memeluknya. Jika anak dihukum karena bertengkar, Song Il Gook ini akan meminta mereka untuk saling memeluk dan meminta maaf. Menurut beberapa ahli, cara ini cenderung jadi pembelajaran yang lebih mudah diterima anak ketimbang memarahinya, melansir  dari laman Hubpages.

Advertisement

2. Sam Hammington lebih sering memberi contoh pembelajaran ke kedua anaknya melalui tindakan nyata, sekalipun itu berupa larangan

lewat tindakan/ Credit: Instagram via www.instagram.com

Di satu episode The Return of Superman, Bantley pernah kekeuh ingin naik sepeda ke luar rumah, padahal ia belum bisa membedakan kanan dan kiri. Sam pun akhirnya membuat permainan sederhana menggunakan makanan agar Bantley bisa tahu perbedaan kanan dan kiri. Mengutip laman Soompi, walau sering bercanda dengan kedua anaknya, Sam cukup tegas dengan larangan yang dibuatnya. Tapi dibanding memarahi mereka, Sam akan langsung mengambil tindakan lalu menjelaskan kenapa hal tersebut tak boleh dilakukan.

3. Untuk menstimulasi kecerdasan anak, Kang Gary kerap membuat permainan sederhana serta melakukan aktivitas seru lain yang tak biasa

buat permainan/ Credit: Instagram via www.instagram.com

Mulai dari bermain tebak gambar, mencari perbedaan ruang, hingga membuat dalgona bersama pun pernah dilakukan Kang Gary. Bahkan baru-baru ini ia juga menyajikan jus semangka dengan cara berbeda, yakni diminum langsung dari buahnya. Ternyata cara ini bisa membuat anak jadi berpikir lebih kritis. Buktinya Hao tahu kalau jus semangka yang dituang ke buah kosong bersedotan akan membuat airnya tumpah.  Selain itu, Kang Gary juga memberikan kebebasan anak untuk mengeksplorasi kemampuannya. Misalnya, membiarkan Hao mengoperasikan kamera video serta mengambil gambarnya.

4. Tablo kerap curhat atau menumpahkan perasaannya ke sang anak untuk membangun kedekatan emosional

terbuka dengan anak/ Credit: Instagram via www.instagram.com

Hubungan ayah dan anak ini memang terbilang kompak. Buktinya, hampir di seluruh unggahan Lee Haru maupun Tablo selalu ada keduanya. Sedari Haru kecil, Tablo sudah sering menceritakan kegiatan maupun perasaaannya. Hal ini bisa kamu lihat dari beberapa episode keluarga mereka di channel Youtube program The Return of Superman.  Secara nggak langsung Haru jadi memiliki simpati dan empati lebih pada sang ayah. Bahkan, sesekali Tablo juga mengajak Haru berkunjung ke tempat kerjanya agar ia tahu seperti apa aktivitas serta teman-teman yang sering ditemuinya. Walau sepele, cara ini bisa meningkatkan kedekatan emosional anak dan ayah lo!

Advertisement

5. Berkat kecerewetan Ko Ji Yong, Seungje jadi anak yang cukup kritis tapi tetap memiliki empati pada orang lain

ayah yang cerewet /Credit: Instagram via www.instagram.com

Pernah di satu episode The Return of Superman, Seungje menangis saat didatangi pengemis. Katanya ia tak tega lalu kemudian memberi mereka uang untuk makan. Walau tak begitu terlihat tapi sesekali Ko Ji Yong menunjukkan kecintaannya terhadap sang anak dengan melakukan hal yang nggak ia sukai, misalnya ketika ia harus menyamar menjadi dinosaurus. Memang sih mereka sering berdebat, tapi justru karena hal tersebutlah ayah dan anak ini jadi makin dekat.

Ilmu parenting memang bisa didapat dari mana saja. Selain belajar dari buku, pengalaman orang tua lain dan seminar parenting, bahkan memetik hikmah dari acara televisi favorit pun bisa lo. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberimu sedikit pencerahan ya, Moms~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE