Parenting Sederhana Putri Titian yang Anti Mengumbar Masalah Keluarga ke Medsos. Bijak!

Parenting Putri Titian

Mendidik anak dan membimbingnya menjadi sosok yang berbudi pekerti memang merupakan kewajiban bagi orang tua. Maka dari itu diperlukan kematangan Moms dan Dads untuk terus belajar dan mengenali karakteristik buah hati di masa pertumbuhannya. Dengan begitu cara mendidik yang diberikan bisa sesuai dengan kebutuhan si kecil.

Advertisement

Banyak orang menyadari pentingnya gaya asuh untuk buah hati, termasuk aktris Putri Titian yang kerap membagikan pengalamannya di media sosial. Nah, untuk Moms yang tengah mencari inspirasi pola asuh sang kecil, beberapa sikap dari ibu muda yang satu ini mungkin bisa dijadikan referensi. Selain positif, Putri Titian juga berusaha untuk selalu menghadirkan kebahagian dalam keluarga. Bagaimana caranya? simak ulasan ini ya.

Akui pernah dirundung berbagai komentar, Putri Titian berprinsip untuk tak menunjukkan kesedihannya ke publik. Alasannya supaya komentar negatif yang membuat ia kecewa tak terbawa ke dunia nyata saat bersama dengan anak

Sebagai aktris Putri Titian tak menepis jika kerap mendapat komentar yang negatif. Bahkan saat kelahiran putra pertamanya, Theodore Iori Liem ia sempat menjawab berbagai komentar jahat dari warganet yang mempermasalahkan nama sang anak. Sempat bikin kesal, Putri Titian pun berusaha untuk tak menunjukkan kesedihannya di media sosial.

Advertisement

Ia lantas mengingat pesan sang ayah, bahwa menunjukkan kesedihan kepada publik bukanlah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah keluarga. Justru ini bisa menjadi sumber masalah lainnya Moms. Sebab, belum tentu orang lain peduli dan akan membantu mencari solusi atas masalah-masalah yang diderita.

“Pesan Momom (panggilan ke diri sendiri), bersenang-senang lah walaupun isi kulkas tinggal telor dan mie instan. Berbahagialah walaupun abis nge-gap suami berbohong. Bersabarlah walaupun si kakak tidak mau dengar apa kata mamaknya dan si adik yang hanya mau nempel sama mamaknya. Tidak ada kata ‘mentok’ (karena) selalu ada jalan, karena kita orang yang beriman yang selalu percaya ada nya Tuhan,” kata Putri Titian dikutip dari Kumparan.

Keluarga Putri Titian memilih untuk tidak memanjakan anak tapi juga bukan didikan yang keras. Alasannya supaya si kecil tak takut untuk cerita apapun kepada orang tua

Advertisement

Sejak punya anak, praktis menghabiskan banyak waktu bersama anaknya bahkan membatasi kegiatan di industri hiburan. Meski demikian Moms yang satu ini tetap bahagia, sebab ada suami yang membantu dalam keseharian. Diketahui Junior Liem juga berperan besar pada perkembangan kedua anaknya, lo. Beberapa cara Junior lakukan ketika anaknya mulai belajar jalan, salah satunya dengan mengajak Iori ke playground. Dari sana ternyata anaknya melihat apa yang dilakukan orang lain, dan pada akhirnya penasaran dan berani untuk berdiri serta jalan sendiri.

Selain memperhatikan perkembangan anak, pria berusia 35 tahun ini menerapkan pola asuh yang tak memanjakan si kecil. Namun, juga tidak dengan didikan keras tetapi perlu pendekatan, agar anak tidak menjadi takut kepada orang tua.

Kesabaran bagi Moms menjadi hal yang utama, bahkan Putri Titian pun sempat alami kesulitan untuk ajarkan anak toilet traning

Dalam Instagram resminya, Putri Titian sempat cerita saat dirinya melatih Iori dan Iago toilet training. Bukan waktu yang sebentar supaya anak mengerti jika buang air kecil atau besar harus dilakukan di toilet. Bahkan Iori mulai belajar toilet training di usia 2 tahunan dan baru benar-benar berhasil di usia 3 tahun. Sedangkan, sang adik lebih awal belajar toilet training karena melihat sang kakak melakukan hal tersebut.

Menurut Putri Titian, sebagai seorang Moms jngan pernah bosan untuk mengajak anak ke toilet untuk buang air kecil atau besar. Setidaknya lakukan hal itu 2-3 jam sekali. Moms juga bisa menggunakan training pants sebagai pengganti popok pada anak. Hal tersebut bertujuan supaya si kecil menyadari jika ia tak segera ke toilet, maka celana yang digunakan akan mudah basah, akibatnya mereka jadi merasa tak nyaman. Memang perlu sabar banget ya, Moms!

Putri Titian kerap kali memutar ide untuk menangani anak di kala drama. Terutama saat ia luka atau terjatuh di tengah aktivitasnya

Anak terjatuh hingga menyebabkan luka memang kerap kali buat Moms jadi panik. Apalagi anak jadi ketakutan saat orang tua ingin mengobati. Supaya si kecil minim trauma, Putri Titian punya cara tersendiri nih Moms. Biasanya ia dan suami akan mengalihkan perhatian sang anak dengan beragam ide, bisa dengan mainan ataupun diajak berdialog mengenai sesuatu yang lucu. Ketika luka diobati anak pun tak melihat prosesnya, sebab menurut pemeran film “Magic” ini justru hal tersebut bisa menimbulkan ketakutan.

“Tapi kalau itu tidak bisa juga, anak sulit dikasih obat luka, tetap drama lagi pastinya. Jadi banyak banget trik-triknya pada saat memberikan obat ke anak. Kalau memang dia sudah histeris banget dan enggak mau dikasih obat, daripada menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan, jadi aku menunggu sampai dia tidur dulu, baru dikasih obat,” ujarnya melalui Instagram.

Nah itulah pola asuh yang dilakukan Putri Titian untuk kedua anaknya. Kalau Moms terinspirasi untuk melakukan yang sama? Namun, perlu diingat ya jika setiap anak memiliki karakter yang berbeda dan tak bisa digeneralisasi. Yang terpenting jangan menyerah untuk mendidik anak dan tetap semangat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE