Viral Video Haru Bayi 9 Bulan Terjangkit Virus Korona. Ini 5 Cara Efektif Tingkatkan Imun si Kecil

pasien corona termuda

Seiring hari terlewati, pasien yang terkena virus korona semakin bertambah. Tak hanya menjangkiti orang dewasa, namun virus ini ternyata juga menjangkiti bayi, meskipun kemungkinannya lebih kecil. Baru-baru ini muncul sebuah video berisi bayi yang berumur 9 bulan yang ingin dipeluk oleh ayahnya namun tak bisa karena terbatas kaca karantina. Bayi tersebut tak tahu apa yang terjadi padanya dan hanya pasrah melihat ayahnya berbalik badan mengelap air mata. Video ini sudah ditonton sebanyak 1,3 juta kali dan mendapat retweet 72.000 serta likes 129.500.

Advertisement

Terlepas dari keharuan yang terjadi, sebenarnya anak-anak justru biasanya jarang ditemukan terkena virus ini. Namun, virus ini akan lebih mudah menyerang mereka yang sistem imunitasnya sedang lemah sehingga siapapun bisa terkena. Tapi tenang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar sistem imun si kecil naik. Simak yuk!

1. Nutrisi yang cukup merupakan salah satu kunci agar bayi terhindar dari berbagai penyakit. ASI adalah salah satunya

Nutrisi harus terpenuhi/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Bayi yang baru lahir hingga umur 6 bulan akan mendapatkan nutrisinya dari ASI. Minuman ini merupakan sumber utama antibodi yang digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi bayi. Jika usianya sudah bertambah, maka paduan antara sayur dan buah juga baik untuk kesehatannya. Sistem kekebalan tubuh bayi akan meningkat jika mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung fitonutrien yang mana berfungsi untuk meningkatkan sel darah putih dan interferon untuk melawan infeksi dan virus.

2. Walau terdengar sepele, namun waktu tidur yang cukup juga diperlukan untuk meningkatkan sistem imun

Tidur cukup/ Credit: Foster The Family via www.fosterthefamilyblog.com

Menurut Hello Sehat, studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang kurang tidur akan mudah sakit karena sistem kekebalan tubuh yang gagal melawan virus dan bakteri. Hal ini juga berlaku bagi anak. Pasalnya tidur adalah waktu dimana tubuh akan mengganti, membangun, dan memperbarui sel dan jaringan tubuh yang terpakai saat beraktivitas. Saat bayi, waktu yang dibutuhkan untuk tidur bayi adalah 12 hingga 13 jam. Hal ini bisa didapatkan dengan membiasakan tidur siang atau tidur malam yang lebih awal.

Advertisement

3. Menjaga kebersihan juga merupakan salah satu hal yang dianjurkan, namun ternyata terlalu bersih pun tak baik

Rajin bersih-bersih/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Kebersihan tubuh anak perlu diawasi  dengan cara rutin membersihkan tangan dengan tisu basah atau dengan air, terutama setelah membuang ingus, bersin, atau dari toilet. Pun, jika ada hewan peliharaann sebaiknya kandangnya rutin dibersihkan. Namun, kebersihan ini perlu dijaga secukupnya saja. Dilansir dari Mother and Baby, menurut ahli kesehatan, David Munday, ibu bisa membiarkan bayi bermain dengan bayi lain di tempat bermain asal tidak sedang terjadi wabah tertentu.

4. Olahraga bersama anak akan menjadi kegiatan yang menyenangkan baginya, hal ini ternyata bisa meningkatkan imun juga

Olahraga bersama/ Credit: Oh Baby Fitness via blog.ohbabyfitness.com

Alih-alih menghabiskan terlalu banyak waktu di dalam rumah dengan kegiatan yang minim gerak, kamu bisa mengajaknya berolah raga secara rutin demi menaikkan sistem imun tubuh. Jika hal ini dilakukan bersama, bukan hanya si kecil saja yang akan sehat tapi kamu juga bisa terhindar dari penyakit yang nantinya memiliki kemungkinan untuk ditularkan ke anak.

5. Selain melakukan hal-hal dari diri sendiri, bayi juga bisa sesekali diperiksakan ke dokter atau untuk diberikan imunisasi

Advertisement

Imunisasi/ Credit: AAFP via www.aafp.org

Kamu perlu memeriksakan si kecil walau ia tak sedang sakit secara berkala sehingga jika terjadi sesuatu padanya, penanganan bisa didapatkan dengan cepat. Selain periksa ke dokter, imunisasi juga mesti dilakukan. Vaksin bekerja untuk menstimulasi sistem imun guna memproduksi antibodi untuk melawan penyakit. Biasanya vaksin ini digunakan untuk melindungi anak dari penyakit-penyakit yang berbahaya dan mematikan.

Walaupun virus korona belum atau jangan sampai di Indonesia, tapi tak ada salahnya meningkatkan sistem imun anak dengan cara yang sebenarnya sederhana. Kan untung juga menerapkan hal ini demi menjauhkan berbagai penyakit yang mungkin saja menyerang anak jika sistem imunnya rendah.

Tags: kesehatan bayi, virus corona, imunitas, wabah

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE