6 Teladan yang Akan Anak Laki-Laki Dapat dari Ayahnya. Ajarkan Sejak Dini, Yuk!

Peran ayah ke anak laki-laki

Menyaksikan tumbuh kembang anak yang semakin sehat merupakan kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Hal ini karena sikap anak saat dewasa juga ditentukan oleh pola asuh orang tua saat ia masih kecil. Dalam hal ini tak hanya peran seorang ibu saja yang penting, ayah juga memiliki peranan yang tak kalah penting khususnya bagi anak laki-laki. Mereka akan menjadikan sosok ayahnya sebagai role model pertamanya. Dads yang mempunyai anak laki-laki harus memberikan contoh bagi mereka yang nantinya akan sangat berpengaruh pada kehidupan saat dewasa.

Advertisement

Inilah beberapa hal penting yang harus diajarkan seorang ayah kepada anak laki-lakinya, simak!

1.Mengajarkan anak untuk selalu menghargai perempuan, terutama ibunya yang telah melahirkannya

Anak laki-laki yang dekat dengan ayahnya akan diajarkan banyak hal termasuk cara menghargai perempuan. Dads bisa perlahan memberikan contoh bagaimana cara memperlakukan Moms di depan anak sehingga ia akan mengerti. Dengan begitu, saat dewasa nanti mereka akan lebih menghargai perempuan.

2.Mengajarkan kepemimpinan pada anak. Sebagai pembelajaran kelak ia akan menjadi kepala keluarga

Photo by Gustavo Fring from Pexels

Seorang anak laki-laki sudah seharusnya diajarkan kepemimpinan sejak dini. Hal ini agar nantinya ia tidak kaku ketika memimpin di sebuah organisasi. Dengan melihat cara Dads memimpin, maka mereka akan lebih mudah paham tentang kepemimpinan. Meski hanya belajar di rumah, namun suatu saat akan menjadi pelajaran penting baginya.

Advertisement

3.Mengajarkan bahwa merasakan kegagalan adalah hal yang biasa. Dengan begitu anak tak hanya melihat dari sisi kesuksesan saja

Photo by Movidagrafica Barcelona from Pexels

Anak biasanya hanya akan takjub melihat kesuksesan tanpa tahu kegagalan yang dialami. Dads punya peran penting untuk mengajarkan anak bagaimana mengatasi kegagalan tanpa menyalahkan keadaan. Membiasakan anak laki-laki untuk tidak takut gagal sejak dini akan membuat mereka tumbuh menjadi pribadi yang dapat menerima dan mengatasi tantangan dalam hidupnya kelak.

4.Meyakinkan padanya kalau sosok ayah akan selalu ada untuknya sehingga ia akan melakukannya untuk anak-anaknya kelak

Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Meski kebanyakan anak lebih banyak menghabiskan waktu dengan ibunya, namun peran ayah tak akan tergantikan. Dads bisa sesekali meluangkan waktu untuk berdua bersama anak dan mengatakan padanya kalau Dads akan selalu ada untuknya. Hal ini agar mereka paham, meski tak sering bersama, sosok ayah akan selalu ada untuk anak-anaknya.

5.Meyakinkan anak bahwa seorang ayah akan selalu mencintainya dalam kondisi apapun

Photo by Tima Miroshnichenko from Pexels

Banyak sosok ayah di luar sana yang merasa kurang dekat dengan anak laki-lakinya. Namun, yang perlu anak tahu, ayah akan selalu mencintainya dalam kondisi apapun. Seorang ayah akan selalu mendukung apa yang diimpikan oleh anak lelakinya. Begitu juga sang anak, mereka juga membutuhkan dukungan dari sang ayah dari segi apapun agar bisa membangun harga dirinya sebagai laki-laki kelak.

Advertisement

6.Memberikan pengertian dalam urusan percintaan. Hal ini untuk mengantisipasi agar anak tidak berlebihan saat jatuh cinta dengan lawan jenis

Photo by Kaysha from Pexels

Anak akan merasa nyaman ketika sang ayah mulai mengajaknya bicara soal asmara. Dari sini, Dads bisa memberitahunya kalau dalam mencintai sebaiknya nggak usah terlalu mengorbankan segalanya. Dalam urusan cinta nantinya akan ada yang namanya kecewa sehingga nggak perlu berlebihan dalam menyikapi rasa kecewanya tersebut.

Ayah adalah sosok yang paling menguatkan yang dibutuhkan khususnya oleh anak laki-laki. Mereka akan mendapatkan banyak hal tentang kehidupan dari sang ayah. Dads juga harus mengajarkan pada di kecil ya! Kelak akan bermanfaat saat dia sudah dewasa. Semoga bermanfaat ya Moms dan Dads!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE