Rachel Vennya Umumkan Hamil Anak Kedua, Ini 6 Perbedaan Hamil Pertama dengan Hamil Anak Kedua

perbedaan kehamilan kedua

Kabar menggembirakan datang dari selebgram Rachel Vennya. Melalui laman Instagramnya Rachel Vennya mengabarkan kehamilan keduanya dalam unggahan foto alat tes kehamilan dengan garis dua yang berarti positif. Berbeda dengan kehamilan pertamanya, kini ia terlihat lebih santai dalam  menghadapi kehamilannya.

Advertisement

Bagi yang sudah pernah mengalami fase kehamilan seperti Rachel Vennya, biasanya relatif nggak merasa terlalu cemas lagi saat menghadapi kehamilan kedua. Padahal nyatanya, jika kamu mengira kehamilan kedua akan sama persis dengan yang pertama, kamu salah besar lo. Menurut laman The Asian Parents ada beberapa faktor yang membedakan kehamilan kedua dengan pertama. Apa sajakah itu? Yuk kita simak ulasannya berikut ini!

1. Konon, di kehamilan kedua kamu akan merasa lebih mudah capek dan lelah. Hmm, ya bisa jadi karena sambil momong anak pertama

Hamil anak kedua memang capek via www.someecards.com

Hal ini wajar terjadi, pasalnya kamu juga harus mengurus anak pertamamu ketika hamil kedua. Jadi, bukan karena kehamilanmu kenapa-kenapa ya!

2. Karena sudah pernah hamil sebelumnya, kamu jadi lebih santai dan tenang menghadapi hamil kedua

Semuanya jadi lebih tenang via www.scarymommy.com

Yup, karena sudah pernah mengalami fase kehamilanmu sebelumnya, di kehamilan kedua ini kamu jadi sudah mengetahui detail perubahan kecil apapun dari apa yang kamu pernah alami sebelumnya. Ya, kan sudah ada pengalaman sebelumnya~

Advertisement
3. Kehamilan kedua akan membuatmu merasakan tendangan bayi yang lebih cepat daripada sebelumnya

Tendangan bayi yang lebih cepat nih~ via kumparan.com

Hal ini terjadi karena kamu pernah mengalami hal yang sama di kehamilan pertamamu. Dr. Ann Hofstadter, dikutip dari laman Asian Parent juga menyebut bahwa pada usia kehamilan 14 minggu ibu sudah merasakan tendangan dalam perutnya.

4. Biasanya, saat kehamilan kedua perut ibu jadi terlihat lebih turun ke bawah. Hmm, kenapa ya?

Kenapa ya perutnya jadi lebih turun~ via parenting.orami.co.id

Otot perut yang melemah saat kehamilan pertama, membuatnya tidak kuat menyokong beban bayi di kehamilan kedua. Ini juga yang kemudian membuat posisi janin dalam perutmu jadi lebih rendah.

5. Kehamilan kedua membuat punggungmu jadi lebih pegal dan nyeri daripada hamil anak pertama

Duh, pegal nih via www.mooimom.id

Area punggungmu sudah pernah mengalami tekanan pada hamil pertama sehingga otot punggungmu jadi lebih lemah. Nah, itulah yang kemudian membuat punggungmu cenderung jadi lebih nyeri dan pegal pada kehamilan kedua ini.

Advertisement

6. Untukmu yang melahirkan secara normal, bagian terbaik dari hamil kedua salah satunya ialah proses persalinan yang relatif jadi lebih cepat. Yuhu!

Lebih cepet lo~ via www.solusisehatku.com

Yup, karena sudah pernah melahirkan, area serviksmu cenderung nggak lagi sekaku sebelumnya.  Apalagi karena terjadi pembukaan dan penipisan terjadi lebih cepat jadi persalinan keduamu jadi lebih gampang. Amin aja sih kalau ini ya~

Nah, itu tadi beberapa perbedaan yang biasanya bakal dirasakan olehmu ketika hamil kedua. Duh, nggak sabar nih menanti adik dari ponakan online Xabiru. Pasti nggak kalah lucu dan menggemaskan, uwuwu~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

CLOSE