Mengulik Persiapan Trimester Keempat dalam Kehamilan. Calon Mama Sudah Tahu Belum Nih?

persiapan trimester keempat

Istilah trimester keempat mungkin agak sedikit asing bagi sebagian besar orang. Trimester keempat? Hmm, bukannya saat hamil hanya memerlukan waktu tiga trimester? Eits, jangan salah! Trimester keempat justru salah satu trimester yang paling krusial yang perlu kamu siapkan sejak dini, namun sering abai karena banyak nggak dipahami.

Advertisement

Di fase trimester keempat ini banyak hal yang akan terjadi seperti beberapa perubahan dalam dirimu. Makanya kamu perlu mengerti apa saja yang perlu dipersiapkan untuk meminimalisir perasaan kaget dan sedih yang berkepanjangan. Simak ulasan Hipwee Young Mom berikut ini yuk!

1. Jika istilah trimester biasanya akan selesai saat seorang ibu melahirkan atau pada trimester ketiga, ternyata istilah ini masih bisa berlanjut lo

Lebih banyak begadangnya via siraplimau.com

Yang dimaksud dengan trimester keempat adalah saat bayi lahir hingga bayi berumur tiga bulan. Pada waktu ini bayi sedang mengalami perkembangan yang cukup krusial. Ia masih perlu banyak bantuan dari sang ibu. Jika baru pertama kali melahirkan kemungkinan ibu juga masih melakukan penyesuaian. Untuk itu hal ini juga perlu dipersiapkan.

2. Perkembangan bayi selama trimester keempat mungkin akan membuat ibu merasa lelah. Ketahui dulu perkembangan bayi di umur ini

Tiga bulan pertama via www.popmama.com

Bayi pada umur ini lebih sering menangis namun hal ini normal terjadi hingga umur tiga bulan. Menurut Ibupedia bayi dalam usia ini masih masih memiliki kemampuan terbatas dalam mengenali dengan indranya. Ia sudah dapat melihat namun masih dalam pandangan terbatas, mendengar dalam tapi masih sulit menangkap apa yang ia dengar, dan masih ia masih beradaptasi dengan berbagai hal ini sehingga ibu masih harus ekstra dalam merawatnya.

Advertisement
3. Jika selama kehamilan calon ibu sudah merasa kelelahan, jangan dikira penderitaan ini selesai begitu saja setelah melahirkan

Duh, capai banget via www.idntimes.com

Menurut Parentalk.Id masa ini selain masa penyesuaian bagi bayi juga merupakan masa-masa penyesuaian bagi sang ibu, akan terjadi keadaan-keadaan tertentu seperti edema karena persalinan, nyeri dan pendarahan di vagina biasanya sampai minggu keenam pasca melahirkan, pembengkakan payudara, lebih mudah mengompol karena otot dan ligamen yang kehilangan kekuatan, kram perut, konstipasi, hingga rambut rontok. Yang paling buruk ibu bisa saja mengalami baby blues hingga depresi pasca melahirkan.

4. Walaupun terasa berat, calon ibu atau ibu baru bisa mempersiapkan dan mengatasi segala hal yang sedang terjadi kok

Ikut newborn class via www.army.mil

Untuk mempersiapkan segala hal yang mungkin terjadi di trimester keempat ini ada baiknya kamu mengikuti kelas-kelas tentang newborn care saat hamil, jika sudah lahir lakukan bonding seperti kontak kulit atau tidur bersama bayi. Jika kamu merasa kesusahan saat mengatasi baby blues sendiri, jangan sungkan untuk meminta bantuan orang lain.

Meskipun sudah melewati usia kehamilan, tapi trimester keempat ini merupakan hal yang tak kalah krusial. Jika tak disiapkan dengan benar, kamu bisa kaget nantinya.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE