Mengenal Pica Disorder; Gangguan Ngidam Makan Benda Aneh yang Terjadi pada Ibu Hamil

pica disorder ibu hamil

Mendengar orang yang hamil kemudian ngidam suatu makanan mungkin merupakan hal yang sangat wajar dan sering terjadi, namun hal ini bisa dikatakan demikian kalau yang diidamkan makanan normal pada umumnya. Paling akan bikin repot kalau makanan tersebut jadi khas suatu daerah dan suami harus menemani untuk mendapatkannya ke tempat tersebut. Asal tidak membahayakan sih aman-aman saja. Akan tetapi ternyata ada juga lo ibu hamil yang ngidam makanan-makanan aneh atau bahkan sesuatu yang harusnya nggak dimakan.

Advertisement

Gangguan ini sering ini disebut dengan gangguan makan atau ngidam Pica. Mungkin tanpa kamu sadari hal ini terjadi di sekitar atau bahkan pada dirimu sendiri saat sedang hamil. Simak yuk penjelasan selengkapnya supaya tahu bagaimana penyebab hingga bahayanya!

1. Gangguan makan Pica yang terjadi pada ibu hamil adalah sebuah hal yang terjadi saat yang sangat ingin dimakan ibu hamil adalah sesuatu yang aneh. Pokoknya nyeleneh dan nggak umum deh~

Ingin makan tanah/ Credit: Mums Grape Vine via mumsgrapevine.com.au

Pica berasal dari bahasa Latin burung yang memakan segala jenis hal.

Dilansir dari American Pregnancy Associaton, gangguan makan Pica adalah keinginan memakan sesuatu dengan zat yang tidak memiliki kandungan gizi. Jika hubungannya dengan ibu hamil, maka biasanya ngidam yang dimiliki bukan merupakan makanan tapi justru benda-benda seperti kotoran dan kapur.  Walau gangguan ini biasanya terjadi pada anak-anak namun ada juga ibu hamil yang mengalaminya.

Advertisement

2. Walaupun sesuatu yang diidamkan biasanya berbentuk segala jenis benda, namun ada juga beberapa jenis yang populer

Kapur jadi primadona/ Credit: Parents Africa via parentsafrica.com

Dilansir dari Today’s Parent, ada 3 jenis benda yang paling populer diidamkan oleh penderita Pica yaitu es, tepung kanji, dan tanah liat. Selain 3 benda tersebut ternyata kapur juga menjadi salah satu yang paling dicari. Ada juga beberapa wanita yang menyatakan bahwa mereka akan merasa puas setelah ngidamnya terhadap kotoran, batu, abu, hingga arang terpenuhi sedangkan yang lain lebih memilih pensil dan kertas. Wah, kok bisa ya?

3. Meskipun belum diketahui secara pasti apa penyebabnya namun mirip dengan ngidam biasanya, hal ini terjadi karena tubuh kekuranan zat tertentu

Mirip nngidam biasanya/ Credit: 30 Seconds via 30seconds.com

Belum diketahui secara pasti alasan ngidam benda aneh ini terjadi, namun menurut sebuah jurnal dari American Dietetic Association, ada kemungkinan hal ini terkait dengan kurangnya zat besi dalam tubuh. Ada juga yang berspekulasi bahwa ngidam Pica ini merupakan sebuah bentuk usaha dari tubuh untuk memperoleh vitamin atau mineral yang hilang melalui konsumsi makanan yang normal. Namun ternyata Pica juga bisa karena penyakit fisik maupun mental lo.

4. Mungkin hal ini terdengar sangat mengerikan apalagi jika dikonsumsi saat ibu sedang mengandung. Lalu, apakah hal ini membahayakan?

Bahaya nggak ya?/ Credit: Captain Mums via www.captainmums.com

Orang yang sedang hamil ternyata memang sedang mengalami kekurangan nutrisi dalam tubuhnya. Seorang dokter keluarga bernama Karen Fleming mengatakan bahwa jika seorang ibu hamil memakan sesuatu yang seharusnya tidak dimakan maka akan ada kemungkinan keracunan hingga terjadinya komplikasi antara ibu dan bayi. Benda tersebut juga bisa saja mengganggu makanan sehat yang harusnya dicerna sehingga berujung terjadinya malnutrisi. Belum lagi jika benda berpotensi menyebabkan infeksi, konstipasi, hingga obstruksi usus maka sangat berbahaya.

Advertisement

5. Jika kamu mulai merasakan gejala ini hingga tak bisa mengontrolnya, sebaiknya segera hubungi dokter agar bisa mendapatkan perawatan yang semestinya

Hubungi dokter/ Credit: Hopkins Medicine via www.hopkinsmedicine.org

Jika kamu mulai memiliki keinginan untuk memakan benda-benda yang seharusnya tidak dimakan, maka kamu sebaiknya segera menghubungi dokter. Biasanya akan dilakukan pengecekan terhadap tekanan darah, kadar zat besi atau zinc, hingga tes anemia. Mereka juga mungkin akan merekomendasikan ahli diet yang akan membantu mengatur diet serta memelihara tubuhmu.

Hal ini sebenarnya sangat jarang terjadi pada ibu hamil, namun tetap ada kemungkinannya.  Dalam keadaan normal saja mungkin benda-benda yang disebutkan sebaiknya tidak dikonsumsi karena akan membahayakan apalagi jika ada si kecil di dalam perut. Makanya jika dirasa ada gejala ingin mengonsumsi hal-hal aneh, sebaiknya langsung menghubungi dokter saja ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE