Si Kecil Tiba-tiba Rewel dan Mogok Makan, Bisa Jadi Sariawan Penyebabnya. Ini Trik Mengatasinya

tips mengatasi sariawan pada bayi

Anak rewel dan susah makan? Selain karena sedang tumbuh gigi atau bosan dengan makanan yang ditawarkan, bisa jadi bayi kecilmu sedang mengalami sariawan lo!

“Lah, emang bayi bisa sariawan juga?”

Percaya nggak percaya, ternyata sariawan juga dapat menyerang bayi di bawah 10 bulan lo. Kalau udah begini, si kecil bisa jadi rewel, menolak makan atau disusui padahal biasanya lahap-lahap saja. Nah, buat (calon) ibu, kamu perlu dan lebih teliti mengecek apakah di mulut bayimu ada bercak sariawan ketika dia tiba-tiba GTM? Biar nggak bingung, simak dulu yuk ulasannya berikut ini.

Advertisement

Ketika anak mendadak rewel dan GTM, pertama-tama kamu bisa cek dulu nih area bibir dan mulutnya. Jangan-jangan si kecil lagi sariawan! Ini nih penyebabnya~

sariawan pada bayi via pondokibu.com

Dilansir dari laman Alodokter, sariawan pada bayi umumnya dapat terjadi ketika bayi memasuki umur 10 bulan. Tapi tidak menutup kemungkinan, para bayi di bawah umur tersebut juga bisa sariawan. Ada beberapa faktor penyebab utamanya, seperti luka  di mulut, alergi makanan, kurang vitamin, atau terinfeksi bakteri. Penyakit tertentu, seperti celiac atau radang usus juga bisa menjadi salah satu penyebabnya lo!

Perihnya sariawan sering membuat si kecil menolak untuk disusui. Terus bagaimana dong solusinya jika mau menyusui bayi yang sedang sariawan?

menyusui bayi via www.orami.co.id

Cemas bayi terus rewel karena lapar tapi kasihan kalau sariawannya kesenggol payudara dan perih. Ya, memang butuh kesabaran ekstra ketika menyusui bayi yang sedang sariawan. Dilansir dari laman Alodokter, kita tetap harus menyusui si kecil meski dia sariawan,. Usahakan nggak menggunakan alat tertentu, tapi lakukan breastfeeding atau menyusui langsung.

Advertisement

Ketika bayi sariawan, sebaiknya jangan hanya dibiarkan. Yuk, segera lakukan beberapa langkah praktis berikut agar kondisinya segera pulih~

sariawan pada bayi via www.haibunda.com

Butuh waktu sekitar 7 – 10 hari untuk sariawan dapat hilang sendiri, sedangkan rasa sakitnya bisa berlangsung selama 3 – 4 hari. Tapi kasihan juga kan lihat bayimu rewel terus? Dilansir dari laman Alodokter, berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi sariawan pada bayi:

  1. Kompres sariawan dengan es batu. Sensasi ingin dari es batu bisa membuat sariawannya lama-lama mati rasa
  2. Suapin si kecil dengan makanan bertekstur lembut dulu agar tidak bersentuhan dengan sariawannya
  3. Buat larutan dari air, garam dan sode kue lalu celupkan kapas dan totol pada sariawan si kecil
  4. Jangan lupa, beri minum sedikit demi sedikit tapi sering agar si kecil tidak dehidrasi

Nah, itu tadi tips seputar mengatasi sariawan pada bayi. Kalau tidak kunjung membaik, segera periksakan bayi ke dokter ya. Jangan sampai deh termakan mitos apalagi coba-coba meracik obat-obatan sendiri, misalnya dari rebusan air A, B atau C yang tidak direkomendasikan ahli medis. Semoga artikel ini bisa membantu ya~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

CLOSE