5 Kiat Sukses Dampingi Anak di Hari Pertamanya Sekolah. Uang Saku Bukan Jaminan!

Sukses dampingi anak sekolah

Semua orang tua pastinya sangat menunggu momen di mana anak-anak akan memasuki hari pertama sekolah. Hal ini tentu membuat orang tua merasa bahagia sekaligus haru. Tak disangka buah hati yang kemarin masih ditimang-timang kini sudah mulai masuk sekolah. Tak hanya orang tua saja yang merasa excited, bahkan anak juga tidak sabar untuk bertemu dengan teman-temannya di sekolah nanti. Itulah mengapa banyak orang tua yang tak mau melewatkan momen mendampingi si kecil.

Advertisement

Dalam mendampingi si kecil masuk sekolah di hari pertama,  Moms pastinya punya cara jitu agar si kecil merasa nyaman di momen pertama masuk sekolah. Meski mereka sangat senang, tapi ada beberapa anak yang justru gugup saat akan masuk sekolah. Di sinilah peran Moms yang harus membuat mereka merasa nyaman.

Trik dari Mamin berikut mungkin bisa membantu Moms agar sukses mendampingi anak masuk sekolah di hari pertama. Simak, ya!

1.Memberikan gambaran seputar sekolah. Salah satu caranya adalah dengan membaca buku yang menyenangkan tentang sekolah

Photo by RODNAE Productions from Pexels

Anak-anak pastinya akan sangat ketika akan masuk sekolah. Sebagai orang tua, sebaiknya Moms memberikan gambaran tentang sekolah agar mereka nantinya bisa lebih paham bagaimana masuk ke sekolah dan bertemu guru ataupun teman-teman baru. Dengan begitu, anak akan lebih siap.

Advertisement

2.Mengajak anak menemui gurunya jika memang memungkinkan. Trik ini agar anak lebih dulu tahu seperti apa sosok yang akan mengajarinya di sekolah

Photo by Gustavo Fring from Pexels

Bertemu dengan guru adalah salah satu trik untuk mengurangi rasa cemas pada anak dan mengurangi rasa gugup. Namun, jika tidak bisa bertemu dengan gurunya, Moms bisa memberikan gambaran seorang guru terlebih dahulu.

3.Mengajak anak berkunjung ke sekolahnya. Ini adalah cara agar anak mengetahui gambaran nyata di sekolah

Photo by Max Fischer from Pexels

Moms boleh banget mengajak anak untuk berkunjung ke sekolahnya terlebih dulu. Ajak anak mencari ruang kelas, kantin sekolah, kamar mandi dan tempat lain yang ada di sekolah. Hal ini agar anak terbiasa dan tak perlu lagi merasa berada di tempat asing ketika pertama kali masuk sekolah.

4.Mengajak anak berbelanja perlengkapan sekolah. Akan sangat menyenangkan saat anak-anak diajak mencari peralatan yang akan dibawanya

Photo by Yan Krukov from Pexels

Moms bisa mengajak anak belanja kebutuhannya dan membiarkan anak untuk memilih barang apa yang mereka sukai. Berhubung ini adalah moment pertama anak memasuki sekolah, maka belanja bersama anak seputar perlengkapannya adalah hal yang menyenangkan. Jangan sampai melewatkan momen ini ya, Moms.

Advertisement

5.Mengajak anak bermain sekolah-sekolahan. Hal ini merupakan salah satu cara untuk memberikan dukungan agar anak dapat melalui hari pertama sekolahnya dengan baik

Photo by Yan Krukov from Pexels

Agar anak nggak terlalu gugup, ada baiknya Moms mengajak anak bermain sekolah-sekolahan. Yang dibutuhkan di sini adalah mendekor ruangan di rumah seperti ruang kelas. Tak perlu lengkap kok, Moms, yang penting sambil menjelaskan pada anak kalau gambaran ruang sekolahnya akan seperti ini. Moms juga bisa sekalian memberikan stimulasi bagaimana cara memakai seragam, sepatu, menyapa guru dan teman-temannya.

Catatan buat Moms…

Prokes – Credit: Freepik.com

Karena sudah ada beberapa sekolah yang trial pembelajaran tatap muka, ada baiknya Moms juga bersiap-siap. Jangan lupa selalu ajarkan anak untuk menerapkan protokol kesehatan, karena kita semua belum tahu pasti kapan pandemi ini akan berakhir. Pastikan juga anak sudah paham bahwa dengan menerapkan protokol kesehatan, ia nggak cuma melindungi dirinya, namun juga teman-temannya di sekolah.

Mendampingi anak saat akan masuk sekolah adalah moment yang tidak akan terulang lagi. Itulah mengapa banyak orang tua yang rela cuti atau izin bekerja hanya untuk memberikan dukungan agar mereka merasa nyaman. Moms yang anaknya mau masuk sekolah untuk pertama kali, maka bisa coba trik dari Mamin di atas, ya! Semoga bermanfaat.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE