Pada umumnya, setiap bayi telah dianugerahi kemampuan untuk menumbuhkan rambutnya sendiri. Namun, tidak semua bayi dapat menumbuhkan rambut yang lebat. Sebagai orangtua, tentunya kamu ingin supaya rambut bayimu lebat bak bintang iklan sampo ‘kan? Kamu tidak perlu khawatir jika bayimu tidak menumbuhkan rambut secara signifikan. Normalnya memang beberapa bulan pertama setelah kelahiran, kerontokan rambut bayi bisa saja terjadi – biasanya terjadi saat usia enam bulan. Hal ini disebabkan oleh tingkat hormon di tubuhnya yang meningkat pesat seiring pertumbuhan fisiknya.

Meski temasuk hal yang lumrah, namun tetap was-was juga, ya Mom? Nah supaya rasa was-was itu bisa sedikit mereda, 6 tips ini bisa kamu coba supaya rambut si kecil tumbuh lebat dan sehat.

1. Kebersihan kulit kepala bayi sangat penting untuk dijaga. Sebisa mungkin jaga rambut bayi agar tidak kusut

Kotoran kepala via sehatly.com

Advertisement

Terkadang kita kerap menemukan kulit kepala si kecil kotor dan kering. Sebagai langkah pencegahan kotoran itu menumpuk, penting kiranya untuk menjaga kulit kepala si kecil tidak terlalu kering, tidak berminyak dan bersih. Jika terlalu kering atau berminyak maka kulit kepala bayi terasa gatal dan rambut mudah rontok.

Selain itu, menjaga rambut bayi agar tidak kusut juga penting. Karena rambut kusut pada bagian belakang kepala membuat kulit kepala menjadi lebih mudah berminyak. Jika dibiarkan terus maka rambut bagian belakang bayi bisa rontok dan tidak tumbuh dengan baik. Maka, jika bayi sudah bisa bersandar pada perut, maka bantu ubah posisi bayi selama beberapa saat.

2. Untuk menjaga kulit kepala si kecil tetap lembap, gunakan sampo bayi khusus untuk membersihkannya

Pakai sampo khusus via www.alodokter.com

Meski rambut si kecil tampaknya selalu bersih, namun penting agaknya untuk mencuci rambut dan kulit kepalanya seminggu sekali agar tetap lembab dan sehat. Kulit kepala yang bersih dapat merangsang pertumbuhan rambut. Pilihlah shampo yang tidak pedih di mata dan yang bahannya aman–organik lebih baik.

Advertisement

Setelah dibersihkan, siapkan handuk untuk menyeka area kening serta telinganya agar tetap kering. Bagaimanapun juga kondisi basah dan licin akibat shampo dapat menyebabkan ketidaknyamanan si kecil. Kalau si kecil rewel saat sedang dimandikan, kamu bisa mengalihkan perhatian bayi dengan menyediakan mainan kesukaannya, sembari memijat lembut kepalanya saat membilas.

3. Manfaatkan khasiat aloe vera untuk merawat rambut si kecil. Senyawa dan gel lidah buaya berkhasiat menumbuh dan menebalkan rambut

Manfaat lidah buaya via food.ndtv.com

Seperti kita ketahui bersama lidah buaya memang bagus untuk kulit dan rambut. Anda bisa memanen dan mengolah getahnya sendiri bila punya tanaman di rumah. Namun yang mesti diperhatikan, perawatan dengan lidah buaya ini hanya boleh dilakukan saat bayi sudah berumur lebih dari 2 bulan. Karena diumur segitu, kulit kepala bayi tidak terlalu sensitif. Cara menggunakan gel lidah buaya (lakukan perawatan ini sebelum bayi mandi).

  • Ambil beberapa lidah buaya yang segar, lalu ambil bagian gelnya, hancurkan hingga menjadi pasta.
  • Olesi pada rambut bayi, gunakan handuk pada bagian bawah agar si kecil nyaman.
  • Lakukan hati-hati agar gel lidah buaya tidak mengenai bagian kulit bayi.
  • Biarkan beberapa saat sampapi dirasa meresap.
  • Mandi dan cuci bersih kepala bayi dengan sampo bayi khusus.

4. Selain lidah buaya, kamu juga bisa gunakan minyak zaitun untuk merawat kesehatan rambut si kecil. Bisa kamu kombinasikan dengan madu atau pisang

Baik untuk kesehatan rambut via elifah.com

Pada dasarnya rambut bayi sama seperti orang dewasa, bisa menjadi kering dan mudah rontok. Salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk mencegahnya adalah minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang sangat penting untuk merawat kulit bayi.

Sementara sebagai bahan pendukung, kamu bisa gunakan madu atau pisang. Madu atau mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk menumbuhkan rambut. Berikut cara pengaplikasiannya minyak zaitun dikombinasikan dengan maduuntuk rambut bayi.

  • Campurkan beberapa sendok madu dan minyak zaitun hingga larut.
  • Oleskan pada rambut bayi hingga mengenai kulit kepala bayi. Lakukan sambil memijat lembut.
  • Biarkan selama kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air hangat (tidak perlu menggunakan sampo lagi)

Berikut cara menggunakan kombinasi minyak zaitun dan pisang.

  • Hancurkan satu pisang matang dengan satu sendok minyak zaitun hingga membentuk pasta.
  • Jika Anda memiliki yogurt organik, maka tambahkan satu sendok teh pada campuran pasta.
  • Olesi pada bagian rambut dan kulit kepala si kecil. Jangan lupa untuk memijatnya dengan lembut.
  • Biarkan selama 10 menit lalu bilas.

5. Perhatikan gizi si kecil. Asupan nutrisi yang diberikan perlu dijaga. Nutrisi terbaik adalah dari ASI ekslusif

Untuk mendapatkan rambut yang sehat indah, terlebih dulu asupan gizi pada anak harus dicukupi. Nutrisi paling baik adalah berasal dari ASI. Karena itu jika ibu menyusui maka harus mengkonsumsi makanan sehat. Sedangkan untuk bayi yang sudah memasuki masa MPASI, maka kamu dapat memberikan makanan yang penuh gizi seperti buah-buahan, dan sayuran

Paparan di atas adalah beberapa tips untuk membuat rambut si kecil sehat dan lebat. Tentu masih ada beberapa cara lainnya yang bisa menunjang kesehatan si kecil. Semisal larangan untuk tidak terlalu sering mengikat rambut si kecil, cara ini bisa menyebabkan akar rambut rusak sehingga mudah rontok. Lalu juga jangan gunakan hairdryer untuk bayi karena bisa membuat kulit kepala si kecil menjadi kering.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya