Cara Ajak Anak Tetap Aktif Walau Terus-Terusan di Rumah Akibat Pandemi. Patut Diperhatikan lo~

Agar anak aktif

Wahai ibu-ibu, masih pada strong kan menemani keseharian anak di tengah pandemi? Di masa kayak begini sebenarnya harus disyukuri karena ibu jadi punya banyak waktu luang dengan anak, tapi lama kelamaan para ibu mulai merasa khawatir dengan kebiasaan sang anak. Jika biasanya anak aktif sekolah dan bermain bareng temannya, kini karena nggak bisa ke mana-mana, anak jadi betah banget di kamar.

Memang ibu harus menjaga anak dengan tetap di rumah aja selama pandemi, tapi ibu juga perlu memastikan anak tetap aktif bergerak. Nah kebiasaan aktif bergerak itu turut berpengaruh ke tumbuh kembangnya lo, Bu. Buat para ibu yang lagi kewalahan mengajak anak biar nggak di kamar terus, seperti main game aja, coba lakukan hal-hal ini.

1. Bikin area khusus berkegiatan. Bisa manfaatkan halaman atau ruang keluarga biar anak bebas gerak

Bikin area khusus buat anak aktif bergerak ya. Bisa manfaatkan ruang tengah atau halaman rumah (Foto: iStock)

Luangkan waktu sejenak untuk memperhatikan setiap sudut rumah sampai halaman, kira-kira ruang di rumah bisa mendukung anak aktif bergerak nggak? Anak bisa jadi malas bergerak karena rumah tidak menyediakan ruang bebas untuk bergerak sehingga mereka merasa tak nyaman. Eh bukan berarti tandanya harus punya rumah yang besar ya. Ibu bisa membuat area khusus berkegiatan di dalam rumah cukup dengan beberes atau mengubah sedikit layout ruangan. Misalnya buat area ruang tengah atau ruang keluarga tidak terlalu banyak barang.

Dengan area yang lega, ajak anak untuk senam atau yoga sampai bermain yang bisa melatih ketangkasan.  Atau jika punya halaman yang cukup luas, ibu bisa membuat halaman seperti lapangan. Ajak anak olahraga seperti main bola atau bulutangkis. Ajak ayah dan kakak serta adik juga ya, Bu!

2. Berikan contoh untuk terus aktif bergerak. Ajak mereka pelan-pelan untuk menirunya, ya!

Ibu juga harus mencontohkan kegiatan-kegiatan yang bikin tubuh aktif bergerak (Foto: iStock)

Bagaimanapun juga, anak punya naluri untuk mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Makanya dari sekarang, ibu  bisa memberikan contoh untuk terus aktif bergerak. Dimulai dari pagi hari, ajak anak bangun pagi untuk melakukan olahraga kecil seperti yoga atau senam. Setelah itu, ajak mereka bikin sarapan bareng sebelum memulai sekolah online.

Pada siang atau sore hari setelah belajar, ibu bisa membuat agenda bermain bersama biar anak nggak main game online melulu. Coba deh cari permainan yang seru, banyak banget ide-ide permainan yang bisa ibu dan anak eksplorasi. Salah satunya halang rintang, permainan menyusun kursi dan meja kecil secara zigzag dan anak harus melewatinya dengan memanjat. Selain bikin aktif bergerak, permainan ini bisa meningkatkan konsentrasi dan daya pikir sampai melatih keseimbangan. Dengan begitu, anak akan meniru kebiasaan ibu yang selalu aktif bergerak setiap harinya.

3. Selain jaga pola makan anak, menentukan asupan yang penting dikonsumsi saat pandemi itu sebuah keharusan

Berikan anak MILO Kotak agar tetap berenergi untuk beraktivitas seharian (Foto: dok. MILO)

Banyak ahli yang menyarankan bahwa pemberian asupan ke anak penting untuk membuatnya tetap aktif bergerak. Apalagi di masa pandemi begini, ibu harus memastikan anak mendapatkan asupan sesuai kebutuhannya sehingga imun tubuh tetap kuat. Namun permasalahannya, ibu sudah memberikan asupan yang tepat, tapi kok anak masih suka mageran ya? Selain membuat menu lengkap dan menjaga pola makannya, penting juga lo untuk memberikan asupan yang bisa mengembalikan energi anak. Di sela-sela waktu belajar atau istirahat, berikan MILO Kotak kepada anak. Dengan ukuran yang pas untuk sekali minum, MILO Kotak bisa membantu anak mengisi kembali kebutuhan energinya saat jam istirahat maupun ketika bermain. Jadi energinya terjaga buat terus aktif bergerak~

Ibu perlu tahu nih, dalam setiap MILO Kotak terkandung susu sebagai sumber protein, kalsium dan fosfor, ekstrak malt sebagai sumber energi yang baik, serta kakao yang memperkaya rasa cokelat. Nggak cuma itu, MILO kotak mengandung Vitamin B1, B2, B3, dan B6, lho. Milo kotak juga disertai dengan Active-Go, yang terbuat dari ekstrak malt dan kombinasi 5 vitamin (B2, B3, B6, & B12) serta 3 mineral (kalsium, zat besi, dan fosfor) yang berperan untuk melepaskan energi dan mendukung aktivitas anak sepanjang hari. Jadi jangan lupa berikan MILO Kotak ya untuk mendukung anak bergerak aktif setiap harinya ya, Bu. Di tengah pandemi begini, ibu bisa mendapatkan MILO Kotak dengan berbelanja online, langsung klik di sini~

4. Jangan terlalu memaksa, apalagi menyuruhnya berkegiatan tanpa dilihat sejauh mana kemampuan anak

Terlalu memaksa anak untuk berkegiatan justru tambah bikin mereka malas (Foto: iStock)

Bagi ibu pekerja, mungkin selama lima bulan lamanya selalu menghabiskan waktu bersama anak penuh tantangan. Ibu harus beradaptasi untuk menemani dan mengajarkan hal-hal baik. Salah satunya mengajak ia aktif bergerak yang tentu aja ada tantangannya. Anak ogah-ogahan diajak ke luar kamar, apalagi untuk olahraga. Alhasil ibu terlalu memaksa anak hingga mereka sebal dan tambah malas gerak alias mager.

Ibu bisa mengajaknya pelan-pelan melakukan aktivitas yang tidak terlalu berat dan disesuaikan dengan kemampuan anak. Cara mengajaknya bisa dimulai dari cerita santai tentang apa yang ingin dilakukan anak di rumah biar berkegiatan tetap seru, sesekali ibu juga bisa memberikan rekomendasi kegiatan. Mengajak anak buat aktif bergerak itu butuh proses, jadi jangan patah semangat, Bu!

5. Sesekali beri pujian hingga hadiah jika anak berhasil melawan rasa magernya. Pasti semangat deh untuk terus bergerak~

Berikan anak reward bisa jadi cara jitu mengajaknya untuk aktif bergerak (Foto: iStock)

Ada beberapa anak yang bisa didorong untuk melakukan sesuatu jika ibu memberikan perhatian lebih. Bisa saja anak malu untuk melakukan aktivitas harian di rumah karena kurang percaya diri. Maka hal yang ibu bisa lakukan adalah mengajaknya pelan-pelan, kemudian jika ia berhasil melawan rasa mager, berikan pujian. Kalimat pujian tersebut akan membuat anak berpikir bahwa hal yang dilakukan adalah hal yang baik. Sesekali ibu juga bisa memberikan reward atau hadiah. Misalnya anak punya hobi main bola, belikan bola impiannya agar bisa terus semangat berolahraga di rumah aja.

Itu dia cara yang bisa ibu lakukan agar anak tetap aktif bergerak selama di rumah aja. Yuk, ajak anak aktif bergerak!

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.