• 6 Mei 2017, 2nd April - 2nd May 2017
  • Soehanna Hall, Jakarta

Sebagai anak muda, kita pasti sering mellihat dan merasakan langsung permasalahan sosial di kota kita. Seperti lingkungan yang kotor, pengamen yang terus bertambah di jalan, pengangguran, atau bahlan pelecehan. Kamu pernah kepikiran untuk menyelesaikan masalah ini? Yuk, kita jalankan peran kita sebagai generasi penerus bangsa dengan mengimplementasikan ide- ide ini

3 tips agar anak muda bisa berkontribusi langsung untuk kota mereka:

1.Turun langsung ke lapangan dan melihat keadaan yang sebenarnya

Gada salahnya sekali- kali kamu langsung mendatangi tempat- tempat yang kamu kira merupakan sumber masalah tersebut. Kamu bisa mendatangi warga yang rumahnya sering kebanjiran atau tempat rehabilitasi anak muda yang bermasalah. Kamu bisa menanyakan langsung alasan hal ini bisa terjadi dan usaha apa saja yang sudah mereka lakukan. Dengan mengetahui secara langsung, kamu jadi bisa lebih jeli untuk mencari penyelesaian yang tepat.

2. Research ke lembaga pemerintahan atau website terpercaya

Advertisement

Setelah mengetahui keadaan kota kita, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan info dan data yang akurat. Apa saja program pemerintah yang sedang dijalankan dan mengapa program tersebut masih belum berhasil sampai sekarang. Apakah ada hal  yang bisa diperbaiki. Data- data dari website terpercaya juga bisa membantu kamu mendapatkan solusi dari orang lain yang mungkin cocok untuk diterapkan di kotamu. Kamu bisa mendapatkan inovasi untuk solusi masalah tersebut.

3. Bentuk kelompok dan buat projekmu

Setelah memiliki bekal yang cukup, ini saatnya kamu beraksi. Cari teman- teman yang punya concern yang sama dengan kamu dan disana kalian bisa diskusi bersama untuk mendapatkan penyelesaian terbaik untuk kotamu. Tentu saja kamu harus fokus pada satu permasalahan dan fokus pada satu penyelesaian yang paling realistis untuk dijalankan. Projek ini kemudian bisa kamu implementasikan dengan bantuin pemerintah atau komunitaas social di kotamu.

Atau kamu bisa menjalankan projek kamu dengan AIESEC Indonesia melalui YOUTHSPEAK COMPETITION. Kompetisi ini dibuat untuk menjadi platform agar anak muda yang memiliki ide bisa menuangkannya dalam bentuk projek 6 minggu. Ide kamu tidak terbatas, kamu bisa memilih untuk fokus pada permasalahan manapun asalkan cocok dengan salah satu point Sustainable Development Goals


1st winner team : Free Exchange to Thailand for 1 team and Project Implementation with AIESEC
Favorite winner : 1 week internship at Kibar Incubator

Penasaran? Pengen tahu lebih? Yuk Download our booklet and submit your idea: www.aiesec.or.id/yscompetition

Ask us any question: tiny.cc/youthspeakline

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya