Galau pilih jurusan biasanya menimpa calon mahasiswa yang akan segera menghadapi bangku perkuliahan. Pertimbangan passion, kemampuan, dan juga latar belakang universitas jadi komponen yang cukup penting dari pemilihan jurusan. Tapi siapa sangka kalau ada pilihan jurusan-jurusan yang lebih aneh di luar negeri. Mulai dari jurusan meme, sampai jurusan David Beckham ternyata ada lho!

Ilmu ternyata luas banget guys. Nggak cuma jurusan-jurusan yang mengajarkan ilmu mainstream aja yang bisa kamu pelajari. Tapi banyak banget komponennya. Zaman yang terus berkembang dan kebutuhan akan aktualisasi bisa jadi penyebabnya. Yuk simak uraian Hipwee News and Feature berikut biar kamu bisa memahami, ternyata ladang ilmu tuh luas banget dan nggak cuma itu-itu aja!

1. Jurusan The Simpson and Philosophy, belajar makna filosofis dibalik tayangan The Simpson. Wah buat penggemar The Simpson banget nih!

Mungkin prediksi tentang Trump ini juga mereka pelajari di jurusan The Simpson and Philosophy via www.businessinsider.com

University of California di Berkeley membuka sebuah jurusan buat orang-orang yang menggilai The Simpson. Mereka mempelajari makna-makna filosofi dibalik tayangan animasi ini. The Simpson memang terkenal penuh dengan makna filosofis. Prediksi-prediksi mengenai Presiden Amerika Donald Trump dalam berbagai adegan The Simpson menjadi sangat terkenal. Nggak heran kalau banyak juga yang belajar soal The Simpson dan filosofi dibaliknya.

2. David Beckham Studies, saking melegendanya bapak ganteng satu ini, sampai jadi jurusan tersendiri

Kalau dosennya David Beckham cewek-cewek pasti betah nih via www.inquisitr.com

Advertisement

Buat orang-orang yang cinta banget sama sepak bola, ada jurusan David Beckham lho di University of Staffordshire. Bahkan ada satu modul yang berjudul David Beckham yang khusus membahas sepak terjang pemain bola asal Inggris ini. Gimana, tertarik buat kuliah disini?

3. Beatles Popular Music and Society. Khusus belajar gimana musik dan The Beatles mempengaruhi budaya pop

Buat yang menggilai The Beatles, kuliah di sini pasti jadi impian via www.macleans.ca

Jurusan musik mungkin sudah biasa, tapi jurusan musik yang khusus belajar soal The Beatles ini bisa dibilang super unik. Band 60an legendaris ini ternyata berdampak pada pendidikan juga ya. Saking terkenalnya The Beatles dan gimana pengaruhnya ke budaya musik di masyarakat bisa dipelajari di Liverpool Hope university. Hymne jurusan yang bakal dinyanyiin untuk pengantar wisuda mungkin lagu Hey Jude kali ya.

4. Cannabis Cultivation, belajar tentang pengembangbiakan tanaman ganja. Waduh!

Semoga aja praktiknya nggak ngefly bareng via www.businessinsider.com

Di Oaksterdam University jurusannya ada yang nggak kalah aneh, bahkan bisa dibilang ini jurusan paling ‘asoy’. Ada jurusan yang khusus mempelajari tentang penanaman ganja dan bagaimana kegunaannya juga. Membayangkan gimana mata kuliah praktik mereka aja bikin merinding! 😀

5. Video Game Studies, satu-satunya jurusan yang ketika kamu main game di kelas nggak akan dimarahin

Surganya para gamer nih via inclasstech.weebly.com

Video game memang bisa jadi hal yang cukup serius belakangan ini. Bagaimana sebuah permainan bisa jadi sebuah bisnis dengan penghasilan besar seperti layaknya production house untuk film-film. Di University of Central Florida ada jurusan khusus yang mempelajari bagaimana teknik permainan dan bagaimana membangun grafis video game. Otomatis kalau jadi mahasiswa di sana kamu harus selalu’ main game dong!

6. Jurusan Komik, nggak cuma diajarin menggambar komik kaya DKV, tapi juga diajarin sejarah dan seluk beluk komik

Menarik nih buat yang suka baca komik via host.madison.com

Mungkin diantara kalian pernah jadi murid bandel yangke kelas bawa komik dan akhirnya ketahuan guru lalu komiknya disita?Kalau di  Minneapolis College of Art dan Design kamu justru harus baca komik. Bukan seperti anak-anak DKV yang diajarin cara menggambarnya aja, tapi di Universitas ini seluk beluk tentang komik dipelajari. Mulai dari sejarah, alur cerita, hingga karakter-karakternya.

7. Harry Potter Mithology di University of California, Los Angeles. Siap-siap bagi para Potterhead untuk living the dream

Dosennya totalitas nih pakai jubah Harry Potter via www.cpp.edu

Novel karya J.K Rowling ini ternyata nggak sekedar hiburan buat pecintanya. Di University of California, Los Angeles ada jurusan yang khusus belajar soal mitologi cerita Harry Potter. Memang sih, cerita ini hanya cerita fiktif dan karangan manusia, tapi ternyata ilmunya banyak dan bisa jadi salah satu pilihan jurusan. Yang bikin bingung, apakah lulusan dari jurusan ini bakal kerja di Hoghwarts?

8. Sexuality Studies, kalau yang ini ada di Indonesia pasti udah disensorin KPI nih

Coba pecahkan soal penjumlahan di atas guys! via www.canonandculture.com

Di Ohio State University ada jurusan yang khusus mempelajari tentang seks. Bagaimana sejarah, biologi, budaya, dan lain-lain yang berhubungan dengan seks. Mereka juga mempelajari mengenai LGBT dan bagaimana hukum-hukumnya. Setelah lulus dari sini, lulusan Sexuality bisa bekerja di bidang kesehatan, hukum, dan psikologi yang tentunya berhubungan dengan masalah seksual. Tertarik?

9. Yiwu Industrial & Commercial College di Cina buka jurusan Wanghong. Jurusan untuk bikin sensasi di media sosial

Lagi dapet tugas buat Live Video Instagram nih, nonton ya! via news.com.au

Ternyata maraknya sensasi di media sosial juga ada ilmunya lho. Di Yiwu Industrial & Commercial College diajarkan gimana caranya jadi ‘viral’ di media sosial. Mengingat, jadi viral di media sosial juga bisa menghasilkan uang seperti Awkarin dan Young Lex. 😀 Jurusan ini dibangun atas dasar peluang bisnis di media sosial yang makin beragam. Kalau kuliah disini kamu akan belajar gimana cara selfie yang benar sampai gimana caranyabiar kamu bisa terkenal karena sensasi.

10. Ini dia yang paling unik, satu-satunya universitas di dunia yang khusus belajar meme yaitu Meme Studies di Northwestern University

Biar bisa bikin konten meme yang ‘mencerdaskan’ kali ya via www.northwesternflipside.com

Meme bagi kita mungkin hanya sebuah hiburan semata. Namun berbeda dengan di Northwestern University, ada jurusan yang khusus mempelajari tentang meme. Bahkan banyak mahasiswa yang setelah belajar ilmu meme disini jadi lebih lucu dan jago ngelawak. Dilatarbelakangi oleh internet sentris yang saat ini melanda anak muda, jurusan khusus yang mempelajari sejarah hingga bagaimana meme bisa viral. Nama jurusan kuliahnya aja Internet Memeology. Wah siapa nih yang hobi share meme!

Ternyata jurusan kuliah itu nggak harus itu-itu aja. Nggak harus ilmu sains, matematika, teknik, maupun ilmu sosial. Ada jurusan-jurusan yang rasanya lebih bisa dibilang practical dan dinamis mengingat zaman yang sudah mulai menciptakan budaya baru. Coba di Indonesia ada jurusan-jurusan seperti di atas, apakah kamu mau mempelajarinya?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya