Banyaknya angka kecelakaan akibat kesalahan manusia atau human error makin tahun makin bertambah. Saking padatnya kendaraan yang berlalu-lalang di jalanan, justru makin berbahaya dan memicu banyak kesalahan. Nggak sedikit nyawa yang melayang dan kerugian akibat kecelakaan di jalan raya. Kendaraan yang dibuat dengan tujuan membawa kita lebih cepat bermobilisasi justru kadang menghambat pergerakan kita sendiri.

Teknologi adalah salah satu solusi dalam mengatasi kemacetan dan kecelakaan di jalanan yang padat kendaraan dan rawan. Banyak penemuan-penemuan baru di bidang teknologi yang bisa membantu mengurangi angka kecelakaan. Keren banget sih kalau beneran bisa berkendara tanpa harus mengkhawatirkan risiko kecelakaan. Tapi kira-kira gimana ya caranya?! Ada yang memang masih sekadar konsep, tapi ada teknologi futuristik anti-kecelakaan yang sudah mulai dipasarkan lho guys. Yuk lihat bareng Hipwee News & Feature biar kamu nggak ‘kudet’.

Honda telah mengeluarkan motor dengan teknologi super canggih, bisa berjalan tanpa disetir dan punya sensor anti tabrakan. Coba nih lihat demonya lewat video di bawah ini

Pabrikan kendaraan Jepang yaitu Honda merilis Honda Riding Assist. Sebuah motor dengan teknologi super canggih dengan desain yang masih bisa dibilang ‘wajar’ karena hampir sama dengan kebanyakan motor yang ada saat ini. Motor ini memiliki self-balancing yang membuat motor bisa berdiri tanpa standar. Jika digunakan dalam kecepatan tinggi atau dalam keadaan berhenti sekalipun, motor ini tetap bisa berdiri tegak.

Canggihnya lagi, motor bisa berjalan secara otomatis mengikuti gerak pengguna. Hampir sama dengan teknologi automatic car yang bisa berjalan otomatis, motor ini juga memiliki sensor untuk menghindari bertabrakan dengan objek di sekitarnya. Karena kecanggihan inilah Honda Riding Assist memenangkan tiga penghargaan sekaligus pada CES (Consumer Electronic Show) 2017 di Las Vegas. Yaitu sebagai The Best of CES 2017Best Innovation, dan  Best Technology. Kalau motor saja sudah secanggih ini, angka kematian akibat kecelakaan motor pasti bisa menurun drastis. Kita tunggu saja produk ini bisa direalisasikan di pasaran dan pastinya dengan harga yang ‘ramah’ dong!

Kalau buat mobil, Hyundai udah ngeluarin produknya yang nggak butuh sopir alias driverless

Teknologi seperti ini diharapkan bakal menghilangkan human error  via Motor1.com

Advertisement

Ioniq Autonomus, adalah mobil Hyundai yang nyaris sudah siap untuk dipasarkan ke konsumen. Mobil ini bisa berjalan secara otomatis dengan teknologi sensorik yang bisa mendeteksi objek yang berada di dekatnya. Setelah berjalan kurang lebih 1,5 km, mobil sudah bisa menyesuaikan untuk berjalan otomatis. Pengendara juga bisa langsung lepas setir. Dilengkapi juga dengan layar pemantau yang bisa dengan mudah diambil alih ketika kita ingin menghentikan berkendara otomatis. Produk ini sudah bisa dibilang masuk akal dan hampir siap dipasarkan ke konsumen lho.

Nggak cuma Hyundai, Mercedes Benz merancang sebuah mobil yang juga driverless plus desainnya yang super futuristik dan mewah

Selain menawarkan masa depan, juga menawarkan kenyamanan :3 via www.mercedes-benz.com

Sebagai pabrikan mobil mewah, Mercedes Benz juga sudah merancang teknologi driverless yang memungkinkan semua yang ada dalam mobil jadi penumpang alias nggak ada sopirnya. Ditambah lagi desainnya yang luar biasa mewah bikin semua jadi pada ngiler. Mercedes Benz F015 punya desain interior dan eksterior yang dipenuhi lampu LED. Bahkan kursinya pun bisa diputar hingga 360 derajat. Jadi ketika mobil dikendarai secara otomatis, maka penumpang di depan bisa membalikkan tempat duduk dan berhadapan dengan penumpang di belakang. Kira-kira bakal dijual dengan harga berapa ya?

Di bidang transportasi umum, ada Gyroscopic Transportation. Anti macet, dengan keseimbangan kendaraan luar biasa meskipun hanya bertumpu pada dua roda tipis

Future mass transport hovers above traffic

This traffic solution rises above the rest

Futurism 发布于 2017年8月18日

Nah kalau alat transportasi diatas merupakan rancangan Dahir Insaat. Bahkan kendaraan ini sudah mulai dipasarkan untuk mencari investor yang akan membiayai realisasi kecanggihannya. Kendaraan ini efektif untuk dijadikan transportasi umum dan tidak mengganggu mobil konvensional yang berada di jalan raya. Kalau bisa direalisasikan, kemacetan benar-benar berkurang nih.

Lebih canggih lagi ada kapsul hyperloop dengan kecepatan luar biasa dan teknologi anti bencana dan anti tabrakan

Kapsul yang bisa memuat banyak penumpang via mashable.com

Hyperloop merupakan kapsul canggih yang kabarnya bisa menempuh jarak 1.287 km/jam, hampir sama nih dengan kecepatan suara. Selain bisa memuat banyak penumpang, kapsul yang bekerja dengan motor elektromagnetik ini juga diklaim bebas bencana lho. Rencananya Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang akan diuji cobakan kapsul ini. Wah kemacetan di jakarta pasti bakal terurai nih dan transportasi bisa 10 langkah lebih maju.

Gimana, apakah kamu sudah siap menghadapi masa depan? Sebenarnya solusi dari para ilmuwan dan penemu sudah sangat banyak lho. Tinggal realisasinya aja nih biar segera bisa dijalankan sebagai alat transportasi baru yang atasi kemacetan dan ati tabrakan akibat human error. Kita tunggu bareng-bareng aja, semoga nggak cuma wacana ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya