Selepas meninggalkan Gedung Putih, diketahui Barack Obama dan keluarga kerap berlibur ke berbagai negara. Foto-foto Obama dengan kaos dan celana jeans jadi viral di media. Salah satunya Obama diketahui liburan di pulau pribadi milik jutawan, Sir Richard Branson. Sepertinya mantan Presiden Amerika itu menikmati betul hidup pasca nggak jadi Presiden lagi.

Nah ini ‘kan musim mudik, kabar-kabarnya Obama juga bakal mudik ke Indonesia bulan ini lho. Sebagaimana dilaporkan Metrotvnews, Kementerian Luar Negeri sudah mengonfirmasi kebenaran kabar ini. Menurut Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI, Mohammad Anshor, Jokowi sempat mengundang Obama ke Indonesia setelah masa jabatannya berakhir. Belum ada informasi yang pasti terkait apa saja yang akan dilakukan Obama selama di Indonesia. Tapi kalau kamu penasaran banget, Hipwee News & Feature sudah merangkum beberapa kemungkinannya. Sebagian benar, sebagian lagi…ya mungkin benar.

1. Sesuai jadwal, Obama akan menjadi pembicara dalam acara Konvensi Diaspora yang digelar di Kota Kasablanka

Sebenarnya agenda utama Obama adalah jadi pembicara via 6abc.com

Ketua Board of Trustees Indonesian Diaspora Network Global, Dino Pati Djalal, mengkonfirmasi bahwa, Obama akan menjadi pembicara dalam Konvensi Diaspora Indonesia yang digelar tanggal 1-4 Juli nanti. Obama akan menyampaikan pidato di tanggal 1 Juli. Kepada Tempo.co, Dino Pati Djalal menyatakan bahwa, pidato ini akan jadi pidato Obama di Asia yang pertama setelah tidak lagi menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

Indonesian Diaspora Network sendiri adalah sebuah wadah bagi warga negara Indonesia yang tinggal di luar negeri. Entah itu jadi TKI, sekolah, atapun seniman yang sudah menjadi warga negara lain. Jumlah warga negara Indonesia yang berada di luar negeri memang banyak banget, termasuk 10 besar yang terbanyak di dunia. Selain Obama yang akan memberikan keynote speech, juga akan ada tokoh-tokoh penting diaspora seperti aktris Hollywood Tania Gunadi dan penyanyi Anggun C. Casmi juga akan hadir.

2. Obama juga akan berlibur beberapa hari di indonesia. Katanya sih kemungkinan besar Bali yang bakal jadi tujuannya

Advertisement

Liburan asyik via www.washingtonexaminer.com

Di luar agenda Konvensi Diaspora, Obama juga akan berlibur di Indonesia selama beberapa hari. Wajar lah, karena setelah nggak jadi presiden, waktu Obama pasti lebih fleksibel. Sudah sampai Indonesia masa langsung pulang lagi? Belum diketahui apakah itu setelah Konvensi Diaspora ataukah sebelumnya. Belum jelas juga tempat-tempat mana yang akan dikunjungi. Mungkin Bali dan Yogyakarta yang terkenal di mancanegara. Atau mungkin juga Raja Ampat yang memang luar biasa. Bisa jadi malah Obama pengen puter-puter Menteng, lihat daerah tempat tinggalnya dulu. Yah, kita tunggu saja berita selanjutnya.

3. Ngobrol santai bersama Jokowi. Mungkin berbagi pengalaman soal kepemimpinan suatu negara

Seperti dinner kasual antara Obama dengan Perdana Menteri Kanada beberapa waktu lalu via www.businessinsider.com

Sesuai dengan undangan Jokowi, kemungkinan besar Obama akan bertemu dengan Jokowi. Mungkin keduanya akan makan malam bersama dan ngobrol santai. Sebagai mantan kepala negara yang berhasil memimpin Amerika selama dua periode, Obama tentu punya banyak kisah maupun tips dan trik yang bisa menginspirasi Jokowi.

Baru-baru ini Obama juga makan malam bersama Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau di Montreal, Kanada. Suasana yang kasual dalam makan malam itu, seolah Obama dan Trudeau adalah dua kawan lama yang bertemu selepas kerja dan saling curhat soal hari-hari di kantor. Dengan Jokowi nanti begitu juga nggak ya?

4. Pulang kampung dan bertemu dengan kerabat lama. Seperti yang kita tahu Ayah tiri Obama adalah orang Indonesia

Obama Anak Menteng via www.junglekey.in

Setelah bercerai dengan Ayah kandung Obama, ibu Obama menikah dengan pria Indonesia yang sedang menempuh S2 di University of Hawaii, Lolo Soetoro. Tahun 1967, Obama dan ibunya ikut pulang ke Indonesia dan tinggal di kawasan Menteng. Selama 4 tahun Obama menghabiskan masa kecilnya dan menempuh pendidikan di Indonesia. Bahkan kisah hidup Obama ini sampai difilmkan dengan judul “Obama Anak Menteng”.

Nah bisa dibilang Indonesia adalah “kampung halaman” kedua Obama. Jadi kunjungan ke Indonesia kali ini bisa jadi momen temu kangen dengan keluarga dari pihak Ayah tirinya.

5. Nyari nasi goreng dan kerupuk. Meski di Amerika ada fried rice, tapi tetap nggak ada yang mengalahkan cita rasa masakan Indonesia

Nasi goreng via www.youtube.com

Masih soal “Obama si anak Menteng”, dulu sempat heboh saat Obama mengakui makanan favoritnya adalah nasi goreng dengan kerupuk. Maklumlah, tinggal selama 4 tahun di Indonesia pasti membuatnya akrab dengan masakan Indonesia. Kedatangannya ke Indonesia kali ini bisa menjadi kesempatan Obama untuk merasakan nasi goreng khas Indonesia yang dirindukannya. Semoga Obama beneran bisa nyobain nasi goreng-nasi goreng terkenal ya, bukan cuma nasi goreng hotel aja…

Itu dia beberapa perkiraan kegiatan Obama selama di Indonesia. Kunjungan terakhir Obama ke Indonesia adalah tahun 2010 lalu sebagai seorang Presiden Amerika. Meskipun sekarang sudah bukan lagi orang nomor 1 di Amerika, kedatangan Obama jelas masih ditunggu-tunggu oleh warga Indonesia. Berapa lama Obama di Indonesia dan apa saja yang akan dilakukannya, sebagian besar masih berupa spekulasi. Tapi kita tunggu saja ya info selanjutnya.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya