Memelihara hewan bagi sebagian orang merupakan suatu hobi yang menyenangkan. Saat ini pun, sudah banyak macam hewan yang dipelihara manusia. Mulai dari yang biasa seperti anjing, kucing, sampai yang aneh-aneh seperti ular dan serangga. Memang sih ini juga tergantung selera dan passion masing-masing orang.

Mungkin ada yang pernah bertanya-tanya, gimana bisa sih manusia dan hewan berteman? Ada penelitian yang mengatakan pada awalnya manusia melatih serigala untuk membantu berburu, namun suatu ketika ada orang yang salah mengadopsi spesies. Bukannya serigala tapi anjing jinak, yang tidak bisa diajak berburu binatang buas namun sangat loyal terhadap majikan. Inilah awal mula manusia memelihara anjing.

Tapi terlepas dari itu semua ternyata punya hewan peliharaan itu memang banyak manfaatnya. Beruntunglah kalian yang suka banget sama binatang. Nih, Hipwee News and Feature sudah mengumpulkan manfaat besar memelihara binatang berdasarkan studi dan penelitian. Disimak yuk!

Punya hewan peliharaan membantu kamu meredakan stres, nggak hanya hasil study, tapi memang terbukti ini logis

Kompak banget nih! via www.insidedogsworld.com

Bayangkan kamu lelah bekerja dan pulang disambut hewan peliharaanmu yang setia. Rasa cintamu yang nggak mungkin bertepuk sebelah tangan sama hewan peliharaanmu bikin hari-harimu makin lengkap deh. Manusia zaman modern begini memang kebanyakan hidup sendirian dan cenderung individual. Punya peliharaan membantumu memperbaiki stres di kehidupan sosialmu. Apalagi kamu yang workaholic dan kurang waktu bermain. Punya peliharaan akan membuatmu gemas dan bahagia.

Bikin mentalmu makin sehat, jadi biar nggak selalu merasa sendiri

Advertisement

Babang Joe Jonas aja pelihara hewan tuh! via www.pinterest.com

Merasa sendiri dan kesepian memang beban mental banget. Oleh karenanya banyak sekali kaum lansia yang memilih hidup bersama hewan peliharaan. Ini akan sangat membantu mereka mengatasi rasa bosan dan sehat buat mental. Sekedar menemani anjing dan kucingmu berjalan-jalan di pagi hari saja sudah bisa “memaksa”mu untuk berolahraga dan sehat. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat dong!

Punya hewan peliharaan juga bisa membantu bayi jadi rentan terhadap penyakit. Bukan sebaliknya

Kecup mesra dari Mr. Kitty via fthmb.tqn.com

Kebanyakan orang tua yang menjauhkan anaknya dari binatang peliharaan seperti anjing dan kucing mungkin beranggapan bahwa anjing dan kucing bisa menyebarkan virus, minimal flu. Ternyata anggapan tersebut salah kaprah. Dilansir dari Time Magazine dan menurut Pediatrics Journal, bayi di masa perkembangan antara satu tahun akan lebih kebal dengan penyakit jika tumbuh bersama hewan peliharaan.

Karena, semakin steril si bayi maka semakin antibodynya manja dan lemah melawan penyakit. Selain itu, sering berkomunikasi dengan hewan peliharaan juga membantu otak kiri bayi berlatih berkomunikasi. Seringnya bayi yang tumbuh didampingi hewan peliharaan lebih cepat tanggap dalam menerima stimulus.

Memelihara hewan bikin orang panjang umur. Ah masa?

Bagi semangkanya dong nek! via boredpanda.com

The American Heart Association telah mengadakan studi terkait dengan pertanyaan,”Apakah memelihara hewan bisa membuat panjang umur?” Ternyata hasilnya ditemukan bahwa memelihara hewan dapat membantu menstabilkan tekanan darah, menstabilkan detak jantung, dan rendah kolestrol.

Sedangkan studi lain, meneliti orang dengan tekanan darah tinggi dan tingkat stres yang tinggi. Enam bulan kemudian, setelah mereka dianjurkan memelihara hewan, tekanan darah mereka berangsur normal. Memang sih memelihara hewan nggak secara langsung bisa menambah umur kita, Tapi setidaknya dengan punya peliharaan, maka mengurangi risiko penyakit-penyakit mematikan seperti jantung, darah tinggi yang berakibat stroke, dan kolestrol.

Gimana guys? Apakah kalian jadi berminat memelihara hewan? Dengan banyak keuntungan di atas, nggak ada salahnya kok pelihara hewan. Asal jangan peliharan brondong ya guys. Itu mah bikin kantongmu kering nanti. 😀

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya