Membawa bekal makan siang, tampaknya bukan merupakan budaya populer di Indonesia. Anak-anak sekolah maupun pegawai kantoran lebih memilih makan di kantin atau jajan di luar, dibandingkan harus repot-repot menyiapkan bekal. Kelompok yang membawa bekal sepertinya selalu merepresentasikan minoritas. Bukan cuma di Indonesia sih, itu memang gaya hidup modern yang umum ditemui di mana-mana. Kecuali Jepang.

Budaya mempersiapkan bekal makan siang atau ‘bento’ sangat populer di negeri Sakura ini. Bukan cuma populer di kalangan anak-anak sekolah saja, pegawai kantoran Jepang pun banyak yang masih setia membawa bento tiap harinya. Saking pentingnya bento dalam keseharian warganya, mempersiapkan bekal makan siang dalam wadah-wadah plastik ini sampai dianggap sebagai sebuah seni tersendiri. Bukan tupperware biasa yang diisi nasi dan lauk saja, tapi juga merupakan ungkapan kasih sayang pembuat bento. Bento Jepang harus penuh nutrisi dan ditata dengan cantik.

Jangan-jangan karena selalu makan bekal dari rumah dan tidak pernah jajan ya, orang-orang Jepang bisa sehat banget? Kalau penasaran yuk simak liputan Hipwee News & Feature ini.

1. Sebagaimana pada umumnya, pada awalnya bento di Jepang nggak dimodel lucu. Yang penting fungsinya bisa dimakan!

Rapi sih, cuma nggak dibentuk lucu ~ via pinterest.com

2. Model lucu-lucu gini baru muncul di era modern. Sosial media lah yang bikin bento lucu makin viral!

Semua gara-gara sosial media~ via a-little-something-kamilaa.blogspot.co.id

3. Biasanya sih bento dibentuk seperti karakter anime yang lucu. Nah model seperti ini disebut “charaben” (Character Bento)

Advertisement

Son Gohan! via dramafever.com

4. Kenapa harus dibikin selucu itu? Alasannya sih agar anak kecil senang menyantapnya. Karena lucu, sayur pun mereka lahap

Lucuk! via cotoacademy.com

5. Selain itu, bikin bento selucu ini juga bentuk cinta! Makin rumit dan makin lucu, makin besar bentuk cintanya ~

Rumit ya… via dramafever.com

6. Sayangnya kalau bento-nya biasa banget, anak-anak Jepang sampai mengira orangtuanya nggak sayang. Hal ini serius kejadian di sana

Kalau gini doang, bisa-bisa sang Ibu dibilang nggak sayang. Padahal bikin ginian aja udah repot loh via pinterest.com

7. Bento dibuat secakep ini punya filosofi juga. “Makan itu bukan cuma urusan lidah dan perut, mata juga harus dipuaskan!”

Ngeliatnya aja udah bikin bahagia ~ via cotoacademy.com

8. Sering banget bento yang dibawa anak-anak jadi bahan pamer kepada teman-temannya. Makin cakep dan lucu, makin bangga

Jelas aja dipamerin. Lucu sih~ via pinterest.com

9. Tau nggak, nyiapin bento selucu ini butuh waktu 20-45 menit loh. Bahkan ada yang udah nyiapin dari semalamnya ~

Persiapannya banyak, masaknya rumit, menatanya apalagi. via cotoacademy.com

10. Nah kalau dulu bento ini khusus buat anak-anak, sekarang bento juga jadi pilihan orang dewasa. Lucu sih ~

Ya jelas aja orang dewasa juga suka. Lha lucu sih~ via laughingsquid.com

11. Sampai-sampai ada loh kelas khusus belajar bikin bento. Ini bukti kalau bento lucu memang sudah jadi budaya

Ada kelasnya. Budaya Jepang emang yahud! via wfdd.org

Coba di Indonesia ada budaya kayak gini, anak-anak kecil pasti lebih memilih untuk bawa bekal daripada beli jajan di luar. Ah, besok bikin yang kayak gini ah buat bekal kerja, biar rekan kantor pada ngiri ngeliatnya ~~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya