Beberapa tahun belakangan ini, rendang tampaknya sudah benar-benar mendunia. Terpilih sebagai makanan terlezat di dunia dalam survei media internasional CNN sejak tahun 2011, makanan asli Padang ini selalu dicari oleh siapapun yang berkunjung ke Indonesia. Dalam survei terbarunya pada tahun 2017 ini, rendang kembali memuncaki daftar makanan terlezat dari 35.000 responden di seluruh dunia. Hebatnya, bukan hanya rendang saja masakan Indonesia yang masuk dalam peringkat tersebut. Nasi goreng menduduki peringkat dua, sementara sate ada di posisi 14.

Ini adalah bukti betapa lezatnya kuliner khas nusantara, bahkan jika dibandingkan dengan masakan dari negara-negara lain. Dominasi masakan Indonesia dalam polling internasional ini, jelas membuat kita bangga sebagai orang Indonesia. Namun hal itu juga membuat Hipwee penasaran, sebenarnya apa sih yang membedakan kuliner-kuliner Indonesia sampai orang-orang di seluruh dunia bisa terkesan? Padahal mereka datang dari berbagai latar belakang yang berbeda dan pastinya punya kesukaan masing-masing. Tapi semuanya jatuh cinta sama rendang dan nasi goreng. Buat yang juga penasaran, yuk simak bareng ulasan Hipwee News & Feature ini!

Teksturnya yang sangat lembut dengan bumbu yang meresap sampai tiap ‘helai’ daging, bikin orang asing kaget. Steak paling mahal di dunia pun, rasanya tidak ‘sedalam’ rendang

Rendang istimewa via www.youtube.com

Steak merupakan makanan berbahan dasar daging yang seringkali jadi andalan meatlover sebagai kuliner internasional. Tapi ternyata tekstur daging rendang tergolong lebih ramah di lidah. Proses pemasakan rendang yang tergolong lama dan sulit bisa jadi sebabnya. Memasak daging rendang bisa menghabiskan waktu hingga sehari penuh dengan keuletan dan kesabaran luar biasa untuk mengaduk sajian yang berbumbu santan tersebut. Daging rendang yang empuk, namun tidak hancur dan masih berciri khas serat daging sapi jadi kelebihan tersendiri.

Tiap negara di Asia, punya versi nasi gorengnya sendiri-sendiri. Tapi mungkin nasi goreng Indonesia ada di posisi teratas karena rasanya yang sangat kompleks

Nasi goreng Asia lain mayoritas rasanya asin, nasi goreng Indonesia dicampur dengan kecap manis via feed.merdeka.com

Advertisement

Kelezatan nasi goreng yang memang sering jadi favorit bule-bule sudah tidak diragukan lagi. Hampir semua orang Indonesia doyan terhadap salah satu kuliner ini. Bahkan nasi goreng ini adalah salah satu kuliner yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Ketidak familiaran orang asing terhadap nasi, bisa jadi memicu kepopuleran nasi goreng ini. Ditambah cita rasa pedas asin manis dan campuran topping yang menambah nasi goreng semakin lezat.

Secara keseluruhan, kuliner Indonesia paling kaya akan rempah-rempah. Bikin variasi rasa jadi super maksimal

Rempah-rempah surganya bumbu via kaltim.tribunnews.com

Indonesia merupakan negara yang termasuk penghasil rempah terbesar di dunia. Karena kekayaan rempah ini pula Indonesia pernah dijajah berbagai negara. Negara kita yang terdiri dari kepulauan subur ternyata mampu menghasilkan banyak tanaman rempah yang saat ini banyak dimanfaatkan sebagai bumbu makanan. Inilah yang membuat kuliner-kuliner Indonesia nggak pernah kalah saing dengan kuliner dari India dan Thailand. Bebeda dengan India dan Thailand yang meskipun menggunakan rempah tetapi memiliki cita rasa khas asam, rempah Indonesia cenderung memiliki cita rasa gurih.

Dinobatkannya rendang dan nasi goreng sebagai makanan terlezat, jadi keuntungan tersendiri di sektor kuliner Indonesia

Wisata kuliner malam hari via nurmayanti213.blogspot.co.id

Berkat rendang dan nasi goreng yang dinobatkan sebagai makanan terlezat, Indonesia boleh jadi bangga. Rendang dan nasi goreng bisa menjadi hidangan yang paling dicari wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Kemajuan di bidang kuliner ini bukan tidak menguntungkan lho, ini justru bisa meningkatkan UMKM di Indonesia untuk memanfaatkan kuliner dan menggunakan ciri khas rendang dan nasi goreng karena kedua makanan ini sudah menjadi selera orang di seluruh dunia. Popularitas rendang dan nasi goreng saat ini bisa disetarakan dengan ketenaran Tom Yam dari Thailand dan Sushi dari Jepang lho!

Nah, sebagai orang Indonesia kamu boleh bangga nih. Makanan kita saat ini dilirik orang seluruh Indonesia. Bahkan banyak bule-bule yang tergila-gila dengan rendang sampai bikin lagu lho! Luar biasa kan? Bangga kuliner nusantara ya…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya