Barang-barang yang ada di kehidupan sekitar kita diciptakan dengan suatu tujuan, salah satunya untuk memudahkan aktivitas kita setiap harinya. Biasanya orang akan mengenal suatu benda karena fungsi aslinya saja, misalnya pisau untuk memotong, jarum untuk menjahit, dan lain-lain. Padahal sebenarnya satu benda bisa dipakai buat keperluan lain, lho alias multifungsi. Cuma kadang kita aja yang nggak kepikiran.

Seperti 10 benda ini yang ternyata berguna banget pas lagi kepepet. Beberapa mungkin nggak akan pernah terlintas di kepala kita kalau benda tersebut bisa digunakan dengan cara itu. Kocak sih, tapi kok ya kepikiran aja gitu ya 🙂

1. Speaker instan buat ponsel pintarmu

Mungkin suaranya jadi berasa pakai speaker via www.boredpanda.com

Nah lifehacks satu ini mengisyaratkan kalau jangan cuma ponsel aja yang pintar, penggunanya juga harus pintar. Speaker instan satu ini bisa jadi satu contohnya. Kalau kamu punya karton bekas tissue gulung seperti di gambar, jangan buru-buru dibuang. Tinggal sulap aja jadi speaker sekaligus holder ponsel kamu. Lifehacks ini lebih pas buat ponsel yang speaker-nya ada di bagian bawah. Daripada beli speaker mahal-mahal kan? 🙂

2. Punya celana sobek-sobek ternyata nggak cuma bisa buat pamer doang, ini contohnya!

Siap-siap pegel aja sih kakinya via dagelan.co

Advertisement

Ini sih solusi untuk menjawab para manusia malas yang buat ambil atau naruh gelas di meja depannya aja mager ya. Tapi unik sih. Yang penting jangan mengeluh kalau kakinya jadi pegal-pegal karena nggak boleh bergerak biar minumnya nggak tumpah :p

3. Lilin di dalam gelas ini sering jadi permasalahan, lho waktu mau dinyalain. Ternyata solusinya begini..

Nggak cuma bisa dimasak doang ya via www.boredpanda.com

Kalau kamu berpikir spageti cuma bisa dimakan doang, kamu salah! Karena ternyata bisa jadi sumbu untuk menyalakan api. Biasanya orang akan panik duluan kalau pas mati lampu nggak bisa menemukan korek. Selama di rumahmu ada persediaan spageti, bakar saja pakai kompor, terus baru deh bisa untuk menyalakan lilin. Kreatif kan?!

4. Gokil sih kalau ini nggak nanggung-nanggung totalitasnya 😀

Ini antara terlalu imajinatif atau…? via dagelan.co

Kalau kamu benar-benar kehabisan ide untuk membakar daging dan kebetulan di rumah cuma ada troli, kamu bisa menerapkan cara di atas. Tapi selama ada cara lain yang kira-kira lebih ‘waras’ mungkin cara di atas bisa kamu lupakan hehe~

5. Wah baru tahu ternyata spoiler bisa jadi meja dadakan juga

Buat yang mobilnya belum ada spoiler, mungkin bisa dipasang 😀 via dagelan.co

Buat yang belum tahu fungsi spoiler di belakang mobil seperti di gambar, itu nggak cuma buat gaya-gayaan, lho Guys. Fungsi aslinya adalah untuk membantu mobil dalam aerodinamika atau menciptakan kestabilan pada mobil saat melaju di kecepatan tinggi. Biar mobil nggak melayang gitu intinya. Nah ternyata nggak cuma itu aja fungsi dari spoiler ini. Saat kamu lagi di perjalanan dan kebetulan ingin istirahat sejenak buat makan, spoiler bisa dijadikan meja seperti contoh di atas 😀

6. Cara cerdas buat para orang tua yang suka mengeluh kenapa anak-anaknya tumbuh terlalu cepat

Nah penting buat para orang tua via www.boredpanda.com

Bukannya nggak senang anaknya bertambah besar, cuma masalahnya barang-barangnya jadi banyak yang nganggur dan nggak berfungsi. Salah satu contohnya seperti dipan berbentuk boks buat tempat tidur bayi itu. Kalau anak sudah besar jelas nggak lagi bisa digunakan. Eits, tapi jangan khawatir karena fungsinya bisa diubah jadi meja belajar!

7. Jangan bersedih kalau di mobilmu nggak ada tempat khusus menaruh minuman. Cara ini bisa dicoba 😀

Wow nice idea! via dagelan.co

Kadang kita suka sebal ketika beli minuman terutama yang pakai gelas begini, dan baru ingat kalau di mobil kita nggak ada tempat khusus menaruh minuman, pas sudah di dalam mobil! Selagi kamu punya selotip, kamu nggak perlu khawatir, karena di saat genting seperti itu, selotipmu akan sangat berguna. Hati-hati tumpah tapi ya!

8. Atau pakai cara ini. Tapi jangan protes kalau minumanmu malah ikutan bau :))

Kalau sepatunya bau sih malah jadi masalah 😀 via www.boredpanda.com

Hal yang perlu jadi pertimbangan pertama kali sebelum menerapkan lifehacks satu ini adalah: pastikan sepatumu nggak bau Guys! Ya meskipun kemungkinan terkontaminasinya kecil, tapi kan kalau bau sepatumu nempel di minumanmu bisa berabe juga 😀

9. Raket multifungsi. Bisa jadi penyaring masa 🙁

Itu kira-kira melepuh nggak ya kalau kena minyak atau air panas? via dagelan.co

Ngakak sih ini. Tapi ada beberapa pertanyaan yang mungkin bisa jadi pertimbangan sebelum kau menerapkan lifehacks ini. Pertama, namanya raket kan biasa buat bulutangkis ya, kalau tiba-tiba dialihkan jadi penyaring, apa nggak takut makanan terkontaminasi bakteri? Ya meskipun sudah dicuci tapi tetap aja kan. Nah, kedua, senar raketnya apa nggak meleleh atau rusak gitu ya kalau kena air panas atau minyak?

10. Chips tortilla pengganti kayu bakar

Kalau kepepet sih oke-oke aja ya via www.boredpanda.com

Kalau kamu mengaku petualang sejati, kamu harus bersiap akan segala risiko yang mungkin terjadi ketika sedang ada di ‘medan perang’. Nah pas kamu butuh api tapi lagi nggak ada benda lain yang bisa dipakai kecuali chips tortilla-mu, lifehacks di atas bisa banget diterapkan!

Tuh Guys gimana? Kalau melihat ternyata benda-benda di atas bisa multifungsi, berarti benda lain seharusnya juga bisa dialihfungsikan ya. Mungkin ada barang-barang di rumahmu yang nggak kamu pedulikan karena sudah rusak, padahal bisa dipakai untuk hal lain. Coba cari tahu 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya