“Apakah yang paling misterius di dunia ini?”

“Kaum Hawa…”

Ya, kaum hawa adalah ciptaan Tuhan yang paling misterius se-jagat raya. Pertama, sulit sekali ditebak arah pikirannya. Apalagi perasaannya (nah ini yang kedua). Daya penasaran kaum adam semakin meningkat dengan karakter kaum hawa yang sedemikian rahasia. Tapi itu baru satu kaum hawa yang kamu hadapi. Nah kalau banyak? Bayangkan, jika kaum hawa sedang berkumpul di dalam satu paguyuban. Ada berapa kemisteriusan yang beredar di sekelilingnya? Entahlah, kami kaum adam kadang tak habis pikir oleh apa yang dilakukan calon ibu bagi anak-anak masa depan ini.

Inilah 14 kebiasaan yang kerap dilakukan dalam persahabatan cewek-cewek. Marilah bersama-sama mencermatinya demi pemahaman yang utuh akan kemisteriusan Ilahi..

1. Kenapa kalau cewek berdua biasa aja dan dianggap sahabat? Sedangkan kalau cowok??

Kenapa neng? Bingung yak kite jalan beduaan? via www.vemale.com

Yang paling utama adalah cewek-cewek bisa bebas pergi berduaan dengan sahabatnya. Peluang digosipinnya lebih kecil daripada cowok berbuat hal yang sama. Inilah masalah utama dan gak akan ketemu jawabannya meskipun dipikir sampai mlintir. Padahal, bisa juga kan kalau cewek pergi berduaan juga ternyata menjalin hubungan yang bukan sekedar sahabatan. Maksudnya gini, kenapa kalau cowok bisa dianggap gay kalo jalan berduaan? Sedangkan cewek enggak mendapat cap yang sama. Gak masalah sih sebenarnya kamu gay atau bukan. Tapi yang adil dong. Cewek seharusnya juga mendapatkan pandangan yang serupa. Sungguh tidak adil.

2. Selain itu, cewek-cewek juga kerap gandengan tangan kalau pas lagi jalan. Kenapa? Takut ilang?

Advertisement

Gandengan kayak truk aja. Truk Gandeng via www.smashmag.net

Nah, bahkan sampai gandeng-gandengan tangan. Kenapa ya cewek bisa sangat mudah untuk melakukan hal itu? Sedangkan cowok bakal merasa risih kalau gandengan sama sahabatnya. Mungkin ini semua adalah akibat dari cap yang ditanamkan pada cowok. Jalan berduaan aja dikira gay, apalagi gandengan? Tapi perkara yang sebenarnya adalah : Kenapa harus gandengan? Jalan biasa sendiri-sendiri sama aja, bukan? Toh dia masih tetap sahabatmu kalau tangan kalian enggak gandengan?

3. Belum lagi yang pada suka peluk-peluk’an. Kami tahu kalian saling sayang, tapi kenapa harus pelukan?

Peluk-peluk bikin hati deg-deg’an via www.igirlsgames.com

Apalagi peluk-peluk’an. Ini juga membuat kaum adam kehabisan pikiran jika melihat paguyuban kaum hawa berpelukan di tempat umum. Ungkapan kasih sayang yang satu ini bahkan lebih sah dari hubungan pacaran. Coba kamu peluk-peluk pacarmu di tempat nongkrong. Iyuh, bukan? Tapi kenapa cewek-cewek enggak iyuh ya? Seakan-akan perilaku yang demikian sudah sangat biasa dilakukan. Toh kalau enggak pelukan, kalian masih saling menyayangi dan peduli sebagai sahabat. Jawabannya mungkin mengarah pada ungkapan kebahagiaan atau rasa rindu yang tak tertahan. Ya kami tahu, tapi kenapa harus pelukan? Cipika-cipiki lebih masuk akal daripada pelukan.

4. Panggilan sayang antar cewek bisa sangat beragam dan terasa dekat. Perlu banget ya panggilan sayang buat sahabat?

Emang pacaran aja yang punya panggilan sayang via mindofjepe.tumblr.com

Kami tahu bahwa kaum adam juga memiliki panggilan sayang berupa umpatan. Tapi itu kan jauh beda dari panggilang sayang buat pacar. Nah bagi kaum hawa, bahkan panggilan sayang ke sahabatnya lebih dahsyat dari panggilan sayang ke pacaranya. Ini adalah bentuk ketidakadilan yang harus segera dipersidangkan dan perlu melalui revisi kesepakatan. Sebabnya mengapa? Begini, ketika kami kaum adam mengumpat untuk memanggil sahabat, kaum hawa justru memanggil sahabatnya dengan keromantisan yang sungguh setinggi langit. Apalagi namanya kalau bukan ketidakadilan? Sungguh, tak bisa dibiarkan…

5. Kalau ke toilet minta ditemenin. Takut Nemu Yang Beginian?

Ayo temenin, aku takut ketemu kuntilanak di wc via media2give.blogspot.co.id

Sudah begitu, kalau ke toilet pakai acara rame-rame seperti antrean salaman di kondangan. Takut ketemu setan? Yaelah… setan ada di mana-mana, mbak. Enggak cuma di toilet. Giliran pacarnya yang kebelet pengen ke toilet, malah enggak pernah ditemenin. Kami sebagai kaum adam kan malu kalau meminta sesama untuk menghantarkan ke toilet.

6. Beribu gaya dimiliki cewek-cewek kalau lagi selfie. Kenapa harus berkali-kali foto kalau nantinya diupload cuma sekali?

Kenapa harus banyaaak??? via farahditadarmady.tumblr.com

Tapi sungguh, kami mengakui kegigihan kaum hawa dalam mencari gaya selfie yang paling kini. Entah mengapa kaum hawa kalau selfie bisa selama kuliah 3 SKS. Padahal yang diupload cuma satu foto. Untunglah, saat ini sudah ada teknologi edit foto super cepat di gawai Anda masing-masing. Jadi foto yang super banyak tadi bisa diupload langsung sekali click. Tapi kenapa juga sebanyak itu? Foto yang begitu malah mengalihkan fokus. Itu upload foto atau album kenangan? Entahlah, gak habis pikir…

7. Satu aja anggota groupmu yang bertingkah aneh (obrolan bisa panjang). Misalnya : Sahabatmu tiba-tiba cerewet di sosmed. Nah, langsung deh tuh gosip internal bakal terjadi. Kenapa enggak langsung diomongin ke orangnya?

Gosip ni yeee via disanagimana.tumblr.com

Dalam satu paguyuban biasanya terdiri dari sekian kaum hawa yang tingkat kemisteriusannya macam-macam. Tapi kalau ada salah satu dari kalian yan bertindak aneh, maka yang terjadi kemudian adalah penyelenggaraan gosip internal. Misalnya saja, salah satu dari sahabat kalian sedang galau tingkat tinggi dan sering update di timeline, langsung tuh yang lain sibuk menganalisis yang berakhir pada konferensi tingkat tinggi. Kenapa enggak langsung diobrolin ke sahabatmu? Kalau memang sudah jengkel dengan tingkahnya, ya sampaikan saja. Bukannya persahabatan adalah hubungan yang tiada jarak? Entahlah, enggak habis pikir…

8. Kalau pas bertengkar cewek lebih lama, cowok sehari beres. Kenapa harus lama-lama? Katanya sahabat?

Ciyaaaaats via jenniewolf.se

Nah gosip internal yang semacam itu kan bisa membawamu pada pertengkaran. Ingat, kaum hawa adalah makhluk ciptaan Tuhan dengan anugerah perasaan yang super sensitif. Kesalahan pada sahabat terdekat justru akan membawa petaka tak berkesudahan. Tapi kenapa juga kalau bertengkar bisa lebih dari satu semester? Udah kayak ngerjain skripsi aja. Ya, mungkin karena beberapa perkara memang sangat menyakitkan dan kamu juga berusaha peduli dengan sahabatmu dengan memberi dia waktu untuk introspeksi diri. Meski begitu, cukuplah 3 bulan, supaya yang 3 bulan lagi bisa dipakai untuk bimbingan dengan dosen, atau menulis proposal penelitian.

9. Cewek saingan dalam segala hal, bahkan dengan sahabatnya. Cowok gak peduli. Misal : cowok akan bahagia kalau bajunya sama dengan kawannya. Sebaliknya, cewek bakal cemberut.. “Kok sama sih????”

Hey mbak! Santai lho… via kelascinta.com

Denger-denger, kaum hawa memiliki persaingan tingkat tinggi dalam artian sangat kompetitif. Itu bagus, sungguh sebuah mental pantang menyerah untuk menjadi yang terbaik. Tapi kalau dengan teman atau sahabat, seharusnya enggak perlu lah ya. Apalagi untuk soal-soal sederhana seperti baju, kaos, dan gaya rambut terbaru. Memang sih, sifat macam ini tidak diperlihatkan secara mencolok. Tapi kami paham (semenjak sering menemani berbelanja), bahwa baju yang sama dengan temanmu adalah kondisi yang tidak perlu terjadi.

10. Cewek-cewek bakal cemberut kalau sahabatnya lagi pergi sama orang lain. Yaelah.. kenapa harus gitu sih? Santai aja kali neng…

Gak kelihatan juga siiih. via www.huffingtonpost.com

Selain posesif sama pacar, biasanya kamu hawa juga cemburu kalau sahabatnya malah memilih teman yang lain untuk nongkrong di malem minggu. Iya kami tahu bahwa kamu sedang membutuhkan cerita dan hanya dia seorang yang tahu dan memahami kamu. Tapi kenapa harus sampai cemburu? Iya, kami juga tahu bahwa kamu menyayanginya sepenuh hati. Tapi kenapa harus sampai marah? Iya, kami tahu bahwa dia bertindak semena-mena. Ah sudahlah, kami juga enggak akan paham.

12. Musuh satu musuh semua. Yang punya masalah aja enggak benci-benci amat. Kenapa yang lain malah marah besar?

Aku membencimu!!!

Dan yang satu ini sungguh kerap terjadi. Kaum hawa biasa membenci pacar sahabatnya yang dianggap tidak sanggup membahagiakan orang terdekatnya. Kalau yang satu ini kami agak paham. Tapi kenapa juga harus ikut membenci? Bukan itu tidak perlu ya? Iya, kami paham juga bahwa menyakiti sahabatmu berarti menyakiti dirimu juga. Tapi kenapa harus ikut membenci? Toh yang punya perkara bukan kamu. Lagipula, kewajiban kita sebagai manusia kan berbuat baik pada sesama.

13. Kalau ikut nongkrong bareng temen-temennya cewekmu, dijamin kamu bakal planga-plongo? Kenapa susah banget ya masuk ke obrolan mereka? Itulah…

Nah lho mas. Ada yang perhatikan dirimu, kah? Nope! via www.usmagazine.com

Berdasar hasil jajak pendapat kamu adam, maka didapati bahwa paguyuban kaum hawa adalah kondisi di mana kaum adam sulit ikut dalam perbincangan. Hal ini dikarenakan ketangguhan kaum hawa yang dapat melompat dari topik A tiba-tiba ke topik Z dalam satu kedipan mata. Maka jangan heran kalau Anda tidaklah sanggup melawan derasnya arus perbincangan ketika sedang menemani pacar berkumpul dengan teman-temannya. Pertanyaannya : kenapa bisa melompat segitu jauhnya, ya? Canggih…

14. Gossip berjam-jam. Cowok juga sering ngegosip. Tapi entah kenapa cewek-cewek bisa lama betul dan semua bisa dijadikan bahan gosip. Why???

Apa-apa’an??? Cinderella aja diobrolin! Wooy!! via imgfave.com

Dan inilah yang paling handal dilakukan oleh kaum hawa. Segala hal bisa diperbincangkan dari Cinderella sampai Ariel Noah. Keseruan apa sih yang sebenarnya ada di benak Anda wahai kaum hawa? Ini juga mungkin yang menjadi alasan sulitnya kaum adam mengikuti segala gosip yang dibicarakan dalam paguyuban kaum hawa. Jangan dikira kami kaum adam tidak pernah menggelar acara gosipan. Kami cukup sering membicarakan teman A yang gagal soal percintaan di kala Si B gonta-ganti pacar. Tapi sungguh, tidak dalam waktu yang sangat lama dan daya jangkau gosip yang seluas angkasa.

Ya, kami paham bahwa ini semua salah kami yang tidak pernah memahami kaum hawa. Di hadapan Anda sekalian, kami selalu salah dalam keadaan pasrah dan dituntut untuk menyerah. Tapi terimakasih untuk segala kondisi yang pernah Anda (red : kaum hawa) hadirkan untuk kami. Itu semua membuat kami paham bahwa dunia adalah warna-warni ciptaan Tuhan yang penuh misteri. Ada hal yang perlu jawaban dan ada pengalaman yang tidak membutuhkan pertanyaan. Peace! hehehe..