Mata memang merupakan anugerah terindah yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Dengan mata, kita dapat melihat keindahan yang telah Tuhan ciptakan. Pantai yang cantik, danau yang tenang, bunga-bunga yang bermekaran, dan pemandangan gunung nan menawan. Namun sehebat-hebatnya mata yang kita miliki, kita masih bisa tertipu oleh gambar-gambar yang memainkan otak kamu. Misal, sebuah monumen yang kita pikir hanya sejauh sepelemparan batu, ternyata membutuhkan waktu dan tenaga ekstra untuk mencapainya. Rel kereta yang berjejeran lurus, tampak menyatu di satu titik di ujung sana.

Kali ini Hipwee akan memberikan beberapa contoh karya seni yang dengan sengaja memang dibuat untuk menipu mata kita. Kalau kamu gagal melihatnya, wah segera periksakan mata kamu, deh hehehehe.

Are you watching closely?

1. Orang-orang ini bergelantungan pada balkon sebuah bangunan? Atau kamu yang melihat dari atas bangunan?

Gelantungan? via pastemagazine.com

Dari gambar diatas terlihat beberapa orang sedang bergelantungan pada balkon sebuah bangunan. Namun ternyata, itu hanyalah ornamen dan pengunjung yang lagi di atas jalanan datar. Lalu ilusi bangunan tercipta karena ada cermin di sana.

Advertisement

Satu lagi via pastemagazine.com

Nah lo?! Coba jelasin…

2. Lantai ini benar-benar datar, percaya deh…

Lantai yang bergoyang? via www.buzzfeed.com

Kebayang nggak sih kalo ada lantai yang beneran seperti ini? Kasian yang ngepelnya…

3. Perhatikan dengan seksama foto dibawah ini, benarkah ada sebuah danau?

Danau? via www.buzzfeed.com

Untuk menemukan jawabannya, coba miringkan kepalamu atau layar komputermu ke kiri.

 4. Mobil klasik balik lagi ke jalanan?

Mobil-mobilan via buzfeed.com

5. Siapa bilang SmackDown itu cuma pura-pura?

Sh*t just got real!

6. Ruangan yang bikin kamu takut salah langkah.

Awas jatuh via emorfes.com

7. Keluarga seleb ini dipotret oleh paparazzi pada saat yang gak tepat sama sekali.

Foto konyol via www.moillusions.com

*FACE PALM*

8. Fokus pada tanda (+) di tengah gambar berikut ini.

Gamabr artis via buzzfeed.com

Tetap tatap tanda (+) ditengah gambar, dan perhatikan apa yang terjadi pada wajah-wajah artis tersebut?

9. Ini tas beneran atau hanya potongan dari komik?

Tas kartun? via www.mixandchic.com

Tas ini diproduksi oleh sebuah perusahaan Taiwan yang bernama Jump From Paper. Mereka memproduksi tas yang seakan-akan terlihat seperti benda kartun.

10. Udah nggak jaman cowok make tas serba hitam! Sekarang jamannya kayak gini:

Keren tasnya via lookbook.nu

Tas kayak gini bakal menjamin ketampanannmu bertambah 200 persen dah!

11. Bahkan clutch juga ada yang kartun, lho!

Cantik

12. Ini kereta sebenarnya bergerak ke arah mana, sih?

Pusing cuy! via buzzfeed.com

13. Coba tunjuk wajah cewek yang mana, wajah cowok yang mana…

Mbaknya yang kanan atau kiri? via imgur.com

Rahasianya: kedua foto diambil dari wajah orang yang sama. Yang bikin mereka terlihat berbeda jenis kelamin adalah tingkat kekontrasan yang diatur sedemikian rupa.

14. Awas, nabrak…!!!

Awaaasss… via imgur.com

Fyuuuhh…

15. Sebagai penutup, ini adalah video ilusi optik yang terakhir

Oke, cukup sekian dulu. Apa matamu tertipu? Otakmu jadi bingung? Kalau iya, bagus! Karena sudah seharusnya kamu bingung. Jika yang terjadi adalah sebaliknya maka kamu harus segera periksa mata hahaha (seriously!).

Mana gambar otik yang jadi favoritmu? Kasih tahu Hipwee lewat kolom komentar ya…